Sering Susah Tidur? Inilah 10 Cara Mengatasinya

Setelah beraktivitas seharian tubuh pasti merasa lelah. Kebutuhan akan istirahat yang optimal sangat penting untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Berbaring dan memeroleh tidur yang nyenyak menjadi hal yang dinantikan.

Sayangnya, kadang kita justru kesulitan untuk tidur padahal tubuh sudah merasa capek. Jangankan untuk tidur nyenyak, mata saja sulit terpejam. Buat kamu yang mengalami susah tidur, simak cara mengatasi berikut ini.

1. Merapikan Tempat Tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Merapikan Kasur

Rapikan Tempat Tidur (mbc.net)

Kasur yang bersih akan membuat kamu merasa nyaman saat berbaring. Seprai yang bersih dan tidak apek membuat kamu betah tidur diatasnya. Maka, biasakan mengganti alas tidur, menjemur kasur, atau menepuk-nepuk permukaan tempat tidur.

Tujuannya adalah untuk memastikan kebersihan tempat tidur kamu. Tidak hanya itu, kadang kehadiran serangga atau tungau akan membuat tidur terasa tidak nyaman. Hati-hati, kehadiran serangga pada kasurmu bisa mengakibatkan iritasi pada kulit.

2. Berdoa

Ingin tidur nyenyak dan bebas mimpi buruk? Sebaiknya biasakan berdoa sebelum tidur. Percaya atau tidak, beberapa ilmuwan menyatakan tubuh akan merasa lebih rileks pasca berdoa. Hal ini juga menunjukkan kepasrahan dan rasa syukur atas hari yang telah kamu lalui.

Mengingat Tuhan akan membuat kamu merasa tenang. Perasaan ini akan ditangkap otak yang kemudian menstimulus respon tubuh. Hasilnya, kamu pun akan tertidur lelap.

3. Memadamkan Lampu

Ruangan yang gelap cenderung membantu otak mengirimkan sinyal untuk beristirahat. Rasa kantuk juga lebih mudah timbul pada suasana ruang yang gelap. Jika kamu merasa kurang nyaman untuk tidur dalam kondisi gelap, setidaknya kamu bisa menggunakan lampu yang redup.

Memadamkan Lampu untuk Mengatasi Susah Tidur

Padamkan Lampu Bila Susah Tidur (businessinsider.com.au)

4. Mematikan Gadget

Jangan gunakan gadget saat kamu akan tidur. Baik untuk update status atau sekesar berselancar di dunia maya. Keduanya hanya akan membuat kamu terjaga lebih lama.

BACA JUGA  Bayi Pilek dan Demam? Jangan Panik, Segera Lakukan 7 Hal Berikut!

Selain itu, menaruh gadget di dekatmu juga bukan tindakan yang bijak. Kamu akan tergoda untuk melihat gadget lagi, padahal tubuh sedang menyesuaikan diri untuk tidur. Untuk itu, sebaiknya letakkan gadget berjauhan dari posisi kasur. Jangan lupa untuk mematikan gadget.

5. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Ruangan yang pengap akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Bukannya tidur, yang ada kamu akan merasa penat. Ruangan kamar sebaiknya memeroleh sirkulasi udara yang baik.

Sirkulasi Udara Buruk Sebabkan Susah Tidur

Sirkulasi Udara Harus Baik (beetleandfig.com)

Tidak harus menggunakan AC, kok. Kamu bisa menggunakan kipas angin atau cukup memastikan adanya ventilasi udara atau jendela kamar tidak terhalang. Tidur di kondisi yang pengap hanya akan membuat tubuh tidak mendapat istirahat yang optimal. Saat bangun tidur, alih-alih merasa segar kamu akan merasa lelah.

6. Mandi

Tubuh berkeringat akan terasa tidak nyaman. Apalagi keringat akan memunculkan bau badan. Kamu butuh mandi untuk bisa merelaksasi tubuh. Mandilah dengan air hangat.

Jika perlu, kamu bisa berkeramas. Tubuh yang terasa bersih dan segar justru akan membantu kamu beristirahat dengan mudah. Tidur pun jadi nyenyak.

7. Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian tidur yang nyaman juga membantu kamu, sehingga mudah terlelap. Hindari bahan yang tebal. Kenakan piyama yang berbahan menyerap keringat. model pakaian tidur juga sebaiknya ringan dan tidak berlipit.

Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Berpakaian yang Nyaman

Gunakan Pakaian yang Nyaman Saat Tidur (bellanotte.bg)

8. Minum Susu Hangat

Meminum susu hangat sebelum tidur bisa menimbulkan rasa nyaman. Hal ini disebabkan susu yang manis akan membantu perut terasa cukup kenyang. Kondisi lambung yang terlalu kosong akan membuat kita terjaga. Selain itu, minuman hangat akan membuat pembuluh darah melebar. Akibatnya, kamu akan merasa rileks.

BACA JUGA  Panik Karena Bayi Demam? Ketahui Penyebabnya dan Lakukan 7 Langkah Ini

Jika kamu tidak menyukai susu, kamu boleh menggantinya dengan minuman lain. Namun, jangan meminum minuman dengan kandungan kafein. Karena bisa menyebabkan kamu malah terjaga.

9. Makan Camilan Sehat

Tubuh yang kekurangan gula sulit merasa ngantuk. Tanpa kita sadari, rasa lelah membuat kita tidak menyadari rasa lapar. Padahal, tubuh yang lelah bukan cuma memerlukan istirahat, tapi juga asupan gula sederhana.

Solusinya adalah mengonsumsi makanan ringan yang mudah dicerna. Pilihan terbaik adalah jenis serealia atau buah kurma. Keduanya tidak terlalu menimbulkan efek kenyang yang berlebihan, namun mengandung energi dan gula.

10. Membaca Buku

Buku yang dibaca sebelum tidur sebaiknya yang bertema ringan. Hindarkan membaca kisah horor atau penderitaan sebelum tidur, ya. Nanti malah akan membuat tidur kamu tidak nyenyak karena ceritanya terbawa mimpi.

Membaca Buku Sebelum Tidur Baik untuk Kesehatan

Membaca Buku Sebelum Tidur (netdoctor.co.uk)

Istirahat yang optimal adalah hak tubuh kamu, sehingga tetap sehat dan bugar. Seringkali bukan kuantitas tidur yang membuat tubuh menjadi segar, melainkan kualitas tidur yang baik. Semoga salah satu atau mungkin semua cara di atas berhasil mengatasi susah tidur yang kamu alami.

Komen di sini ya...