5 Cara Alami Ini Dijamin Mampu Menghilangkan Komedo Membandel

Wajah yang mulus adalah idaman setiap orang. Bukan cuma wanita, pria pun menginginkan kulit muka yang bebas komedo. Tapi, aktivitas di luar ruangan membuat kotoran dan debu yang hinggap di kulit wajah tidak dapat dihindari.

Kotoran bercampur minyak di wajah akibatnya adalah kulit terlihat kusam. Belum lagi sumbatan minyak akibat partikel kecil kotoran menyebabkan terbentuknya komedo. Nah, berikut ini ada beberapa cara alami untuk menghilangkan komedo yang bisa kamu coba.

  1. Uap Air Panas

Cara ini adalah yang paling mudah kamu lakukan. Siapkan air panas pada wadah yang bersih. Lalu hadapkan wajah kamu pada bagian atas wadah berisi air, sehingga wajahmu terpapar uap panasnya.

Lakukan beberapa kali selama kurang lebih 10-15 menit. Jangan lupa, sediakan handuk kecil untuk menyeka keringat yang timbul di wajah. Kemudian cuci wajah kamu dengan sabun pembersih muka. Gunakan air biasa, ya.

Selanjutnya bilas kembali wajah dengan air dingin. Tujuannya supaya pori-pori wajah kamu yang tadinya terbuka, akan tertutup kembali. Komedo akan tersapu bersih saat kamu mencuci wajahmu. Lakukan metode ini setiap kali membersihkan muka.

Air jeruk lemon untuk menghilangkan komedo

Jeruk Lemon Bisa Membantu Menghilangkan Komedo (cdn.running.competitor.com)

  1. Lemon

Lemon diketahui mampu menghilangkan warna gelap pada kulit, serta mengurangi kerutan pada wajah. Ternyata, selain kedua hal tersebut, lemon pun bisa membersihkan pori-pori kulit dari komedo. Caranya cukup sederhana.

BACA JUGA  Inilah 5 Tips Perawatan Wajah Berjerawat yang Harus Kamu Coba

Basuh dulu wajah dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Saat pori-pori wajahmu masih terbuka, oleskan potongan lemon ke area muka yang berkomedo. Akan terasa sedikit perih. Biarkan selama 10 menit.

Bilas wajah kamu denga  sabun pembersih wajah. Gunakan air biasa, yang diakhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin. Komedo kamu dijamin hilang. Lakukan cara ini secara rutin setidaknya 2 kali dalam sepekan. Hentikan jika terjadi iritasi pada kulit.

 

  1. Masker Putih Telur

Menggunakan putih telur sebagai masker adalah salah satu cara alami yang cukup ampuh menghilangkan komedo. Langkah pertama dalah siapkan satu butir telur ayam. Pecahkan dan pisahkan putih telurnya dalam wadah bersih.

Basuh wajahmu dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Lalu sapukan putih telur ke seluruh bagian wajah menggunakan kuas muka. Diamkan sekitar 5-10 menit.

Putih Telur

Masker Putih Telur Bisa Menghilangkan Komedo (www.drscottlittle.com)

Bersihkan wajah dengan air hangat. Kemudian, bilaslah dengan sabun pencuci muka. Pastikan wajah bersih dari sisa masker telur. Lakukan hal ini secara rutin maksimal 2 kali dalam sepekan.

 

  1. Masker Pepaya

Buah pepaya yang ranum bukan hanya enak untuk dikonsumsi. Tapi, kandungan vitamin E dan C-nya bisa membantu meremajakan kulit, membuatnya terlihat lebih cerah, dan bersih dari komedo. Lengkap, kan?

Nah, pertama kamu perlu menyiapkan 2 iris buah pepaya (secukupnya saja). Lumatkan hingga halus. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kopi. Jangan gunakan kopi instan campuran, ya. Harus bubuk kopi biasa. Campurkan hingga rata.

BACA JUGA  Inilah 3 Cara Cepat Turunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

Oleskan masker pepaya yang telah dicampu kopi ke seluruh bagian wajah. Diamkan hingga terasa agak kering dan wajah terasa kaku.

Bersihkan wajah menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Lalu, bilaslah wajah menggunakan sabun pembersih muka. Dijamin, muka kamu terlihat lebih cerah dan komedo berkurang. Gunakan masker ini secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu, sehingga wajahmu tetap terlihat kinclong.

 

  1. Masker Gandum

Selain baik untuk dikonsumsi, gandum yang kaya akan kandungan vitamin B1 juga sangat baik untuk membersihkan muka. Masker gandum bisa membuat wajah terlihat bebas kusam dan komedo. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan gandum kualitas baik (bisa kamu dapatkan di supermarket).

Kemudian lumatkan dengan air hangat sehingga terbentuk seperti adonan. Jangan terlalu cair dan jangan terlampau padat. Oleskan masker gandum ke seluruh bagian wajah. Pijat perlahan dengan gerakan memutar pada bagian wajah yang berkomedo.

teoung untuk membuat masker gandung

Tepung Gandum Bisa Digunakan untuk Masker Pembersih Komedo (images.wisegeek.com)

Diamkan selama 5-10 menit. Kemudian, bilas wajah dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, cuci wajah dengan sabun pencuci wajah sampai bersih. Kulit muka akan terasa bersih, segar, dan halus.

Sebenarnya selain menghilangkan komedo dengan berbagai cara alami di atas, ada hal lain yang perlu kamu lakukan. Istirahat yang cukup, mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin E dan C, serta banyak minum air bermineral akan membantu wajah menjadi bersih. Tubuh yang memeroleh asupan gizi dan cairan yang cukup akan membantu proses peremajaan sel kulit wajah, sehingga bebas komedo.

BACA JUGA  Sering Terlambat Datang Bulan? Ini 5 Cara Mengatasinya

Komen di sini ya...