Adakah Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil Muda? Ini Jawabannya

Kehamilan adalah saat yang dinanti oleh setiap wanita. Maka adalah suatu kewajiban untuk menjaga titipan Tuhan ini dengan sebaik-baiknya. Sayangnya, banyak wanita hamil muda yang lalai dan mengalami keguguran.

Hal demikian dapat terjadi akibat ketidak tahuan ibu mengenai makanan atau minuman yang berbahaya bagi kehamilan. Untuk itu, baiknya kamu mencari tahu beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Berikut ulasan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil muda.

1. Buah-Buahan

Makanan Para Wanita Hamil Muda

Perhatikan Makanan Saat Hamil (motherandbaby.co.uk)

Durian

Durian memiliki kandungan alkohol dan asam arachidonat. Kandungan ini dapat berakibat buruk bagi kehamilan, bahkan dapat mengakibatkan keguguran. Asam archidonat dapat melemahkan janin, sedangkan alkohol dari durian dapat menyebabkan berat badan janin rendah. Bagi kamu yang menggemari buah yang disebut ‘raja dari segala buah’ ini, baiknya berhenti mengonsumsinya untuk sementara.

Delima

Delima diketahui mampu menstimulus terjadinya kontraksi pada rahim. Hal yang berbahaya bagi janin yang masih berusia muda. Tapi, jangan cemas. Selama kamu tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan, delima masih sangat aman bagi kandunganmu.

Pepaya Muda

Buah pepaya muda memiliki kandungan enzim protease bromealin, selain itu kandungan lateks yang dimilikinya juga bisa melemahkan ari-ari. Hal yang menjadi alasan mengapa wanita hamil muda dilarang untuk mengonsumsinya. Sebaliknya, pepaya yang matang sempurna sangat baik bagi ibu yang mengandung. Jadi, jangan ngerujak dengan pepaya muda dulu, ya.

BACA JUGA  7 Cara Ini Terbukti Efektif Untuk Mengatasi Stress

Nanas

Enzim protease bromealin yang terkandung dalam buah nanas memiliki efek yang buruk bagi kehamilan. Secara susunan kimia enzim ini serupa dengan yang dikandung oleh pepaya muda. Meskipun jika mengonsumsinya dalam jumlah sedikit, nanas tidak akan membahayakan janin.

2. Makanan Setengah Matang

Saat kamu sedang hamil, hentikan mengonsumsi makanan yang mentah atau setengah matang. Sushi yang terbuat dari ikan mentah, maupun steak daging yang rare atau medium rare, keduanya adalah contoh makanan yang wajib kamu hindari. Janin sangat rentan dengan bakteri, hal yang kemungkinannya sangat tinggi ditemui pada makanan mentah.

Salah satu pelengkap makanan seperti mayonaise pun harus kamu hindari. Alasannya adalah, karena mayonaise dibuat dengan bahan telur mentah. Hal yang berbahaya bagi wanita hamil muda yang janinnya masih rentan terinfeksi bakteri ataupun virus.

Bukan cuma itu, memakan secara langsung telur setengah matang juga tidak bisa kamu lakukan selama masa kehamilan. Pastikan kamu hanya mengonsumsi makanan yang benar-benar matang, ya. Sehingga janin kamu sehat dan lahir dengan bobot tubuh yang ideal.

3. Makanan Laut

Ikan Laut dapat Berbahaya Bagi Wanita Hamil

Hindari Ikan Laut (santeinfos.net)

Hindari memakan kerang, daging ikan Pedang, daging ikan Hiu, daging ikan Marlin dan sejenisnya. Kenapa? Karena makanan tersebut rentan kandungan merkuri. Akan lebih baik jika kamu menghindari untuk mengonsumsinya selama masa kehamilan.

BACA JUGA  Tahukah Kamu, Bahwa Terdapat Film Serial Full House Versi Amerika?

4. Minuman Beralkohol atau Berkafein

Minuman beralkohol sangat berbahaya bagi janin. Berat tubuh janin akan rendah dan hal ini juga dapat memancing kelahiran prematur. Hal yang pastinya tidak kamu harapkan. Risiko yang dihadapi oleh bayi prematur adalah bayi belum bisa bertahan pasca kelahiran.

Meskipun tidak berbahaya jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, minuman berkafein lebih baik dihindari selama masa awal kehamilan. Perlu kamu ketahui, minuman berkafein bukan hanya kopi, tapi teh dan berbagai makanan memiliki kandungan kafein. Pastikan asupannya tidak berlebihan dan minumlah air mineral dalam porsi yang lebih dari 2 liter dalam sehari. Sehingga tubuh dapat secara aktif mengeluarkan kafein di dalam tubuh melalui urin.

5. Minuman Bersoda

Wanita Hamil Muda Jangan Minum Alkohol

Jangan Meminum Alkohol dan Minuman Bersoda (anandabazar.com)

Minuman bersoda mengandung banyak karbondioksida. Kandungan ini dapat mempengaruhi kadar oksigen dalam darah. Efeknya, janin bisa kekurangan asupan darah yang kaya oksigen. Ingat, lho, segala asupan dan kondisi janin sangat tergantung pada kondisi ibunya. Sebaiknya hindarkan mengonsumsi minuman bersoda, sekalipun dalam jumlah sedikit.

Jika dari daftar di atas terdapat makanan atau minuman kesukaanmu maka, hentikan dulu mengonsumsinya. Setidaknya selama kehamilan hingga masa menyusui kelak kamu lalui. Namun untuk minuman beralkohol, kapanpun sebaiknya kamu hindari. Selamat atas kehamilannya, ya.

Komen di sini ya...