6 Cara Menyembuhkan Jerawat Ini Akan Membuat Kulit Wajahmu Mulus Kembali

Jerawat seringkali menjadi ‘musuh’ bagi mereka yang ingin penampilannya terlihat sempurna. Bahkan, tidak hanya kaum hawa saja yang merasa resah jika jerawat sudah mulai bermunculan, para pria pun sekarang banyak yang merasa demikian. Bagi mereka yang memiliki kelebihan harta, menumpas jerawat dengan facial adalah pilihan pasti. Namun, bagi kamu yang berkantong pas-pasan, mengatasi jerawat dengan cara-cara alami lebih rasional untuk dilakukan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas cara untuk menyembuhkan jerawat yang akan membuat kulit wajahmu mulus kembali.

Jerawat sebenarnya adalah sebuah kondisi dimana pori-pori wajah kita tersumbat oleh kotoran sehingga menyebabkan peradangan dan menimbulkan kantung bernanah. Jerawat sendiri dapat dikategorikan sebagai salah satu penyakit kulit ringan yang penderitanya dalam jumlah besar dan tersebar di seluruh dunia. Bahkan, Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”.

Cara Menyembuhkan Wajah Berjerawat

Wajah Sembuh dari Jerawat (ritty.ru)

Selain kotoran atau debu dari lingkungan sekitar kita, jerawat juga banyak disebabkan karena rangsangan hormonal. Perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh kita dapat merangsang kelenjar minyak di kulit sehingga menyebabkan jerawat. Pada perempuan dewasa, perubahan hormonal yang biasanya dapat memicu timbulnya jerawat terjadi saat masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, atau saat sedang stress. Pemakaian kosmetik secara berlebihan atau menggunakan kosmetik yang tidak cocok di kulit kamu juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Meski hanya berupa benjolan kecil di wajah, tapi memiliki sebutir jerawat bisa jadi berjuta rasanya. Selain karena terkadang peradangan pada jerawat terasa nyeri, bagi sebagian perempuan, munculnya jerawat bisa jadi pengurang kadar kecantikan mereka. Karenanya, penting untuk mengetahui cara-cara menyembuhkan jerawat yang juga dapat membuat kulit wajah kembali mulus.

BACA JUGA  10 Tips Ini Akan Membuat Wanita Hamil Tetap Terlihat Seksi

1. Masker putih telur dan madu

Manfaat Putih Telur Bagi Wajah Berjerawat

Memisahkan Putih Telur (hariangadis.com)

Kandungan protein pada putih telur selain bagus untuk pembentukan massa otot, juga sangat baik digunakan sebagai nutrisi untuk kulit. Selain putih telur, kemanfaatan madu yang sangat banyak ternyata juga berkhasiat untuk kulit kita. Madu mengandung banyak zat positif yang dipercaya dapat meregenerasi sel kulit. Karenanya, mencampurkan kedua bahan ini dan memanfaatkannya untuk menyembuhkan jerawat adalah satu pilihan bijak. Selain jerawat teratasi, kulit wajahpun dapat kembali mulus.

Caranya cukup mudah. Pecahkan satu butir telur, pisahkan putih dengan kuningnya. Tambahkan dua hingga tiga sendok makan madu pada putih telur kemudian kocok hingga rata. Gunakan campuran ini sebagai masker, ratakan di seluruh wajah. Biarkan semalaman, esok paginya bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara teratur, maka lihatlah hasilnya.

2. Masker daun pepaya

Masker Daun Pepaya

Daun Pepaya untuk Menghilangkan Jerawat (akuratpost.com)

Di tengah masyarakat, terutama masyarakat Jawa, daun pepaya dipercaya dapat menjadi ramuan ampuh untuk menambah nafsu makan. Penggunaannya dengan cara diolah menjadi jamu. Namun, ternyata, daun pepaya juga memiliki khasiat untuk mengobati jerawat. Ini karena daun pepaya memiliki kandungan enzim lizosim yang berfungsi sebagai anti bakteri.

Cara memanfaatkan daun pepaya untuk menyembuhkan jerawat adalah dengan mengambil dua hingga tiga helai daun pepaya tua. Jemurlah daun pepaya tersebut di terik matahari hingga kering. Setelah kering, tumbuklah hingga halus. Tambahkan dua hingga tiga sendok makan air matang pada tumbukan tersebut. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker, oleskan secara merata pada wajah. Tunggulah hingga kering. Setelah kering, basuhlah wajah dengan air hangat. Ulangi langkah tersebut secara teratur, maka wajah berjerawatmu akan berganti dengan wajah yang mulus kinclong.

3. Masker lobak

Sayuran Lobak Solusi Jerawat

Lobak (hayliepomroy.com)

Selain enak untuk dikonsumsi sebagai sayuran, lobak ternyata sangat berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Berdasarkan hasil penelitian, lobak mengandung vitamin A, B1, B2, niasin, minyak atsiri, kolin, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi dan asam oksalat. Semua kandungan tersebut membuat lobak memiliki fungsi sebagai antibiotik dan antioksidan.

BACA JUGA  5 Tips Cara Merawat Kulit Ini Akan Membuat Tubuhmu Tampak Segar

Pemanfaatan lobak untuk mengatasi jerawat adalah dengan mengambil lobak secukupnya, kemudian cuci bersih di bawah air mengalir. Kemudian haluskan lobak dengan memblendernya atau memarutnya. Tambahkan cuka apel sekira satu sendok makan dan aduk hingga merata. Oleskan secara merata campuran tersebut di seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau hingga mengering. Basuh wajah dengan air hangat hingga bersih. Jangan lupa, lakukan langkah ini secara teratur untuk mendapatkan hasil optimal.

4. Masker bengkoang

Masker Bengkoang Menyembuhkan Jerawat

Bengkoang (papasemar.com)

Meski masih termasuk dalam keluarga umbi-umbian, namun bengkoang memiliki rasa yang bisa jauh berbeda dari umbi-umbian yang lain. Bengkoang memiliki rasa manis dan segar, sehingga dapat langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata bengkoang juga memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat untuk kulit dan wajah. Sudah bukan rahasia lagi jika bengkoang berkhasiat untuk mencerahkan kulit, karenanya banyak produsen lotion kulit yang menggunakan ekstrak bengkoang pada produknya.

Bengkoang ternyata juga dipercaya untuk menyembuhkan jerawat. Caranya cukup mudah. Ambil satu buah bengkoang yang masih segar. Kupas bersih seluruh kulitnya. Cuci bengkoang dengan air matang. Lalu potong-potong kecil daging bengkoang agar mudah dihancurkan. Gunakan ampas bengkoang sebagai masker pada wajah, oleskan secara merata. Diamkan hingga masker mengering. Terakhir, bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan langkah ini secara teratur ya.

5. Masker lidah buaya

Lidah Buaya dapat Menyembuhkan Jerawat

Lidah Buaya (herbaneka.com)

Selain enak untuk dikonsumsi dan berkhasiat untuk rambut, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawatmu. Kandungan vitamin dan antioksidan yang dimiliki lidah buaya diyakini mampu mengatasi jerawat dan membuat wajah kembali mulus dan segar.

BACA JUGA  Adakah Diet yang Aman untuk Ibu Menyusui?

Caranya cukup mudah. Ambil satu batang lidah buaya. Buka kulitnya dan ambil dagingnya. Potong-potong kecil daging lidah buaya dan hancurkan. Oleskan daging lidah buaya yang telah dihaluskan tadi secara merata ke seluruh wajahmu. Diamkan beberapa menit, tunggu hingga kering. Basuh wajah dengan air hangat untuk membersihkan. Lakukan langkah ini secara teratur, dijamin jerawat hilang dan muka berseri kembali.

6. Masker minyak zaitun

Minyak Zaitun untuk Menyembuhkan Jerawat

Minyak Zaitun (villeinitalia.ru)

Bahan alami yang satu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan untuk perawatan wajah dan kulit. Ya, hingga saat inipun, minyak zaitun dipercaya sebagai bahan ampuh untuk menjaga kehalusan dan keremajaan kulit tubuh dan wajah. Minyak zaitun mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan kulit untuk regenerasi. Kandungan nutrisi itu juga berkhasiat untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat pada wajah. Dari hasil penelitian, minyak zaitun juga memiliki kandungan antiseptik dan antibakterial yang sangat tinggi, sehingga dapat menyembuhkan jerawat secara efektif.

Cara penggunaan minyak zaitun adalah dengan menggunakannya sebagai masker untuk wajah. Ambil minyak zaitun secukupnya dan oleskan secara merata pada wajah. Pijat-pijat lembut seluruh wajah agar minyak zaitun dapat meresap secara sempurna, lakukan pemijatan ini selama lima menit. Kemudian diamkan sebentar agar minyak zaitun bekerja optimal. Setelah cukup kering, bilas wajah dengan air dingin untuk hasil terbaik. Lakukan langkah ini secara teratur kurang lebih dua kali dalam seminggu, dijamin kulit wajahmu bebas jerawat dan bersih mulus kembali.

Nah, cukup mudah bukan, menyembuhkan jerawat dengan enam cara di atas?! Jangan lupa, sebelum menggunakan masker, bersihkan dulu wajahmu ya. Ingat juga untuk menghindari timbulnya jerawat dengan selalu menjaga kebersihan wajah. Semoga berhasil menyembuhkan jerawatmu dan mengembalikan kulit wajahmu kembali mulus. Selamat mencoba!

Komen di sini ya...