Inilah 10 Film Jepang Terbaru yang Menjadi Box Office di Awal 2016

Selain bentang alam yang mempesona, ditambah karakter penduduknya yang kuat, Jepang juga terkenal dengan industri kreatifnya. Komik buatan Jepang selalu menjadi bacaan yang dinanti tidak hanya di Jepang sendiri, namun merambah hingga seluruh dunia. Selain komik, Jepang juga terkenal dengan industri perfilmannya, bahkan beberapa film mengadaptasi cerita komik yang sedang populer disana. Adaptasi komik itu biasanya muncul sebagai anime movie. Tahun 2016 ini pun, banyak film terbaru produksi sineas Jepang yang mampu menembus box office di negeri sakura itu.

Dilansir dari Wikipedia, inilah 10 film Jepang terbaru di 2016 yang sukses menembus box office di sana selama Januari – Februari 2016:

1. Nobunaga Concerto: The Movie

Film Terbaru Nobunaga Concerto

Poster Film Nobunaga Concerto (wxuse.com)

Film ini mulai ditayangkan di Jepang pada 23 Januari 2016. Film yang mengadaptasi komik berjudul sama karya Ayumi Ishii ini pernah diangkat ke layar kaca Jepang pada 2014 lalu. Nobunaga Concerto bercerita tentang petualangan seorang siswa SMA bernama Saburo yang melakukan perjalanan ke masa lalu.

Saburo berpetualang ke zaman Sengoku. Tak disangka, di sana Saburo bertemu dengan Oda Nobunaga yang memiliki wajah sangat mirip dengannya. Oda Nobunaga pun meminta Saburo menggantikan posisinya untuk sementara. Film ini disutradarai oleh Hiroaki Matsuyama dan dibintangi oleh Shun Oguri, Kou Shibasaki, Osamu Mukai, Takayuki Yamada, dan Kiko Mizuhara.

2. Saraba Abunai Deka

Film Terbaru Saraba Abunai Deka

Poster Saraba Abunai Deka (heritager.com)

Film yang dibuat berdasarkan serial televisi Abunai Deka ini telah rilis sejak 30 Januari 2016 di Jepang. Film ini bergenre action dan disutradarai oleh Toru Murakawa. Sineas ternama Jepang banyak yang meramaikan film ini, namun bintang utamanya adalah Hiroshi Tachi dan Kyohei Shibata. Saraba Abunai Deka bercerita tentang petualangan dua orang polisi dalam aksi mereka menuntaskan kasus kriminalitas.

3. Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016

Film Doraemon 2016

Poster Doraemon 2016 (discuss.com.hk)

Tentunya banyak penonton tanah air yang sudah familiar dengan karakter film ini. Ya, Doraemon adalah serial televisi yang sudah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia sejak lebih dari satu dekade lalu. Mengulang sukses beberapa film Doraemon sebelumnya, kali ini, film Doraemon bercerita tentang petualangan Doraemon, Nobita dan kawan-kawan melintasi mesin waktu ke zaman prasejarah. Mereka melihat Jepang di masa 70.000 tahun yang lalu.

BACA JUGA  3 Film Lucu Terbaru Ini Akan Membuatmu Ingin ke Bioskop

Film ini disutradarai oleh Shinnosuke Yakuwa, yang juga sekaligus merangkap penulis skenarionya. Film ini merupakan film remake dari judul yang sama dan dirilis pada tahun 1989. Saat itu, film tersebut mendulang sukses dengan 4,2 juta penonton selama pemutarannya. Film Doraemon: Nobita and the Birth of Japan telah dirilis di Jepang pada 5 Maret 2016.

4. Kizumonogatari Part 1: Tekketsu

Film Jepang Kizumonogatari

Poster Kizumonogatari (cineplex.com)

Film ini adalah film animasi bergenre horor yang disutradarai oleh Tatsuya Oishi dan diadaptasi dari novel ringan karya Nisio Isin. Kizumonogatari bagian pertama ini bercerita tentang seorang siswa SMA bernama Koyomi Araragi yang membuktikan rumor adanya gadis vampire bule yang bergentayangan di lingkungannya. Si gadis vampire ternyata sedang dalam bahaya dan meminta Koyomi untuk menyelamatkannya dengan memberikan darah Koyomi padanya. Koyomi menuruti permintaan gadis vampire itu dan saat dia bangun, Koyomi sudah berubah menjadi vampire.

Film ini sudah dirilis di Jepang pada 8 Januari 2016 lalu dan akan dilanjutkan dengan Kizumonogatari Part 2 : Nekketsu-hen yang dijadwalkan tayang pada musim panas 2016.

5. Born in the Exile: Sandaime J Soul Brothers no Kiseki

Film Dokumenter boyband Jepang

Poster Born in the Exile (ameblo.jp)

Film ini adalah film dokumenter dari perjalanan boyband Jepang, Sandaime J Soul Brothers dan telah dirilis di bioskop Jepang pada 12 Februari 2016. Selain menceritakan tentang perjalanan terbentuknya boyband tersebut, film ini juga menyajikan footage dari tour mereka bertajuk “Blue Planet”.

6. Pink and Gray

Film Jepang Pink and Gray

Tokoh Utama Pink and Gray (aramajapan.com)

Film drama ini telah dirilis di Jepang pada 9 Januari 2016 lalu. Film yang disutradarai oleh Isao Yukisada ini dibintangi oleh Yuto Nakajima, Masaki Suda dan Kato. Pink and Gray merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Shigeaki Kato.

BACA JUGA  Daftar Film Drama Korea Ini Dijadwalkan Tayang Tahun 2016

Film ini bercerita tentang Shireki Rengo, artis papan atas Jepang yang ditemukan bunuh diri oleh sahabatnya, Kawada Daiki. Sebelum bunuh diri, Rengo meninggalkan catatan, yang juga ditemukan oleh Daiki di samping jasad Rengo. Dalam catatan itu Rengo berpesan agar Daiki menulis dan menerbitkan biografi Rengo hingga ia sesukses sekarang, kesuksesan yang didambakan Daiki. Merasa penasaran dengan pesan tersebut, alih-alih menuliskan biografi Rengo, Daiki pun memutuskan untuk mencari tahu fakta dibalik kematian sahabatnya.

7. Kurosaki-kun no Iinari ni Nante Naranai

Film Terbaru Jepang, Kurosaki-kun

Poster Kurosaki-kun (ameblo.jp)

Film ini diadaptasi dari seri komik komedi romantis Jepang karya Makino. Pada Desember 2015, komik ini sudah diangkat ke televisi dalam bentuk drama miniseri. Sedangkan filmnya sendiri baru dirilis di Jepang pada 27 Februari 2016 lalu.

Film ini berkisah tentang kehidupan anak-anak SMA, dimana diceritakan seorang siswa bernama Kurosaki adalah pemuda yang arogan karenanya dia dijuluki Black Devil. Kurosaki bersahabat dengan Takumi yang lembut dan baik hati, karenanya Takumi mendapat julukan White Prince.

Suatu hari, sekolah mereka kedatangan siswi baru bernama Yu. Yu mendapat dua perlakuan berbeda dari sepasang sahabat tadi. Akhirnya mereka terlibat dalam cinta segitiga yang seru. Film ini dibintangi oleh Kento Nakajima, Nana Komatsu, dan Yudai Chiba.

8. The Inerasable

Film Horor Jepang

Poster The Inerasable (japanesestation.com)

Film yang dirilis di Jepang pada 30 Januari 2016 ini juga merupakan adaptasi dari novel horor laris karya Fuyumi Ono berjudul Zang-e. Premiere tayangan dunia untuk film ini diadakan di The 28th Tokyo International Film Festival pada 25 Oktober 2015.

The Inerasable disutradarai oleh Yoshihiro Nakamura dan dibintangi oleh Yuko Takeuchi. Film ini menceritakan tentang pengalaman menakutkan yang dialami seorang mahasiswi bernama Kubo di apartemennya. Pengalaman ini kemudian dituliskan oleh Kubo dan dikirimkannya kepada novelis bernama pena Watashi, yang memang sedang meminta pembacanya untuk mengirimkan cerita-cerita horor yang mereka alami.

BACA JUGA  Return of The Condor Heroes dan 4 Serial Silat Mandarin yang Melegenda

Di saat yang sama, Watashi mendapatkan kiriman cerita horor dari pembaca yang lain namun berlokasi di apartemen yang sama. Akhirnya Kubo dan Watashi pun bekerjasama untuk menguak misteri di apartemen tersebut.

9. Jinsei no Yakusoku

Film Jepang Jinsei no Yakusoku

Poster Jinsei no Yakusoku (minkara.carview.co.jp)

Jinsei no Yakusoku adalah film drama Jepang yang disutradarai oleh Kan Ishibashi. Film ini telah rilis pada 9 Januari lalu di Jepang. Yutaka Takenouchi, Yosuke Eguchi dan Tori Matsuzaka adalah para sineas papan atas Jepang yang membintangi film ini.

Jinsei no Yakusoku menceritakan kehidupan seorang eksekutif muda bernama Yuma Nakahara. Yuma adalah seorang CEO dari perusahaan IT yang sangat workaholic. Suatu hari, Yuma mendapat telepon dari mantan rekan kerja dan sahabatnya, Kouhei, namun Kouhei tidak mengatakan apapun dalam telepon itu. Yuma yang berkeyakinan bahwa ada sesuatu yang tidak beres, akhirnya mengunjungi Kouhei di kampung halamannya, Shinminato. Tak disangka, disanalah kehidupan Yuma mulai berubah.

10. Shuriken Sentai Ninninger vs. ToQger the Movie: Ninja in Wonderland

Film Super Sentai Jepang

Poster Ninninger vs ToQger (listal.com)

Film ini telah dirilis di Jepang pada 23 Januari 2016 lalu. Menariknya, film ini menggabungkan karakter dan pemain dalam serial televisi berjudul Shuriken Sentai Ninninger dan Ressha Sentai ToQger. Film yang disutradarai oleh Shojiro Nakazawa ini bercerita tentang The Ninningers yang menghadapi musuh barunya, yaitu Dark Doctor Mavro yang menciptakan versi jahat dari Aka Ninger untuk menjadi prajuritnya.

Doctor Mavro sebelumnya mencuri nintalitas dari Aka Ninger yang asli. Karenanya, nyawa Takaharu (sang karakter utama) menjadi terancam. Saat harapan hampir habis, The Ninningers bertemu dengan The ToQgers, akhirnya mereka menyatukan kekuatan untuk mengalahkan Doctor Mavro. Film ini diramaikan oleh penampilan dari Takaharu Igasaki, Yakumo Kato, Nagi Matsuo, dan kawan-kawan.

Itulah review dari 10 film Jepang terbaru yang sukses menembus box office di Jepang. Semoga saja film-film di atas dapat masuk ke bioskop kita. Selain 10 film di atas, masih ada film lain yang diyakini penayangannya nanti akan meraih box office, yaitu Detective Conan: Junkoku no Nightmare dan One Piece: Gold. Pasti sudah pada tidak sabar menantinya kan?

Komen di sini ya...