Percayalah, 5 Cara Ini Akan Membuat Anak Suka Belajar

Masa emas perkembangan otak manusia adalah saat usia anak-anak. Itulah mengapa anak-anak lebih cepat menyerap informasi atau pengetahuan baru. Karenanya, ini menjadi keuntungan tersendiri dalam proses dan cara belajar anak. Namun, seringkali yang terjadi justru kebalikannya. Alih-alih senang belajar, banyak anak justru menolak keras saat disuruh belajar di rumah. Kamu mengalaminya juga? Nah, 5 cara ini akan membuat anak suka belajar di rumah.

1. Bangun Komunikasi Positif dengan Anak

Membangun kebiasaan baik dan membuat anak terbiasa melakukannya memang bukan hal yang mudah. Kita orangtua, membutuhkan usaha sedikit keras agar anak mau kooperatif. Membuat anak disiplin belajar di rumah adalah salah satunya.

Mulailah dengan membangun komunikasi yang positif dengan anak. Tidak hanya tentang belajar, tapi tentang apapun. Jadilah sahabat untuk mereka. Menjadi pendengar yang baik untuk setiap cerita mereka. Bangun suasana yang nyaman saat ngobrol dengan mereka. Dan, jangan jadi orangtua diktator yang hanya bisa marah dan memerintah.

Dengan membangun pondasi komunikasi yang positif ini, maka kamu akan lebih mudah mengarahkannya untuk belajar di rumah. Tentunya juga dengan menggunakan bahasa-bahasa positif yang mudah diterima oleh anak.

metode belajar anak

Metode Belajar Harus Disesuaikan dengan Karakter Anak (ilslearningcorner.com)

2. Sepakati Bersama Waktu Belajar Anak

Kita, orang dewasa, pasti senang jika pendapat kita didengar dan dihargai. Begitu juga dengan anak-anak. Karenanya, ajak mereka diskusi, kira-kira kapan waktu yang mereka sukai untuk belajar di rumah.

BACA JUGA  7 Ciri Pria Sejati yang Dicari Kaum Hawa, Adakah Pada Dirimu?

Menyepakati waktu belajar bersama anak juga akan membuat mereka merasa lebih ‘memiliki’ waktu tersebut. Dengan demikian, mereka akan lebih menyadari kewajiban belajarnya pada waktu yang telah disepakati. Pada akhirnya, dengan sukarela mereka akan melaksanakan kegiatan belajar di rumah pada waktu tersebut, tanpa terpaksa.

3. Buat Suasana Belajar yang Menyenangkan

Bayangkan jika kamu diajar oleh guru killer di sekolah dulu. Jangankan tertawa, berbisik saja dilarang. Pasti tidak nyaman kan, suasana belajar yang seperti itu?! Karenanya, jangan praktikkan hal tersebut pada anak-anak. Mereka juga pasti tidak akan menyukainya.

Agar proses belajar anak berjalan efektif, buatlah suasana yang menyenangkan saat belajar. Jika mereka senang belajar sambil mendengarkan musik, putarlah lagu-lagu kesukaan mereka. Sediakan minuman dan cemilan kesukaan mereka pula.

Bebaskan mereka belajar dengan banyak posisi, tidak harus duduk tegang di meja belajar. Tak masalah jika mereka ingin belajar di ruang keluarga sambil selonjoran. Untuk itu sediakan alas dan bantal juga meja rendah yang nyaman.

Belajar sambil bermain juga dapat dilakukan. Ini bisa diterapkan untuk anak di semua level pendidikan. Sesuaikan permainan dengan usia mereka. Untuk anak PAUD, belajar mengenali huruf sambil bermain plastisin, misalnya. Anak yang lebih besar, bisa main kuis bersama seperti yang acara di televisi.

4. Berikan Reward Jika Anak Kooperatif

Anak akan senang sekali mendapat hadiah. Dengan cara itu pula kita memberikan apresiasi pada mereka. Karenanya, tak ada salahnya juga jika kamu memberikan mereka hadiah atas kerjasama mereka mau disiplin belajar di rumah.

metode belajar setiap anak berbeda

Cara yang Tepat Akan Membuat Anak Suka Belajar (www.ayurvedacollege.com)

Reward atau hadiah tidak harus berupa sesuatu yang mahal dan sulit didapat. Sebuah pelukan hangat dan toss juga bisa menjadi hadiah.

BACA JUGA  Bau Mulut Saat Puasa? Lakukan 7 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Dapat juga dengan memberikan mereka kesempatan untuk melakukan sesuatu yang mereka sukai. Misal, jika mereka kooperatif dengan waktu belajarnya selama sepekan, waktu bermain mereka diperpanjang di akhir pekan.

Jangan lupa, ucapkan terimakasih pada anak atas usaha mereka untuk kooperatif. Mungkin sepele, tapi ucapan terimakasih adalah tanda bahwa usaha mereka dihargai. Dengan begitu, mereka akan bersemangat untuk melakukan kebiasaan baik yang lain.

5. Dampingi dengan Intens Saat Anak Belajar

Ini yang seringkali dilupakan orangtua. Banyak orangtua menonton televisi saat anak belajar, atau sibuk sendiri dengan gawainya. Padahal, pendampingan dari orangtua akan membuat anak merasa nyaman dan mendapatkan dukungan saat mereka belajar.

Mendampingi anak belajar juga tak melulu harus duduk disampingnya menyimak apa yang sedang ia kerjakan. Ikut duduk di satu ruangan dengan mereka sambil membaca buku, dapat menjadi satu bentuk pendampingan.

Intinya adalah, mendampingi anak belajar berarti kita mengkondisikan diri dan situasi yang mendukung anak untuk konsentrasi dalam belajar. Dan, kita siap membantu jika mereka menemukan kesulitan dalam soalan yang sedang mereka pelajari.

Itulah 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat anak suka belajar di rumah. Ingatlah, setiap anak memiliki cara belajar masing-masing. Karenanya, kita sebagai orangtua juga harus dapat memahami hal tersebut. Menerapkan kebiasaan baik pada anak memang bukan hal instan dan mudah, tapi tidak mustahil untuk dilakukan. Nah, segera dicoba ya!

BACA JUGA  Waspada! Cara Untuk Diet Berikut Malah Bisa Membuatmu Sakit

Komen di sini ya...