Inilah 5 Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering yang Harus Kamu Coba

Rambut yang indah adalah keinginan setiap orang. Tapi, sebagaimana kulit tubuh, rambut juga bisa menjadi kering dan kusam. Tidak hanya itu, rambut jadi mudah patah dan rontok.

Cara perawatan rambut yang salah bisa mengakibatkan kesehatan kulit kepala dan helai rambut terganggu. Adanya ketombe pada kulit kepala juga bisa menyebabkan rambut kering dan mudah patah. Padahal cara merawat dan mengatasi rambut yang kering cukup sederhana.

1. Menggunakan Sampo Khusus

Ada beragam produk sampo yang menawarkan perawatan sehingga rambut akan memukau. Tapi perlu kamu ingat, tidak semua produk itu sesuai untuk rambut kamu. oleh karena itu, jangan mudah tergoda kemudian gampang berganti sampo.

mengatasi rambut kering

Rambut Kering (media3.s-nbcnews.com)

Sekarang memang telah ada sampo yang dibuat khusus untuk rambut yang kering dan kusam. Kamu bisa menggunakan sampo tersebut secara rutin. Saat berkeramas, pastikan kamu tidak memijat perlahan kulit kepala dan mengusap rambut kamu.

Satu lagi yang penting untuk kamu perhatikan adalah cara mengeringkan rambut. Hindarkan penggunaan hair dryer. Jangan juga mengusap-usap rambut menggunakan handuk. Cukup tekan-tekan perlahan rambut, sehingga air terserap oleh handuk. Jangan menyisir rambut saat kondisinya masih basah. Karena bisa menyebabkan rambut patah dan rontok.

2. Menggunakan Conditioner

Rambut yang kering mengindikasikan kurangnya asupan vitamin E yang dibutuhkan rambut. Meski vitamin ini biasa terkandung di dalam sampo. Namun, kamu bisa menambah asupannya melalui kondisioner rambut. Gunakan setidaknya 3 kali dalam sepekan.

BACA JUGA  5 Olahraga Ini Baik Untuk Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Jika digunakan secara rutin, maka rambut kamu akan terasa lebih lembut. Hal ini disebabkan kondisioner melapisi helai rambut dan membuatnya tidak mudah kering. Rambut pun akan terlihat lebih bersinar, tidak kusam.

3. Memakai Masker Rambut

Masker bukan hanya bisa digunakan pada kulit tubuh. Khususnya bagi rambut kering yang memerlukan perawatan tambahan. Masker alpukat bisa kamu aplikasikan pada rambut sebelum berkeramas secara rutin.

Haluskan alpukat dan balurkan pada rambut. Biarkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan bersih. Gunakan sampo untuk memastikan kulit kepala dan rambut benar-benar bersih.

Alpukat akan membantu rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Hasilnya, rambut akan jadi lebih bersinar dan lembut. Helai rambut tidak kering lagi.

4. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal mempunyai khasiat yang luar biasa untuk meremajakan tubuh. Caranya cukup sederhana. Basahi rambut hingga terasa agak lembab. Kemudian balurkan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala dan helaian rambut. Gunakan minyak secukupnya saja.

Biarkan hingga 15-20 menit. Bilaslah rambut dengan menggunakan sampo yang biasa kamu gunakan. Jika dilakukan secara rutin, kamu akan memeroleh rambut yang bebas kering.

5. Menggunakan Madu

Selain dikonsumsi, madu juga sangat baik untuk menjaga kelembutan helai rambut. Madu dapat melembabkan sekaligus menjaga agar helainya tidak rusak dan mudah patah. Kamu bisa melakukan perawatan ini sendiri di rumah.

BACA JUGA  Inilah 5 Tips Perawatan Wajah Berjerawat yang Harus Kamu Coba

Cara merawatnya sangat mudah dilakukan. Pastikan kamu menggunakan madu murni tanpa campuran. Gunakan sesendok madu dan aduk dalam 4 gelas air. Aduk hingga keduanya tercampur dengan baik.

Balurkan campuran madu dan air ini ke seluruh bagian kepala. Pastikan merata menutupi seluruh kulit dan helaian rambut. Biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bilas dengan air dan sampo. Cuci rambut hingga bersih.

mengatasi rambut kering dengan minyak zaitun

Minyak Zaitun Bisa Membantu Mengatasi Rambut Kering (inat.com)

Lakukan 2 kali dalam sepekan. Jika cara ini rutin dilakukan, khasiatnya akan terlihat. Madu akan membantu merawat dan mengatasi rambut kering kamu.

Selain melakukan beberapa cara di atas, kamu perlu juga memerhatikan kondisi rambut saat beraktivitas. Rambut yang terkena sinar matahari terlalu lama, terpapar AC, atau terkena asap kendaraan akan mengakibatkannya menjadi kering dan kusam.

Sebaiknya gunakan pelindung sehingga rambut tidak terpapar secara langsung. Entah topi, scarf, atau kerudung, pilihlah yang paling sesuai dengan diri kamu. Ingat, merawat dan mengatasi rambut yang kering tidak bisa secara instan. Membutuhkan proses untuk mengembalikan kesehatan rambut kamu.

Jadi, siap mencoba cara merawat dan mengatasi rambut kering tadi? Pastikan jaga asupan gizi dan hindari dehidrasi, ya. Percaya atau tidak, tubuh yang bernutrisi akan memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan rambut kamu.

Komen di sini ya...