Apa sih Ciri Anak Indigo Itu?

Pernahkah Bunda mendengar istilah indigo? Apa yang ada dalam benak Bunda saat mendengar istilah tersebut? Beberapa orang mungkin akan langsung merasa bergidik dan agak ngeri dengan istilah anak indigo. Karena beberapa alasan memang anak-anak indigo memiliki kemampuan dan kepekaan terhadap beberapa hal, khususnya hal yang berkaitan dengan supranatural.

Salah Kaprah Anak Indigo

Apakah Indigo Terkait Supranatural? (pmap.co)

Anak indigo sebenarnya sama saja dengan anak-anak pada umumnya. Yang berbeda hanyalah kemampuannya yang secara umum berada di atas rata-rata. Baik dari kemampuan bersosialisasi, kematangan berpikir yang dikatakan lebih cepat dibandingkan anak seusianya sampai kepada kepekaannya terhadap orang di sekitarnya.

Tapi apakah memang anak indigo itu adalah istilah psikologis yang tepat? Ada yang unik dari sejarah pertama kali dicetuskan istilah indigo. Istilah yang pertama kali disampaikan pada tahun 1970-an ini oleh beberapa ahli di bidang psikologi justru dianggap tidak berdasar.

Terlebih pencetus pertamanya memang seorang cenayang bernama Nancy Ann Tappe, yang mengaku melihat warna aura dari anak-anak dengan kemampuan khusus ini. Sedangkan jurnal Nova Religio pada tahun 2009 menyebutkan, bahwa ketika orang tua melabeli anak mereka dengan sebutan indigo, sebenarnya merupakan bentuk ‘penjelasan alternatif’ dari ADD (Attention Deficit Disorder) dan ADHD (Attention Deficit Hiperaktif Disorder) anak mereka.

Terlepas dari berbagai spekulasi benar tidaknya istilah indigo, ada beberapa ciri yang mungkin bisa jadi acuan bagi Bunda untuk mengetahui apakah anak Bunda indigo atau bukan.

BACA JUGA  Mudik Sebagai Sarana Pendidikan Balita dan Anak-Anak

Ciri-ciri Karakter Anak Indigo

1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Anak indigo sering bertanya dan sangat suka bereksplorasi. Jangan heran jika dia tampak seakan anak hiperaktif. Aktifnya dia bergerak dan bertindak lebih karena rasa ingin tahunya yang sangat besar.

Anak Dengan Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi Belum Tentu Indigo

Rasa Ingin Tahu Kadang Membahayakan (doktoramcam.com)

2. Kemauannya kuat.

Tidak akan berhenti sampai berhasil. Anak-anak indigo bukan anak yang mudah menyerah. Ketika mereka memutuskan sesuatu mereka akan berupaya mencapainya. Sehingga tampak seakan ngotot dengan keinginannya sendiri.

3. Cenderung lebih mandiri dibandingkan anak-anak seusianya.

Tidak tergantung dan ingin melakukan berbagai hal sendiri. Mereka lebih independen dibandingkan anak-anak yang seusianya.

4. Memahami dirinya sendiri.

Tahu apa yang dia inginkan. Anak indigo bisa mengidentifikasi apa yang dia inginkan dan apa yang tidak dia sukai.

5. Mampu membuat keputusan sendiri.

Berkaitan dengan pemahaman atas dirinya, anak indigo juga memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan pemikirannya sendiri.

6. Memiliki kecenderungan religius bahkan pada usia dini.

Sifat religius sudah tampak pada anak indigo bahkan pada usia yang terbilang sangat muda. Hal tersebut diduga menjadi dasar mengapa mereka sangat peka dengan sekitarnya, bahkan peka terhadap hal-hal yang berbau supranatural.

Anak Religius Belum Tentu Indigo

Cenderung Religius Sejak Dini (wonderopolis.org)

7. Umumnya mempunyai IQ yang superior (di atas rata-rata cerdas).

Tentu karakter ini selaras dengan kemandirian dan kematangan pikirannya. Kemampuannya menyebabkan dia memiliki IQ yang tinggi.

BACA JUGA  Mendidik Anak Dalam Islam: Fase 7 Tahun Pertama

8. Mengandalkan intuisinya.

Anak indigo lebih percaya pada intuisinya dibandingkan asumsi yang dibentuk dari orang lain. Karena kemandiriannya, maka dia jadi lebih mengutamakan pendapat pribadinya dibandingkan masukan dari orang disekitarnya.

9. Kurang patuh pada aturan yang kaku.

Rasional dan cenderung bebas. Anak indigo yang berpikiran terbuka tidak suka dikungkung oleh aturan baku yang terlampau mengikat. Terlebih jika aturan tersebut dianggap tidak relevan atau kurang bisa dia pahami alasannya.

Anak Kurang Patuh Pada Aturan yang Kaku

Anak Terlihat Tidak Patuh (educateur-rouen.fr)

Selain beberapa ciri karakter anak indigo yang dilihat dari sikap dalam kesehariannya, ada pula beberapa ciri anak indigo berdasarkan fisik mereka. Meski pun lagi-lagi ciri-ciri ini juga kondisi fisik yang umum ditemui pada beberapa anak.

Ciri-ciri Fisik Anak Indigo

  1. Bentuk telinga yang lebar dengan cuping telinga yang cenderung menekuk ke bagian dalam.
  2. Tatapan mata tampak tajam.
  3. Lingkar kepala yang besar yang didukung dengan bentuk kepala dan dahi yang lebar.

Beberapa ciri di atas mungkin diantaranya ada pada karakter anak-anak Bunda. Karena pada kenyataannya ciri yang disebutkan sangat umum dan kurang spesifik. Jadi Bunda jangan terpengaruh film-film horor ya, hingga serta merta menganggap anak Bunda sebagai indigo, apalagi kalau menganggap indigo sebagai sesuatu yang negatif.

Komen di sini ya...