3 Tips Memilih Kado Yang Pas Untuk Kelahiran Bayi

Mendengar kabar kerabat, sahabat, atau kolega melahirkan, apa yang terlintas dalam benak Ayah dan Bunda? Senang pastinya ya?! Selain ucapan selamat, pasti Ayah Bunda juga ingin memberikan cenderamata sebagai kenang-kenangan dan ungkapan rasa turut berbahagia. Nah, bagaimana memilih kado yang pas untuk kelahiran bayi? Simak tips berikut!

1. Sesuaikan dengan kebutuhan penerima kado

Sebelum memberikan kado kepada sahabat Ayah Bunda yang baru saja melahirkan bayinya, ada baiknya Ayah Bunda tanyakan terlebih dulu kepadanya, barang apa yang paling dibutuhkan. Ini untuk menghindari terjadinya penumpukan barang di rumah sahabat Ayah Bunda. Alih-alih senang, sahabat tersebut malah bisa jadi akan merasa kecewa. “Yah, barang ini lagi… Udah ada 3 barang yang sama.”

Hal tersebut lazim terjadi. Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita, bahkan dunia, untuk saling memberikan kado sebagai ungkapan rasa turut berbahagia. Dalam Islam, Rasulullah saw pun memberikan keteladanan untuk ini. Beliau adalah orang yang sangat senang berbagi hadiah kepada para sahabatnya.

Hadiah Terindah untuk Bayi

Bayi Adalah Anugrah Terindah (parents.com)

Nah, momen kelahiran bayi adalah salah satu dari sekian momen membahagiakan yang mengalirkan banyak kado. Karena banyaknya kolega yang ingin memberikan kado, sedangkan ragam barang kebutuhan bayi hanya berkisar di sedikit item, sehingga sangat mungkin terjadi beberapa orang memberikan kado yang sama. Bisa jadi sama jenisnya, atau bahkan benar-benar sama barangnya, dari warna, merk, hingga modelnya. Bukannya tidak ingin mensyukuri rizqi yang didapat, namun rasanya pasti akan lebih membahagiakan jika kado yang diterima dapat benar-benar dimanfaatkan untuk si bayi.

Maka, menyesuaikan kado yang akan Ayah Bunda berikan dengan kebutuhan sahabat atau kerabat Ayah Bunda adalah langkah yang baik untuk diambil. Ini tentu saja akan menambah kebahagiaan dan kesyukuran sang penerima kado. Jangan salah, bahkan ada juga kan orang yang sebetulnya lebih membutuhkan uang dibandingkan barang?! Nah, bertanya terlebih dahulu juga akan membantu sahabat kita mengungkapkan kebutuhannya. Tidak perlu merasa malu.

Lalu bagaimana jika orang yang akan kita berikan kado bukan orang dekat, dan kita sungkan bertanya barang apa yang dibutuhkan? Memberikan uang bisa menjadi pilihan yang tepat sebenarnya, karena pasti lebih berguna. Namun, jika Ayah Bunda sungkan memberikan kado berbentuk uang, maka alternatif lain adalah memberikan barang yang dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lama dan kemungkinan kesamaan kado dengan orang lain tipis. Hal ini akan dibahas pada tips ketiga.

BACA JUGA  Inilah 3 Cara Cepat Turunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

2. Sesuaikan dengan kondisi kantong

Selain menyesuaikan kado yang akan diberikan dengan kebutuhan si penerima kado, penting juga untuk menyesuaikan harga barang dengan isi kantong Ayah Bunda. Kenapa hal ini penting? Untuk menghindari besar pasak daripada tiang.

Contoh kasus, merujuk pada poin 1, hal tersebut mungkin saja terjadi jika ternyata barang yang diinginkan oleh sahabat kita adalah barang-barang dengan harga di luar budget Ayah Bunda. Misal, budget kado bayi Ayah Bunda hanya Rp 300.000, ternyata sahabat atau kerabat Ayah Bunda menginginkan barang dengan budget Rp 700.000. Pastinya Ayah Bunda nggak mau kan, nambah utang?

Beli Kado Bayi Harus Sesuai Kantong

Sesuaikan Dengan Kantong (runhaven.com)

Nah, jika terjadi seperti itu, maka alternatif yang bisa Ayah Bunda lakukan adalah mengajak teman atau kerabat yang lain untuk patungan. Ini umum dilakukan terutama untuk ibu-ibu yang biasa ngumpul seperti majelis taklim atau PKK. Hasilnya, luar biasa, si penerima kado senang mendapatkan barang sesuai keinginan dan mendapatkan perhatian dari banyak orang, kelompok pemberi kado pun senang bisa ikut berbahagia dan mencurahkan perhatian. Yang lebih penting adalah, silaturrahim dan tali kasih antar sahabat dan kerabat terjalin semakin erat.

Bagaimana jika tidak ada yang bisa diajak patungan? Coba sampaikan terus terang kepada si calon penerima kado dan memintanya menyebutkan barang lain yang juga ia butuhkan sebagai kado untuk bayinya, dan sesuai dengan kantong Ayah Bunda. Pun demikian juga jika Ayah Bunda berinisiatif memilih barang sendiri, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget yang ada.  Jangan karena gengsi lantas malah mempersulit diri sendiri.

3. Berikan barang yang dapat terpakai dalam waktu cukup lama

Last but not the least, jika Ayah Bunda ingin memberikan kado kelahiran bayi untuk sahabat atau kerabat, pastikan barang yang diberikan memiliki waktu pakai yang cukup lama. Ini selain agar manfaat barang tidak lekas habis, juga agar ada kenangan manis terhadap Ayah Bunda.

Berikut beberapa alternatif barang yang dapat terpakai dalam waktu cukup lama, dan pastinya cocok sebagai kado kelahiran bayi:

A. Perlengkapan menyusui

Kado Yang Pas: Perlengkapan menyusui

Perlengkapan Menyusui (adikbayi.com)

Seperti layaknya orang berperang, perlengkapan menyusui adalah amunisi penting untuk ibu yang baru melahirkan. Memberikannya sebagai kado kelahiran bayi adalah keputusan yang tepat. Selain perhatian yang didapat oleh si penerima kado, ia juga akan merasa mendapatkan dukungan dari Ayah Bunda untuk menyusui bayinya dengan sebaik mungkin. Dukungan dari banyak pihak menjadi sangat penting bagi ibu menyusui, karena kebahagiaan si ibu sangat berpengaruh pada kualitas ASI yang diberikan untuk bayi. Nah, Ayah Bunda dapat memilih perlengkapan menyusui seperti pompa ASI, cooler bag, botol atau plastik ASI, feeder cup, apron, bantal untuk menyusui, atau bahkan ASI booster atau perawatan payudara untuk ibu menyusui.

BACA JUGA  6 Cara Menyembuhkan Jerawat Ini Akan Membuat Kulit Wajahmu Mulus Kembali

B. Gendongan bayi

Kado Yang Pas: Gendongan Bayi

Gendongan Bayi (pubinfo.id)

Setiap ibu baru melahirkan, pasti membutuhkan gendongan untuk menimang bayinya, karenanya memberikan gendongan bayi dapat menjadi pilihan tepat untuk kado kelahiran. Memberikan gendongan bayi juga dapat berarti dukungan agar si ibu dapat menggendong bayinya kemanapun dengan senyaman mungkin. Ini juga menjadi dukungan agar terjalin bonding atau ikatan kasih antara ibu dengan bayi lewat gendongan. Saat ini ada banyak ragam gendongan bayi yang dapat Ayah Bunda pilih. Pastikan untuk memilih jenis gendongan yang sekiranya belum dimiliki oleh si penerima kado, juga pilih gendongan yang bisa ia manfaatkan sampai si bayi berusia balita. Salah satu contohnya adalah carrier bayi.

C. Tas perlengkapan bayi

Kado yang pas: tas bayi

Tas Perlengkapan Bayi (elevenia.co.id)

Selain gendongan bayi, tas perlengkapan bayi juga akan sangat bermanfaat dan berguna dalam waktu lama. Ia akan sangat membantu saat ibu ingin membawa bayinya bepergian dan membawa barang-barang kebutuhannya.  Memang, biasanya tas perlengkapan bayi sudah disiapkan oleh ibu sebelum melahirkan. Namun tidak ada salahnya Ayah Bunda memberikan tas perlengkapan bayi sebagai alternatif untuknya jika tas yang ia miliki sedang dicuci misalnya. Pastikan ukurannya agak besar ya sehingga muat untuk membawa banyak perlengkapan bayi. Pertimbangkan juga kualitas barang agar awet dan dapat dipakai turun temurun

D. Pakaian bayi

Kado Yang Pas: Pakaian Bayi

Pakaian Bayi (katalogibu.com)

Meski beberapa orang menganggap bayi cepat besar sehingga memberikannya kado berupa pakaian tidak tahan lama, Ayah Bunda tetap bisa memberikan kado berupa pakaian bayi kok. Hanya, Ayah Bunda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, pertimbangkan ukuran dan jenis pakaian yang akan diberikan. Sebaiknya tidak memberikan pakaian seukuran baby born karena selain pastinya keluarga sudah menyiapkan, pakaian baby born juga paling lama dipakai sampai bayi berusia 3 bulan. Maka, jika Ayah Bunda ingin memberikan kado berupa pakaian, sebaiknya pakaian untuk bayi saat berusia di atas 6 bulan, selain karena kecil kemungkinan keluarga sudah menyiapkan juga kemungkinan masa pakainya lebih lama dibanding jenis pakaian baby born. Kedua, pertimbangkan corak dan model pakaian. Sebaiknya memberikan model dan corak pakaian yang unik dan tidak ‘pasaran’ agar kenangan manis terhadap Ayah Bunda akan selalu ada, juga si penerima kado merasa diistimewakan.

BACA JUGA  Perut Bawah Kamu Buncit? Inilah 5 Cara Mengecilkannya

E. Kereta dan kursi bayi

Hadiah Yang Pas: Kereta Bayi

Kereta Bayi dan Kursi (hdpixa.com)

Kereta dan kursi bayi akan sangat membantu ibu dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari bersama si bayi. Kereta bayi memudahkan ibu saat membawa bayi jalan-jalan. Kursi bayi yang dilengkapi musik dan mainan dapat membuat bayi nyaman, sehingga ibu bisa beristirahat sejenak dari aktivitas gendong menggendong dan memberi kesempatan ibu untuk bisa melakukan aktivitas rumah tangga yang lain. Di samping itu, penggunaan kereta dan kursi bayi juga dapat mengurangi ketergantungan bayi pada gendongan. Kereta dan kursi bayi juga dapat dipakai dalam waktu lama dan turun temurun lho, Ayah Bunda, memilihnya sebagai kado bayi  adalah pilihan cerdas.

F. Mainan bayi

Kado Yang Pas: Mainan Bayi

Mainan Bayi (nenadesign.net)

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, bayi membutuhkan stimulus agar tugas perkembangannya dapat ia lalui dengan baik. Mainan bayi dapat menjadi salah satu stimulus itu. Ayah Bunda dapat memilih memberikan mainan bayi sebagai salah satu alternatif kado untuk bayi. Namun, sebelum memilih mainan yang akan diberikan, pastikan Ayah Bunda memperhatikan kegunaan, keamanan dan kualitasnya ya. Jangan sampai mainan yang diberikan malah membahayakan, tidak bisa digunakan dan tidak tahan lama.

G. Buku referensi pengasuhan bayi

Kado yang Pas: Buku Pengasuhan Bayi

Buku Pengasuhan Bayi (alodita.com)

Referensi dalam merawat dan mengasuh bayi pasti sangat dibutuhkan, terutama bagi ibu baru yang baru pertama kali melahirkan. Karenanya, memberikan mereka kado berupa buku tersebut bisa menjadi pilihan tepat Ayah Bunda. Selain kemanfaatannya jangka panjang dan turun temurun, ada juga pahala yang akan mengalir untuk Ayah Bunda atas ilmu yang sudah diaplikasikan. Namun, sebelum berikan kado buku, lihat-lihat dulu si calon penerima kado ya. Jangan sampai Ayah Bunda memberikan buku ke orang yang tidak suka membaca. Alih-alih bermanfaat, bisa-bisa malah bukunya habis dimakan rayap.

Nah, demikianlah Ayah Bunda, tiga tips yang bisa kita terapkan saat hendak memberikan kado untuk kelahiran bayi. Yuk, kita budayakan memberi kado kepada sahabat dan kerabat kita di momen-momen bahagia mereka. Selamat mencoba!

Komen di sini ya...