Film Peter Pan dari Masa ke Masa, Mana yang Paling Sukses?

Tokoh rekaan J.M. Barrie ini memang tidak lekang oleh waktu. Bermula dari kisah teater, Peter Pan kemudian berkembang menjadi film layar lebar. Peter Pan berkisah mengenai anak yang menolak dewasa dan petualangannya di negeri ajaib, Neverland. Bersama Wendy dan saudara-saudaranya, mereka mempertahankan tempat tinggalnya dari Kapten Hook dan tim bajak lautnya.

Hollywood pun mengemas film ini dari beberapa sudut pandang cerita. Tercatat sejak tahun 1924 hingga film Peter Pan terbaru pada tahun 2015 lalu, terdapat 5 film Peter Pan yang pernah dirilis. Lalu, tahukah kamu mana film yang meraup paling banyak keuntungan? Berikut ulasannya.

Peter Pan (1924)

Film Pertama Peter Pan

Peter Pan – 1924 (pinterest.com)

Inilah pertama kalinya kisah Peter Pan difilmkan. Film bisu ini benar-benar mengikuti plot cerita aslinya. Diperankan oleh Betty Bronson, film Peter Pan ini meraih banyak pujian karena kemampuannya untuk menampilkan efek khusus. Efek yang digunakan bertujuan untuk menampilkan sosok Tinker Bell, peri yang bersahabat dengan Peter.

Film berbujet sekitar 40 ribu dollar ini telah memesona banyak kalangan. Hal yang kemudian mendorong ditampilkannya film ini di Jerman. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai keberhasilan perolehan film ini di masa tersebut.

Peter Pan (1953)

Film Layar Lebar Kedua Peter Pan

Peter Pan – 1953 (themindreels.com)

Jika sebelumnya Peter Pan dibuat berupa film bisu, maka ini adalah versi animasi pertamanya. Film garapan Walt Disney ini memfokuskan kisah pada Peter Pan yang mencari bayangannya yang hilang hingga tanpa sengaja berkunjung ke kamar Wendy dan saudara-saudaranya. Petualangan Peter yang mengajak Wendy bersaudara ke negeri ajaib ini segera menjadi favorit anak-anak di kala itu.

BACA JUGA  Selain TV dan Audio, Persiapkan Barang Ini Untuk Membuat Bioskop Mini di Rumah

Film animasi ini meraup keuntungan yang sangat besar, sehingga disebut sebagai film dengan penghasilan kotor tertinggi pada tahun 1953. Kesuksesan ini yang kemudian mendorong dibuatnya sekuel film animasi ini yang berjudul Return to Neverland. Meskipun kemudian film sekuel ini tidak sesukses film pertamanya.

Hook (1991)

Film tentang peter pan

Hook (bdfci.info)

Peter menjadi dewasa. Inilah plot cerita yang berbeda dari kisah-kisah Peter Pan sebelumnya. Dalam kisah ini, Peter Pan tumbuh dewasa dan beralih nama menjadi Peter Banning. Peter yang diperankan oleh Robin Williams ini digambarkan telah menjadi seorang pengacara sukses.

Telah berkeluarga dan dikaruniai 2 orang anak sebagai buah pernikahannya dengan cucu Wendy, Peter telah sepenuhnya lupa siapa dirinya. Hal yang kemudian berubah di saat Hook menculik kedua anaknya. Peter pun harus kembali menjadi Pan.

Film ini sangat sukses dan berhasil meraih nominasi dalam Academy Awards ke 64. Jajaran pemainnya pun adalah nama-nama yang sangat terkemuka di Hollywood, di antaranya Tinker Bell yang diperankan oleh Julia Roberts dan Hook yang diperankan oleh Dustin Hoffman.

Hook yang berbujet 70 juta dollar ini berhasil meraih keuntungan hingga 300,9 juta dollar. Angka yang fantastis meski disebut-sebut gagal meraih target perolehan yang diinginkan. Penasaran seperti apa filmnya? Silakan saksikan saja sendiri.

Peter Pan (2003)

Film Keempat Peter Pan

Peter Pan – 2003 (pinterest.com)

Kali ini Peter Pan benar-benar diperankan oleh anak kecil. Plot ceritanya dibuat serupa dengan kisah Peter Pan ala Disney. Cerita bermula saat Peter mengejar bayangannya yang melarikan diri, hingga ia masuk ke kamar Wendy dan saudara-saudaranya.

BACA JUGA  Lagi Galau? Tonton 10 Film Komedi Ini Agar Hari Kamu Cerah Kembali

Petualangan pun dimulai tatkala Peter mengajak mereka menuju Neverland. Di film ini, kisah dititikberatkan pada peralihan Peter menjadi dewasa. Hal yang digambarkan dengan Peter yang menemukan cintanya kepada Wendy.

Film Peter Pan ini berhasil memperoleh keuntungan hingga 122 juta dollar. Meski jika dilihat tidak sebanding dengan bujet yang mencapai 130 juta dollar. Film ini cukup menarik untuk dilihat, walau kurang twist yang diharapkan muncul dalam kisah bocah yang tidak ingin dewasa ini.

Pan (2015)

Film Kelima Peter Pan

Pan (baystateparent.com)

Nah, inilah versi terbaru dari film Peter Pan. Ceritanya bisa dibilang memiliki alur yang berbeda dengan film-film terdahulu. Di film ini, justru Peter menjadi sekutu bagi Kapten Hook.

Meski gagal secara perolehan keuntungan, film ini mempunyai alur kisah yang sangat menarik untuk disaksikan. Uniknya, film ini justru yang menggambarkan kisah prekuel dari cerita Peter Pan ala J.M. Barrie yang asli.

Secara keseluruhan, kesuksesan film Peter Pan justru diperoleh dari film Hook. Mengingat inilah satu-satunya film Peter Pan yang berhasil memperoleh nominasi dari ajang penghargaan tertinggi dunia perfilman, Academy Awards. Lalu, bagaimana menurut kamu? Yang manakah film Peter Pan favoritmu?

Komen di sini ya...