Adakah Cara Meninggikan Badan Secara Cepat?

Memiliki tubuh pendek seringkali menjadi semacam ‘aib’ bagi sebagian orang. Apalagi jika ia harus berinteraksi dengan orang lain yang memiliki tinggi badan ideal, perasaan minder pastilah ada. Karenanya, banyak orang dengan permasalahan tersebut coba menambah tinggi badan mereka secara instan. Nah, adakah cara meninggikan badan secara cepat? Simak ulasan berikut ini!

Tinggi badan manusia banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan, genetik, dan asupan nutrisi atau gizi. Tidak ada ukuran ideal untuk menyamaratakan tinggi badan seluruh manusia di muka bumi. Ini karena ukuran tinggi badan manusia berbeda-beda, sesuai dengan kelompok etnis-nya masing-masing.

Pertumbuhan rata-rata tinggi badan manusia juga berbeda menurut jenis kelamin. Namun biasanya, tubuh pria dewasa lebih tinggi dibanding wanita dewasa. Secara biologis, pertumbuhan tinggi badan manusia terhenti ketika lempeng pertumbuhan (lempeng efifisis) pada ujung tulang telah menutup. Hal ini terjadi pada usia 16 tahun untuk wanita, dan 18 tahun untuk pria. Meski ada kemungkinan, pada beberapa orang, pertumbuhan terhenti pada usia 20 hingga 21 tahun.

Proses bertambahnya tinggi badan manusia dimulai ketika masa remaja. Pada pria, proses ini terjadi pada usia 11 tahun, dengan puncaknya pada usia 13 tahun. Sedangkan pada wanita, dimulai pada usia 9 hingga 10 tahun, dan puncaknya terjadi pada usia 11 hingga 12 tahun.

Di Indonesia sendiri, rata-rata tinggi badan warganya adalah 160 hingga 170cm untuk pria dan 150 sampai dengan 160cm untuk wanita. Jika tinggi badan kamu masih berada pada kisaran angka tersebut, maka tubuhmu masih normal untuk ukuran orang Indonesia.

ketahui tinggi badan kamu

Ukur Tinggi Badan Kamu (www.newhealthadvisor.com)

Namun, bila ternyata tinggi badan kamu jauh di bawah angka tersebut, maka perlu ditelusuri apa penyebabnya. Rendahnya tinggi badan seseorang dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya; asupan gizi, penyakit kronis, juga faktor genetis.

BACA JUGA  4 Risiko Ini Harus Dihadapi Seorang Wanita Bila Ingin Melahirkan Secara Normal

Bicara mengenai upaya untuk menambah tinggi badan, biasanya pertanyaan yang muncul adalah, adakah cara meninggikan badan secara cepat? Jawabannya, ada! Dengan syarat, usia kamu masih dalam kelompok usia pertumbuhan, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Kamu masih punya harapan untuk bertambah tinggi selama lempeng pertumbuhan pada tulang masih terbuka. Cara untuk memastikannya hanya dengan media foto rontgen pada beberapa area tulang.

Ingatlah, bahwa usia maksimum lempeng pertumbuhan tertutup adalah 20 hingga 21 tahun. Sedangkan proses pemadatan tulang dewasa akan terhenti pada usia 36 tahun.

Nah, jika kamu masih memiliki harapan untuk bertambah tinggi dan ingin menambah tinggi badanmu secara cepat dan alami, beberapa tips berikut dapat kamu ikuti:

1. Jangan Begadang

Rhoma Irama benar, banyak begadang justru mudah mendatangkan banyak penyakit. Salah satunya adalah dapat menghambat pertumbuhan badan. Kenapa demikian? Karena pada saat tidurlah, tubuh kita memproduksi hormon pertumbuhan, yaitu HGH. Tidur cukup akan sangat membantu tubuhmu memproduksi hormon ini. Disarankan, bagi kamu yang masih dalam usia pertumbuhan (di bawah 20 tahun), untuk tidur dengan waktu yang cukup yaitu 9 hingga 10 jam.

2. Olahraga Teratur

Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, berolahraga juga dapat menambah tinggi badan. Beberapa jenis olahraga dipercaya dapat membantu menambah tinggi badan dengan cepat.

Renang, lari, basket, lompat tali, bersepeda, sepak bola, dan beberapa jenis aerobik, adalah beberapa jenis olahraga yang dipercaya dapat membantu hal tersebut. Syaratnya, lakukan olahraga tersebut secara rutin dan teratur.

cara meninggikan badan dengan cepat

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi (www.gospell-dtv.com

3. Menjaga Asupan Nutrisi

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tinggi badan atau pertumbuhan seseorang adalah asupan nutrisi. Karenanya, untuk menambah tinggi badan secara cepat dan alami, perhatikanlah asupan nutrisi kamu.

BACA JUGA  3 Film Lucu Terbaru Ini Akan Membuatmu Ingin ke Bioskop

Tingkatkan kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, vitamin D dan fosfor. Ketiga zat tersebut berperan penting dalam proses pertumbuhan.

Beberapa contoh makanan yang mengandung zat tersebut adalah susu, brokoli, bayam, jamur, dan kubis. Mengonsumsi protein tanpa lemak seperti daging ayam, sapi, serta ikan juga menjadi pilihan yang baik bagi pertumbuhan kamu.

Selain menjaga asupan nutrisi, penting juga untuk menjaga tubuhmu dari zat-zat yang dapat menghambat pertumbuhan. Rokok, steroid, dan kafeina diyakini termasuk di dalam kategori ini.

Sekali lagi, ada cara meninggikan badan secara cepat dan alami, asal kamu masih berada dalam rentang usia pertumbuhan. Jika usia kamu sudah jauh melampaui, maka menerima pemberian Tuhan adalah hal terbaik yang dapat dilakukan.

Komen di sini ya...