Rambut Kamu Rontok? Ini Cara Mengobatinya

Rambut adalah mahkota setiap kaum hawa. Namun, dewasa ini, ternyata tidak hanya kaum hawa yang merasa rambutnya begitu berharga. Banyak juga sekarang kaum adam yang memperhatikan keindahan rambutnya. Saking berharganya mahkota ini, tak sedikit perempuan juga laki-laki yang rela menghabiskan uangnya hingga jutaan rupiah hanya untuk perawatan rambut. Maka, tak ayal, jika rambut rontok bisa menjadi masalah besar untuk mereka. Rambut kamu rontok? Ini cara mengobatinya!

Masalah Rambut Rontok

Rambut Rontok Pada Wanita (likehealthylife.com)

Sebenarnya, kerontokan rambut adalah hal normal. Setiap hari, diperkirakan 50 hingga 100 helai rambut kita rontok. Ini penting untuk dilakukan rambut agar di kepala kita terjadi regenerasi rambut, artinya kerontokan itu dilakukan untuk memberikan kesempatan pada rambut baru untuk tumbuh. Nah, yang jadi masalah adalah jika kerontokan rambut terjadi dalam jumlah besar. Ini saatnya kita waspada.

Secara umum, kerontokan rambut terjadi karena adanya rambut-rambut rapuh atau rusak di kepala kita. Karena akarnya juga sudah mulai rapuh, maka sangat mudah sekali rambut tercerabut dari kulit kepala. Inilah kenapa kita sering tidak merasa sakit ketika ada rambut rontok. Adapun penyebab dari kerontokan rambut dapat bermacam-macam, seperti tersebut di bawah ini :

Penyebab Rambut Rontok

1. Faktor hormonal

Pada kaum lelaki, faktor hormonal ini biasanya mengacu pada faktor keturunan. Untuk mereka yang rentan secara genetik, hormon-hormon seksualitas tertentu dapat memicu kerontokan rambut secara permanen. Ini biasanya terjadi saat mereka memasuki masa pubertas. Cirinya ditandai dengan adanya penipisan rambut. Sedangkan pada perempuan, faktor hormonal yang menjadi penyebab rambut rontok adalah saat mereka memasuki masa menopouse, saat kehamilan atau persalinan, dan dapat juga merupakan akibat karena mereka berhenti minum pil KB (salah satu alat kontrasepsi yang memang memberikan pengaruh hormonal pada tubuh perempuan).

Masalah Hormon Penyebab Rambut Rontok

Rambut Rontok Pada Pria (tazakhobor.org)

2. Penyakit

Seringkali kita lihat di film atau drama televisi, orang-orang yang menderita penyakit tertentu mengalami kerontokan rambut dalam jumlah luar biasa banyak. Ternyata itu bukan bualan layar kaca namun memang terbukti kebenarannya. Beberapa jenis penyakit memang menyebabkan kerontokan rambut. Dari beberapa jenis penyakit tersebut, kanker dan typus (dalam stadium tinggi) disinyalir sebagai penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut dalam jumlah banyak. Kerontokan rambut ini biasanya sebagai efek samping karena mengkonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

BACA JUGA  Inilah 15 Tips Bagi Pasutri Agar Segera Hamil

3. Gangguan emosional

Faktor internal lain yang diyakini dapat menjadi penyebab kerontokan rambut adalah adanya gangguan emosional. Terlalu banyak tekanan atau masalah baik di pekerjaan maupun di dalam keluarga atau masyarakat sehingga menyebabkan stress, disinyalir dapat menyebabkan kerontokan rambut.

4. Asupan makanan

Banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga diyakini mampu membuat rambut rontok. Makanan olahan, makanan instan, juga makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan memiliki kandungan minyak berlebih, adalah contoh makanan tidak sehat yang dapat memicu kerontokan rambut.

5. Salah treatment rambut

Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok juga adalah penyebab kerontokan rambut. Usah membayangkan produk perawatan bermacam-macam dan berharga bombastis, salah menggunakan produk shampoo yang banyak dijual di warung juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, pewarnaan rambut secara berulang-ulang juga dapat memicu kerontokan rambut. Ini disebabkan karena untuk mewarnai rambut, digunakanlah zat kimia yang jika dipakai berulang-ulang pada rambut dapat membuat rambut rusak, akhirnya rontok. Tak hanya itu, sering mengikat rambut juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut.

Merawat Rambut agar Tidak Rontok

Bijak Dalam Memelihara Rambut (headrushsalon.in)

6. Tidak merawat rambut dengan baik

Salah menerapkan treatmentrambut bisa menyebabkan kerontokan, tapi tidak merawat rambut dengan baik juga bisa menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Sama seperti merawat tanaman, jika tidak kita siram dan kita berikan nutrisi secara teratur lama kelamaan akan layu. Demikian juga rambut, jika tidak kita bersihkan dan kita berikan nutrisi yang tepat secara teratur, maka dapat memicu kerusakan rambut dan akhirnya membuat rambut rontok. Munculnya ketombe di kulit kepala akibat tidak adanya perawatan juga diyakini menjadi penyebab utama kerontokan rambut.

7. Cuaca

Terlalu sering terpapar matahari dengan ultraviolet tinggi (seperti yang sedang terjadi di bumi kita belakangan ini) juga adalah salah satu penyebab kerusakan rambut. Rambut mudah patah atau rontok karena sering terkena cuaca panas secara langsung dan sering.

BACA JUGA  7 Tips Jitu Ini Adalah Cara Terbaik Menyembuhkan Keputihanmu

Ternyata banyak juga ya penyebab kerontokan rambut, karenanya kita mesti ekstra hati-hati dan waspada karena bagaimanapun mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Cara Mengobati Rambut Rontok

Nah, buat kamu yang sudah terlanjur mengalami kerontokan rambut dalam jumlah banyak atau di luar batas normal, beberapa cara alami di bawah ini dapat kamu coba untuk mengobati rambut rontokmu:

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya untuk Mengobati Rambut Rontok

Lidah Buaya (herbaneka.com)

Lidah buaya mengandung zat yang sangat berguna untuk membantu rambut tumbuh subur. Karenanya, memanfaatkan lidah buaya untuk mengobati rambut rontok dapat menjadi pilihan utama. Caranya cukup mudah. Pertama, ambil bagian daging dalam batang lidah buaya. Kedua, usapkan daging lidah buaya tadi ke seluruh bagian rambutmu, dari kulit kepala hingga ujung rambut. Kemudian, biarkan selama 15 hingga 20 menit, dan terakhir bilaslah dengan air hingga bersih. Di zaman modern ini, lidah buaya juga sudah diekstrak menjadi shampoo. Jika kamu tidak menemukan lidah buaya di sekitarmu, mungkin kamu bisa coba mencari shampoo lidah buaya yang cocok untuk rambutmu.

2. Kemiri

Manfaat Kemiri untuk Mengobati Rambut Rontok

Kemiri dan Minyak Kemiri (bibamagazine.fr)

Selain digunakan sebagai bumbu masak yang ampuh menghadirkan cita rasa juara, kemiri ternyata juga berguna untuk rambut. Penggunaan kemiri untuk rambut adalah dengan mengolahnya menjadi minyak kemiri kemudian diusapkan secara merata pada rambut. Ramuan mujarab ini udah digunakan dari jaman kakek nenek kita dulu. Namun, tak perlu repot membuat minyak kemiri di dapurmu sekarang, karena saat ini sudah ada produsen yang memproduksi minyak kemiri dalam kemasan, dan sudah banyak dijual di pasaran. Tapi ingat, gunakan minyak kemiri dari produsen terpercaya ya..

3. Minyak zaitun

Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok

Minyak Zaitun (villeinitalia.ru)

Sama seperti kemiri, minyak zaitun juga populer sebagai bahan masakan. Jenis minyak ini jauh lebih sehat dibandingkan minyak goreng pada umumnya, karena minyak zaitun mengandung lemak jenuh jauh lebih sedikit. Selain sehat untuk konsumsi, ternyata minyak zaitun juga memiliki khasiat yang baik untuk kesuburan rambut. Cukup oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala, kemudian bilas. Lakukan ini secara merata pada rambutmu, maka dijamin rambutmu akan tumbuh lebih sehat dan kuat.

BACA JUGA  Sering Terlambat Datang Bulan? Ini 5 Cara Mengatasinya

4. Minyak kelapa

Minyak Kelapa untuk Rambut Rontok

Minyak Kelapa (caramembuatminyak.com)

Selain minyak zaitun dan minyak kemiri, ternyata minyak kelapa juga berkhasiat untuk menjaga kesuburan dan kesehatan rambut. Gunakan minyak kelapa sebelum keramas dengan cara mengoleskannya secara merata dari kulit kepala hingga ujung rambut, sambil memijat secara perlahan di kulit kepala. Lalu biarkanlah selama 30 menit hingga 1 jam hingga minyak kepala meresap ke kulit kepala dan rambutmu. Terakhir, bilaslah dengan keramas

5. Kacang hijau

Kacang Hijau Mengobati Rambut Rontok

Kacang Hijau (berrykitchen.com)

Ternyata, selain dikonsumsi, kacang hijau juga dapat kita gunakan untuk mengobati rambut rontok. Caranya, ambil segenggam kacang hijau kemudian rendamlah dalam air secukupnya, jangan terlalu banyak air. Diamkan rendaman tersebut semalaman. Esok harinya, saringlah rendaman tersebut dan oleskan airnya secara merata pada kulit kepala hingga ujung rambutmu. Lakukan langkah ini secara teratur 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil optimal

6. Seledri

Manfaat Seledri untuk Rambut Rontok

Seledri (drnature.ir)

Seledri dapat menjadi pengganti shampoo dan membantu menguatkan akar rambut. Caranya, ambil beberapa helai daun seledri kemudian haluskan. Gunakan halusan daun seledri itu untuk dioleskan secara merata pada kulit kepala dan rambutmu. Seledri dipercaya mengandung vitamin, zat besi, dan kalsium yang baik untuk membantu menyuburkan dan membuat rambutmu lebih berkilau

7. Jeruk nipis

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Rambut Rontok

Jeruk Nipis (sinerginetwork.com)

Bahan alami terakhir yang diyakini dapat membantu mengatasi kerontokan rambut adalah jeruk nipis. Cara penggunaanya sangat mudah, ambil jeruk nipis dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian oleskan potongan jeruk nipis tadi di bagian dagingnya ke seluruh kulit kepala dan ratakan hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Selain membantu mengobati kerontokan rambut, jeruk nipis juga dipercaya dapat membantu mengatasi ketombe

Nah, mudahkan, cara mengobati rambut rontokmu dengan bahan-bahan alami di atas?! Selamat mencoba di rumah, ya.. Jika rambut rontokmu sangat parah dan mengkhawatirkan, sebaiknya segera berkonsultasilah dengan ahli perawatan rambut yang kamu percaya. Sehat-sehat selalu yaa…

Komen di sini ya...