Bau Mulut Saat Puasa? Lakukan 7 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Puasa di bulan Ramadan adalah kewajiban muslim yang beriman. Tidak heran seluruh umat menyambut gembira dan bersemangat dalam berpuasa. Tapi, bau mulut tentu bisa mengganggu aktivitas saat berpuasa. Bagaimana mengatasinya?

Jika aktivitasmu melibatkan interaksi dengan banyak orang, duh, bau mulut bisa membuat kamu tidak percaya diri. Tapi tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut.

1. Menyikat Gigi

Kebersihan gigi sangat menentukan adanya bau mulut. Saat berpuasa, jangan lupa tetap menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Lakukan segera setelah sahur dan sehabis berbuka.

Gunakan pasta gigi yang mengandung sedikit fluoride dan mint. Selain bersih, mulut juga akan terasa segar. Tentu kamu jadi lebih fokus beribadah.

Mengatasi Bau Mulut dengan Menyikat Gigi

Menyikat Gigi (rscmjogjamu.com)

2. Menambah Konsumsi Buah-Buahan

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C akan membantumu menjaga kesehatan mulut dan gusi. Selain itu, pencernaan pun akan terbantu dengan banyaknya asupan serat.

Kadang, bau mulut bukan hanya disebabkan oleh masalah pada gigi. Gusi yang luka atau pencernaan yang terganggu pun bisa menimbulkan bau yang tercium dari mulut. Maka, pastikan buah-buahan masuk dalam menu makan sahur atau berbuka kamu.

3. Menjaga Mulut Bebas Sariawan

Luka pada bagian mulut atau gusi bisa menyebabkan sariawan. Lain halnya jika asupan vitamin C dan ketahanan tubuh kita cukup baik. Sariawan tidak akan berlangsung lama. Bahkan tak jarang luka di bagian mulut bisa lekas sembuh.

BACA JUGA  Anak Anda Takut Sekolah? Coba 7 Tips Berikut

Sariawan yang berlangsung lama atau terjadi pada beberapa bagian mulut sekaligus, menandakan pencernaan yang tidak sehat. Bisa akibat lambung yang luka atau gangguan pada usus. Keduanya bisa diatasi dengan perbaikan pola makan.

4. Berkumur

Menggunakan obat kumur antiseptik juga dapat membantu mengatasi bau mulut. Caranya, berkumurlah sesaat setelah sahur. Jangan lupa untuk melakukannya pula sehabis berbuka puasa.

Tapi jika tidak urgent, sebaiknya jangan menggunakan obat kumur, ya. Karena obat kumur antiseptik cenderung menghilangkan kondisi alami rongga mulut. Padahal, terdapat enzim dan bakteri tertentu yang justru dibutuhkan untuk membantu mengolah makanan di dalam mulut. Jadi gunakan obat kumur hanya jika bau mulut sudah sangat mengganggu.

Mengatasi Bau Mulut dengan Membersihkan Lidah

Membersihkan Lidah (primidellaclasse.net)

5. Membersihkan Lidah

Lidah bisa menjadi sarang kuman. Selain gigi, lidah juga perlu dibersihkan. Sisa makanan yang mengendap pada bagian lidah kadang bisa menimbulkan jamur. Inilah yang kemudian menimbulkan bau.

Bersihkanlah lidah dengan menyikat perlahan permukaannya. Jangan sampai melukai bagian lidah, ya. Lakukan perlahan dan hati-hati.

6. Memeriksakan Kesehatan

Jika bau mulut terasa sangat mengganggu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter gigi bisa melihat apakah terdapat lubang pada gigimu. Atau mungkin luka pada gusi yang bisa membahayakan.

Selain itu, memeriksakan kesehatan ke dokter umum juga dapat menjadi pilihan. Hal ini bisa kamu lakukan bila tidak ada masalah pada gigi dan gusi, sedangkan bau mulut terasa kuat. Dokter akan melakukan beberapa tes dan kamu bisa berkonsultasi dengannya.

BACA JUGA  Inilah 5 Perawatan yang Harus Dilakukan Setelah Melahirkan

7. Mengonsumsi Makanan Penghilang Bau Mulut

Ada beberapa makanan dan minuman yang jika dikonsumsi, bisa menghilangkan bau pada mulut. Diantaranya adalah:

  • Teh Hijau

Kandungan teofilin akan membantu mengurangi bau mulutmu. Selain itu, teh yang kaya akan antioksidan akan membantumu menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh.

  • Kencur

Minuman jamu kencur bisa membantu kamu menghilangkan bau mulut. Kelebihannya, kamu juga bisa mengeliminasi aroma tak sedap dari tubuhmu.

  • Ketumbar

Meminum ekstrak ketumbar setiap hari juga mempunyai khasiat menghilangkan bau mulut. Sayangnya, rasa ekstrak ketumbar memang kurang disukai.

Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Bau Mulut yang Mengganggu (gaivuskvapas.lt)

  • Jeruk nipis dan madu

Minuman ini mungkin pilihan yang paling enak untuk dikonsumsi secara rutin. Jeruk nipis dan madu dengan kandungan anti bakteri yang tinggi, akan membantu menghilangkan bau mulut. Efek lainnya, tubuh akan menjadi lebih bugar.

Nah, kira-kira mana yang akan kamu terapkan selama berpuasa? Semoga cara di atas mampu mengatasi bau mulut kamu, ya. Selamat mencoba.

Komen di sini ya...