Inilah 3 Cara Cepat Turunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

Setiap orang pasti mendamba berat badan ideal. Ini karena kodratinya, setiap orang ingin terlihat ‘indah’ oleh orang lain. Bagi kamu yang sudah memiliki tubuh ideal, jaga baik-baik ya! Nah, bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, jangan sedih dan putus asa! Inilah 3 cara cepat turunkan berat badan tanpa efek samping!

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara cepat untuk menurunkan berat badan tanpa efek samping, kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai kelebihan berat badan alias kegemukan. Kegemukan berasal dari kata dasar ‘gemuk’ yang diartikan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengan ‘besar karena banyak daging’. Jadi kegemukan dapat diartikan sebagai suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan atau meningkatkan masalah kesehatan.

Seseorang dianggap menderita kegemukan bila indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter, lebih dari 30 kg/m2. Jadi, apakah kamu termasuk gemuk? Bila iya, berhati-hatilah.

Kegemukan dapat meningkatkan peluang terjadinya berbagai macam penyakit, yang paling banyak terjadi adalah penyakit jantung dan diabetes. Kegemukan adalah kombinasi antara asupan energi makanan yang berlebihan dan kurangnya aktivitas fisik. Kegemukan juga dapat disebabkan karena kerentanan genetik, meskipun kasus ini sangat jarang ditemui.

Lalu, bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan cepat dan tanpa efek samping? Cara menurunkan berat badan seringkali disebut dengan diet. Banyak orang salah kaprah dengan mengartikan diet adalah usaha untuk mengurangi makanan yang masuk ke dalam tubuh, dengan harapan cepat mendapatkan berat badan yang ideal. Diet sebenarnya adalah upaya untuk mengatur pola makan agar tubuh mendapatkan asupan makanan yang sehat.

BACA JUGA  5 Tips Cara Merawat Kulit Ini Akan Membuat Tubuhmu Tampak Segar

Berikut adalah 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dengan cara cepat dan tanpa efek samping :

1. Memperbanyak aktivitas fisik

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Aktivitas Fisik

Aktivitas Fisik untuk Menurunkan Berat Badan (fitnessrunning.net)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kegemukan terjadi karena asupan energi berlebihan dari makanan tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Olahraga adalah aktivitas fisik yang terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak perlu berpikir mengeluarkan biaya mahal dengan berolahraga di tempat-tempat bonafit, karena olahraga untuk membakar lemak tubuh ini dapat dilakukan dengan murah meriah bahkan gratis.

Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk mempercepat penurunan berat badan adalah lari, jalan cepat, dan berenang. Selain cepat membakar kalori, ketiga jenis olahraga tersebut juga diyakini dapat menyehatkan jantung. Sedangkan untuk membentuk tubuh, kamu dapat mencoba melakukan push up ataupun sit up. Lakukan olahraga tersebut secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Mengatur makanan yang dikonsumsi

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Menolak Cemilan

Tolak Cemilan dan Makanan Tak Sehat (aljamila.com)

Upayakan untuk tetap makan tiga kali sehari, dengan memperhatikan atau mengatur makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak sebaiknya tetap ada pada setiap menu makanan yang akan disantap, namun dengan porsi yang disesuaikan atau dikurangi dari sebelumnya. Pangkas habis cemilan dan makanan yang tidak sehat jika itu yang sering dikonsumsi sehari-hari, dan beralih ke cemilan sehat seperti buah dan kacang-kacangan.

BACA JUGA  6 Cara Menyembuhkan Jerawat Ini Akan Membuat Kulit Wajahmu Mulus Kembali

Perbanyak konsumsi air putih akan sangat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga juga akan mempercepat penurunan berat badan. Terakhir, tambahkan serat, ini akan membuat perut kamu kenyang lebih lama sehingga menahan diri untuk tidak ‘nambah’ makan dengan cemilan yang tidak sehat. Serat juga akan membuat pencernaan kamu lebih sehat dan lancar.

3. Konsultasikan dengan ahlinya

Cara Turunkan Berat Badan dengan Konsultasi

Konsultasi untuk Menurunkan Berat Badan (tabi-labo.com)

Untuk lebih mengoptimalkan hasil, cobalah berkonsultasi dengan ahli gizi. Bukan untuk gaya, tapi dengan konsultasi ini, kamu akan mendapatkan arahan yang lebih jelas tentang proses penurunan berat badanmu. Ahli gizi juga dapat memberikan solusi jika di tengah perjalanan kamu menemui permasalahan.

Demikianlah, 3 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badanmu dengan cara cepat dan tanpa efek samping. Sebenarnya tidak perlu prosedur yang rumit untuk menurunkan berat badan, berbagai cara mudah murah meriah dapat dilakukan, asal didahului dengan niat yang kuat demi kesehatan tubuh kita. Nah, selamat mencoba!

Komen di sini ya...