Inilah 7 Keluhan yang Biasa Dialami Ibu Hamil

Saat hamil adalah momen yang membahagiakan. Meski demikian, tetap saja ada tantangan yang harus dihadapi oleh ibu hamil. Beragam keluhan yang dialami oleh ibu hamil akan diulas di sini.

Ragam Keluhan Ibu Hamil

Ibu Hamil (phow.ir)

Tentu saja, ada beberapa pengecualian. Ada juga ibu hamil yang sama sekali tidak mengalami keluhan apa pun selama masa kehamilan hingga persalinannya. Tapi, tidak jarang pula yang mengalami seluruh keluhan berikut ini.

1. Mual

Rasa mual biasanya muncul di pagi hari. Sebagian orang mengalaminya sepanjang waktu pada usia kehamilan trimester pertama hingga pertengahan trimester kedua. Namun, ada juga yang mengalaminya sepanjang masa kehamilan sampai jelang waktu persalinan.

2. Kram Otot

Kram pada otot kaki sangat lumrah dialami oleh ibu selama kehamilan. Bobot tubuh yang berubah memengaruhi daya tahan otot kaki. Kram otot ini umumnya hanya terjadi pada bagian kaki, tapi ada juga yang mengalaminya di bagian tubuh lain seperti perut dan lengan. Perlu kamu ketahui, kram ini akan semakin terasa seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

3. Mudah Mengantuk

Perubahan hormon tubuh yang signifikan akan memengaruhi tubuh sehingga jadi lebih mudah merasa ngantuk. Biasanya hal ini terjadi di awal kehamilan dan di saat jelang kelahiran si kecil. Ini sebabnya produktivitas seorang ibu hamil cenderung menurun. Dan memang sebaiknya saat hamil, kamu perlu menambah porsi istirahatmu. Tujuannya, agar si janin tumbuh dengan optimal.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil?

4. Cepat Lelah

Nah, lagi-lagi perubahan hormon jadi penyebab kenapa ibu hamil lebih cepat lelah. Tubuh akan mengalami perubahan dan penyesuaian dengan hadirnya sang buah hati. Hal yang menyebabkan kebutuhan ibu untuk rileks meningkat.

Lelah dan Mengantuk Bagi Ibu Hamil

Cepat Lelah dan Mudah Mengantuk (pixabay.com)

Saat ibu hamil mulai merasa lelah, sebaiknya segera beristirahat. Jangan lupa tambah porsi asupan makanan yang bergizi bahkan jika perlu konsumsilah multi vitamin. Ingat, jangan sampai perkembangan janin terganggu karena padatnya aktivitas.

5. Sakit Pinggang

Keluhan ibu hamil yang satu ini disebabkan oleh kondisi janin yang sudah mulai membesar dan mulai bergerak ke arah panggul. Biasanya sakit pinggang terjadi pada akhir trimester kedua dan sepanjang trimester ketiga. Jadi jangan khawatir, ya.

6. Kesemutan

Kaki dan tangan jadi sering kesemutan. Itulah keluhan ibu hamil yang muncul saat bobot tubuh meningkat dengan cepat. Terlebih jika kontrol terhadap makanan agak kurang. Untuk keluhan yang satu ini, kamu perlu ekstra waspada.

Kesemutan juga menjadi salah satu ciri gangguan peredaran darah. Akibatnya bisa beragam dan yang paling berbahaya adalah gangguan yang berdampak buruk pada janin. Jadi jangan sepelekan kesemutan, jika terjadi pada beberapa bagian tubuh dan berdurasi lama.

7. Sembelit

Keluhan sembelit biasa dialami saat masa kehamilan makin besar. Konsumsi serat sangat penting bagi ibu hamil. Terkadang, sebagian ibu hamil hanya mengandalkan pil vitamin atau jus untuk menambah porsi gizi dan serat tubuh. Padahal, justru memakan buah dalam bentuk aslinya justru lebih dianjurkan.

BACA JUGA  Sering Terlambat Datang Bulan? Ini 5 Cara Mengatasinya

Selain itu, ibu hamil tidak boleh mengabaikan kebutuhan serat dari sayuran. Makanan laut dan serealia juga baik bagi pencernaan ibu. Perlu kamu ketahui, terkadang susu kehamilan bisa menyebabkan sembelit bagi sebagian orang. Jadi, kamu bisa menggantinya dengan susu lainnya.

Salah Satu Keluhan Ibu Hamil

Sembelit Saat Hamil (ibudanbalita.com)

Jika keluhan yang kamu alami terasa tidak tertahankan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandunganmu, ya. Karena untuk sebagian orang, keluhan bisa jadi sangat mengganggu. Tapi, jangan juga jadi membatasi aktivitas sehingga kesehatanmu jadi terganggu, lho. Tetaplah seimbang dalam menjalani rutinitasmu selama kehamilan, maka janin akan sehat dan berkembang sempurna.

Komen di sini ya...