Sering Terlambat Datang Bulan? Ini 5 Cara Mengatasinya

Keterlambatan menstruasi dapat mengganggu aktivitas. Apalagi jika kamu adalah wanita yang sibuk dan berpacu dengan waktu di keseharianmu. Terlambat datang bulan sebenarnya adalah cara tubuh berkomunikasi kepada kita.

Kondisi stres, kelelahan, kurang asupan gizi akibat pola makan yang tidak teratur bahkan kurangnya istirahat dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi. Ujungnya, terlambat haid. Padahal ada beberapa cara mengatasi terlambat datang bulan yang simpel dan mudah untuk dilakukan. Silakan disimak, ya.

1. Istirahat Optimal

Tidur pada malam hari sangat penting bagi tubuh. Waktu malam adalah saat tubuh memroduksi sel-sel darah merah secara optimal. Itulah alasan mengapa mereka yang kurang tidur cenderung mengalami anemia.

Kondisi anemia tersebut akan memengaruhi hormon dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bagi wanita, salah satu efeknya adalah terlambat haid. Keterlambatan bisa terjadi sekali atau bahkan berulang-kali. Oleh karena itu, cara mengatasinya adalah dengan memeroleh istirahat yang optimal.

Istirahat yang optimal bukan berarti tidur dalam jangka waktu yang lama, lho. Melainkan memenuhi kebutuhan waktu tidur yang cukup. Dalam hal ini, kamu membutuhkan setidaknya 6 jam sebagai waktu tidur yang efektif.

2. Hindari Dehidrasi

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Maka, kekurangan cairan akan berdampak besar bagi kemampuan tubuh mengikuti siklus reproduksi. Cairan tubuh yang rendah akibat dehidrasi, akan menyebabkan gangguan pola haid. Hati-hati, tidak cuma dampak terlambat datang bulan yang bisa terjadi, dehidrasi juga akan mengakibatkan gangguan pencernaan.

BACA JUGA  Tips Perawatan Bayi Usia 0 Sampai 6 Bulan

3. Jaga Pikiran Tetap Positif

Stres hanya akan memicu hormon oksitosin. Dalam porsi yang tinggi, hormon ini akan menghambat laju hormon reproduksi. Efeknya, kamu akan mengalami terlambat datang bulan. Lebih jauh lagi, kamu juga bisa mengalami gangguan siklus bulanan, sehingga jadwal menstruasi kamu jadi tidak teratur.

Pikiran yang positif membantu datang bulan jadi teratur

Jaga Pikiranmu Tetap Positif (andreobermuller.med.br)

4. Mengatur Pola Makan

Jadwal menstruasi yang terganggu juga bisa disebabkan oleh kekurangan gizi dari makananmu. Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, zat besi, dan juga vitamin menjadi penting dan tidak boleh disepelekan. Jangan lupa, organ-organ tubuh saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Wajar bila gangguan pada yang satu lambat laun akan merembet pada bagian tubuh lainnya. Perlu kamu ketahui, ada beberapa cara alternatif yang bisa kamu gunakan dalam mengatasi terlambat datang bulan. Meski, cara ini belum terbukti secara medis.

Cara pertama adalah dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis secara teratur. Air perasan jeruk nipis disebutkan mampu membantu melancarkan aliran darah saat haid. Cara kedua bisa dengan mengonsumsi air rebusan daun Pepaya dengan khasiat yang kurang lebih sama.

Jaga pola makan

Lakukan Pola Makan Sehat (nakedfitfoods.com)

5. Olahraga

Gerak tubuh yang teratur akan membantu melancarkan aliran darah tubuh. Olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging, jika dilakukan secara berkala akan membantu tubuh memeroleh kebugarannya kembali. Yoga atau pilates, juga disebut mampu membantu mengembalikan fitalitas tubuh serta membuat pikiran menjadi rileks.

BACA JUGA  Perut Bawah Kamu Buncit? Inilah 5 Cara Mengecilkannya

Tubuh yang bugar dan pikiran yang bebas stres merupakan cara yang disebut efektif mengatasi kondisi terlambat datang bulan. Tapi, perlu kamu ingat. Olahraga apapun tidak akan mendatangkan manfaat yang optimal jika tidak dilakukan secara rutin.

Berolahraga rutin baik untuk tubuhmu

Lakukan Olahraga Rutin (videos2.healthination.com)

Terlambat datang bulan sepatutnya memeroleh penanganan serius. Terlebih jika hal ini terjadi secara rutin, sehingga kalender reproduksi kamu jadi terganggu. Perlu kamu ketahui, terlambat datang bulan dapat merujuk pada dampak lanjutan. Gangguan kesuburan.

Wanita yang mengalami menstruasi secara tidak teratur cenderung sulit memiliki keturunan. Hal yang wajar jika melihat kondisi siklus reproduksi yang tidak teratur dalam jangka waktu lama. Bila kamu mengalami ini, akan sangat bijak untuk segera memeriksakan kesehatan reproduksi kamu ke dokter spesialis kandungan.

Komen di sini ya...