Inilah 4 Film Horror Indonesia yang Sukses di Bioskop

Bagi para pecandu adrenalin dan dunia mistis, menonton film horror dan thriller pastilah menyenangkan. Jantung berdebar menyaksikan adegan demi adegan dan menanti kapan si hantu muncul, juga mengikuti sepak terjang si tokoh utama saat ‘melawan’ hantu sudah tentu menjadi sensasi memicu adrenalin tersendiri. Itulah kenapa kehadiran film horor di layar lebar selalu dinanti para penggemarnya.

Valak dan Film Horror Indonesia

Film Horor Conjuring 2 (kabar24h.com)

Contoh teranyar adalah film Hollywood, Conjuring 2 yang sukses mengundang animo orang untuk menontonnya di bioskop. Bahkan tokoh hantu dalam film tersebut, Valak, menjadi jauh lebih terkenal dibanding filmnya sendiri. Valak banyak digambarkan dalam berbagai meme yang beredar di media sosial. Nah, ternyata film-film horror Indonesia tidak kalah menegangkan lho. Inilah, 4 film horror Indonesia yang pernah mencatat kesuksesan di bioskop.

Sebuah film dikatakan sukses di bioskop apabila mampu mengundang penonton dengan jumlah banyak, sehingga film tersebut dapat tayang lebih lama di bioskop. Tak dapat dipungkiri memang, tidak semua film dapat sukses bersaing dengan film lain. Akhirnya penontonlah yang menjadi faktor penentu kesukseskan sebuah film. Untuk genre horor, inilah film-film yang ditayangkan dalam kurun waktu 2007-2015, dan sukses mengundang penonton lebih dari 500.000 orang selama penayangannya :

1. Hantu Ambulance [2008]

Rilis pada 21 Februari 2008, film ini sukses menarik penonton sebanyak 862.193 orang. Film besutan sutradara Koya Pagayo ini bercerita tentang seorang wanita bernama Gina yang memasang pesugihan untuk membuat keluarganya kaya. Namun sayang, kekayaan didapatnya dengan memakan tumbal. Satu demi satu keluarganya tewas oleh makhluk gaib pesugihannya, dan menyisakan Rano, anak semata wayang Gina.

BACA JUGA  Sedang Patah Semangat? 3 Film Ini Dijamin Dapat Membangkitkan Kembali Motivasimu

Saat beranjak dewasa, Rano bersama teman-temannya kuliah di Bandung. Di sana, mereka tinggal di sebuah rumah yang merupakan rumah masa lalu Rano. Di rumah itu terparkir sebuah mobil ambulans yang terkenal mistis. Satu demi satu kejadian mengerikan terjadi di rumah itu, terutama mobil ambulans yang terus menerus memakan korban. Akhirnya terkuaklah rahasia keluarga Rano yang selama ini disimpan rapat oleh neneknya, Widya. Rano pun mencoba mematahkan kutukan dalam keluarganya dengan caranya sendiri.

Film ini dibintangi oleh Elvita Sambuaga, Dimaz Andrean, William Alvin, Ratna Galih, Fitri Ayu, dan Suzanna. Ini merupakan kemunculan akting Suzanna pada film horor sejak 1991. Setelah membintangi film ini, Suzanna meninggal dunia.

2. Pulau Hantu [2007]

Pulau Hantu Film Horror Indonesia

Poster Pulau Hantu (cinematerial.com)

Rilis pada 31 Oktober 2007, film ini sukses menarik minat 650.000 pasang mata untuk menontonnya. Film besutan sutradara kondang Jose Poernomo ini dibintangi oleh Ricky Harun, Kartika Ayuningtyas, Yediael Luntungan, Indri Yanuarti, Ufara Dzikri, Bramasto, dan kawan-kawan.

Pulau Hantu bercerita tentang delapan sahabat yang berwisata menggunakan kapal pesiar. Namun, tanpa mereka prediksi, kapal pesiar berbelok arah dan menurunkan mereka di sebuah pulau kecil yang indah. Kedelapan sahabat itu akhirnya memutuskan untuk menghabiskan liburan mereka di pulau itu, tanpa mereka sadari ada bahaya yang mengintai mereka. Benar saja, saat mereka sedang asyik liburan, roh penunggu pulau mulai menghabisi nyawa mereka satu per satu.

BACA JUGA  Inilah 10 Film Animasi Terbaru yang Layak Kamu Tunggu

3. Pocong 3 [2007]

Pocong 3 rilis pada 11 Oktober 2007 dan berhasil menarik penonton sebanyak 600.000 orang. Monty Tiwa, salah satu sutradara handal Indonesia, dipercaya menggarap film ini. Pocong 3 bercerita tentang kehidupan seorang DJ wanita bernama Putri. Pada suatu hari Putri dikejutkan dengan berita kematian ayahnya yang telah meninggalkan keluarga mereka selama sepuluh tahun tanpa penjelasan, bahkan sampai ia meninggal.

Setelah mengunjungi makam ayahnya, Putri mulai mengalami kejadian-kejadian aneh di luar akal sehat. Hal itu membuat pekerjaan dan hubungannya dengan teman-teman dekatnya terganggu. Akhirnya, Putri memutuskan untuk menemui Laksmi, adik kandung ayahnya. Laksmi sudah memperingatkan Putri beberapa hari setelah kematian ayahnya. Karenanya, Putri yakin, Laksmi dapat membuka misteri dari kejadian demi kejadian yang dialaminya.

Selain alur cerita yang menarik, Pocong 3 juga didukung oleh kemampuan akting para pemainnya yaitu Francine Roosenda, Darius Sinathrya, Gary Iskak, Elmayana Sabrenia, Rina Hassim, H. Chairudin Marzuki, Ajeng Sardi, Donny Nugroho, dan Nadjya A Wijaya.

4. Kuntilanak 2 [2007]

Kuntilanak Legenda Horor Indonesia

Poster Kuntilanak 2 (cinematerial.com)

Kuntilanak 2 merupakan film horor kesekian yang disutradarai oleh sutradara kondang Rizal Mantovani. Film ini rilis pada 10 Oktober 2007. Kuntilanak 2 dibintangi oleh Julie Estelle, Ibnu Jamil, Piet Pagau, Evan Sanders, dan Lita Soewardi. Film yang merupakan sekuel dari film sebelumnya berjudul sama ini sukses mendatangkan 550.000 penonton.

Kuntilanak 2 bercerita tentang Samantha yang pindah ke tempat kost baru dan tinggal bersama keluarga sederhana. Sementara itu, pengikut Sekte Mangkoedjiwo memburu Samantha agar mau menjadi pengikutnya. Ini dilakukan agar Kuntilanak tetap berada di bawah kendali sekte sesat itu. Samantha sendiri mengalami dilema antara ingin menjadi baik atau menjadi sosok jahat yang bisa memanggil Kuntilanak untuk menyingkirkan orang-orang yang mengganggunya. Beruntung, Samantha mendapatkan cinta yang demikian besar dari Agung sehingga sanggup mengubahnya menjadi pribadi yang baik. Namun, Agung harus berpacu dengan Sekte Mangkoedjiwo yang juga menginginkan jiwa gadis itu.

BACA JUGA  10 Film Perjuangan Kemerdekaan Ini Akan Bikin Kamu Makin Cinta Indonesia

Nah, bagaimana? Sudahkah film-film tersebut kalian tonton? Dijamin tidak kalah menegangkan dibanding Conjuring dengan Valak-nya lho.

Komen di sini ya...