7 Cara Ini Terbukti Efektif Untuk Mengatasi Stress

Macet, biaya hidup meningkat, atau sekedar putus sama pacar. Semua hal tadi bisa sukses bikin kamu stres. Entah berujung pada jerawat yang memenuhi wajah, atau mendadak jadi susah tidur. Padahal Bang Rhoma sudah bilang kalau jangan begadang karena tiada artinya. Tetap saja, jika beban pikiran menggunung, tentu mata sulit terpejam. Implikasi stress memang beragam tergantung dari tingkat toleransi terhadap masalah dari masing-masing orang. Padahal ada cara jitu yang bisa membantu kamu mengatasi stress. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Banyak Cara Mengatasi Stres

Cara Mengatasi Stress (bzi.ro)

1. Melakukan Hobi

Apalagi yang paling menyenangkan selain melakukan hobi kamu di waktu senggang. Meski sesaat, pastikan pikiranmu rileks sejenak. Dijamin, stres yang sedang menghadang bisa kamu lalui dengan lebih baik.

Kadang saking sibuknya, seseorang tidak tahu apa hobinya. Padahal, gampang saja. Hobi adalah hal yang kamu sukai dan ingin selalu dilakukan. Beberapa orang cukup beruntung dengan memiliki pekerjaan yang juga adalah hobinya. Meski juga menghadapi stres, biasanya tidak terlalu berdampak terhadap kehidupannya.

2. Jalan-Jalan

Jalan-jalan Untuk Mengatasi Stress (id.wikipedia.org)

Nikmati Pemandangan Asri (id.wikipedia.org)

Rileks sejenak melihat pemandangan yang asri dan keluar dari sumpeknya perkotaan. Ya, jalan-jalan ke lokasi wisata yang tenang dan nyaman bisa kamu lakukan di akhir pekan. Ingat, kamu bukanlah robot yang tidak perlu bersantai, lho.

Berwisata bahkan dikategorikan kebutuhan kehidupan layak. Jadi, ayo luangkan waktu berwisata. Walau hanya ke taman kota, ya.

BACA JUGA  10 Tips Ini Akan Membuat Wanita Hamil Tetap Terlihat Seksi

Sebaiknya jangan menjadikan wisata ke pusat perbelanjaan sebagai cara mengatasi stres, ya. Alasannya adalah, umumnya mereka yang berwisata dengan cuci mata malah berujung dengan stres akibat keinginan yang tidak terpenuhi, atau belanja berlebihan. Jangan sampai niat menghilangkan stres berakhir bencana.

3. Wisata Kuliner

Makan adalah kebutuhan hidup. Nah, meski tidak melulu harus makan nikmat di restoran, tapi tidak ada salahnya sesekali menikmati kuliner yang kamu inginkan. Sudah banyak rekomendasi wisata kuliner yang menarik, baik dari segi tempat yang nyaman dan makanan yang menggugah selera. Tinggal kamu pilih, mana yang paling sesuai kantong.

4. Nonton Film

Bisa di bioskop atau nonton di rumah, keduanya akan jadi pilihan menyenangkan buat kamu pecinta film. Meski perlu kamu perhatikan genre film yang akan kamu saksikan. Jangan sampai nonton film yang malah membuatmu depresi. Alih-alih stres menghilang, malah kamu terbayang-bayang masalah dari film.

Pilih Film yang Tidak Menambah Stress

Lupakan Stress dengan Menonton Film (tek.no)

Tema film terbaik yang bisa kamu tonton adalah yang mengandung nilai motivasi. Bisa diselipkan kisah percintaan, komedi, ataupun aksi. Cara mengatasi stres ini terbilang favorit bagi mereka yang hanya punya waktu singkat dan bujet terbatas.

5. Baca Buku

Membaca buku bisa jadi cara yang ampuh untuk menghilangkan stres. Tentu ini tidak berlaku untuk semua orang. Ada yang merasa membaca malah menambah beban dan membuat pusing kepala.

BACA JUGA  Adakah Cara Menjadi Kurus Dengan Cepat? Ini Jawabannya

Pilihlah buku yang ringan dan mudah dicerna. Jangan malah memilih membaca buku yang berat dan berkaitan dengan bidang kerjamu. Nanti malah pusing, lho.

6. Curhat

Berbagi beban pikiran dapat menjadi pilihan cara untuk mengurangi stres. Ingat, berbagi cerita, lho. Bukan sekedar berkeluh kesah.

Menceritakan masalah yang tengah kamu hadapi kepada sahabat memang dapat membantu mengurangi stres. Walau belum tentu mampu memberikan solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi, namun setidaknya dapat memberi motivasi Tapi, pastikan bahwa kamu bercurahkan hati dengan orang yang tepat. Jangan ke teman yang terkenal ‘ember’ atau tipe provokator.

7. Melakukan Kegiatan Sosial

Manusia itu makhluk sosial yang punya rasa terhadap sesamanya. Percaya atau tidak, meringankan beban orang lain menimbulkan efek perasaan lega, lho. Secara medis bahkan hal ini mampu menstimulasi diproduksinya endorfin yang merupakan hormon yang mampu menimbulkan perasaan rileks dan bahagia.

Di sisi lain, melihat beratnya kondisi orang lain akan membantu kamu lebih mensyukuri nikmat hidupmu. Sebagai contoh, bagi mereka yang stres akibat kerjaan menumpuk, bos galak, atau gaji yang pas-pasan, setidaknya kamu bukan pengangguran. Dan selalu ada peluang untuk kamu yang mau terus bekerja cerdas dan tekun.

Kegiatan Sosial Untuk Mengatasi Stress

Membantu Mereka yang Kekurangan (republika.co.id)

Kamu bisa memilih melakukan salah satu atau semuanya. Dijamin stress kamu bisa teratasi. Jika stres berlanjut, mungkin kamu memang butuh bantuan tenaga ahli. Selamat mencoba.

BACA JUGA  Sedang Patah Semangat? 3 Film Ini Dijamin Dapat Membangkitkan Kembali Motivasimu

Komen di sini ya...