10 Pantangan Ini Wajib Dihindari Para Ibu Hamil Muda

Kehamilan adalah periode yang membahagiakan bagi para wanita. Saat sekarang ini, ibu muda yang akan dikaruniai buah hati harus lebih pandai dalam menjaga kehamilannya. Terlebih akses informasi yang sangat mudah diperoleh, baik melalui internet atau forum bagi ibu yang sedang hamil muda.

Sayangnya, kadang informasi yang salah bisa mengakibatkan ibu hamil justru bingung dan merasa khawatir berlebihan terhadap kandungannya. Nah, supaya tidak salah paham, baiknya kamu simak dulu beberapa pantangan yang diulas di sini. Jangan cemas, ulasan ini bebas mitos, kok.

1. Makanan Mentah

Makanan Mentah Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Hindari Makanan Mentah (santeinfos.net)

Mentah atau setengah matang. Keduanya pantangan bagi ibu yang sedang hamil muda. Janin yang masih berkembang pada trimester pertama kehamilan sangat rentan akan infeksi bakteri atau virus.

Makanan yang mentah atau setengah matang masih memungkinkan menjadi perantara bagi kuman yang bersifat patogen. Efeknya terhadap janin bisa beragam, tergantung pada infeksinya. Mulai dari kecacatan fisik, sampai pada janin gagal berkembang.

2. Mengonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda kaya dengan kandungan karbondioksida. Tingginya kadar karbondioksida dalam tubuh dapat mengurangi oksigen dalam darah. Akibatnya bukan hanya akan dirasakan oleh ibu, tapi juga oleh janin di dalam rahim ibu.

Minuman bersoda juga bisa menyebabkan janin juga kekurangan kemampuan untuk menyerap asupan gizi dari ibu. Efeknya adalah bobot janin yang sulit meningkat. Untuk itu, jauhi minuman bersoda jenis apapun, meski disebut kandungan sodanya rendah.

BACA JUGA  Seperti Apakah Kondisi Pertumbuhan Bayi Dalam Kandungan Setiap Minggunya?

3. Mengonsumsi Durian

Bagi penggemar berat durian, buah ini bisa dikatakan sebagai “buah surgawi”. Namun perlu diketahui para ibu hamil, durian mengandung asam arachidonat serta alkohol. Keduanya tidak baik bagi pertumbuhan janin yang masih rentan dan butuh gizi yang tinggi. Tidak hanya akan membahayakan janin, namun bisa juga menimbulkan bayi lahir prematur di kemudian hari. Efek lainnya adalah berat badan janin yang rendah.

4. Begadang

Kurang istirahat berakibat buruk bagi kesehatan. Karena tidur yang cukup di malam hari sangat dibutuhkan untuk pembentukan darah dan regenerasi sel tubuh. Terlebih bagi ibu yang sedang hamil muda.

Ibu Hamil Muda Jangan Begadang

Tidur yang Cukup (healthypregnancy.com)

Saat trimester pertama, ibu cenderung merasa lemah, mudah lelah, dan sering merasa sakit. Entah sakit di pagi hari yang sering disebut sebagai morning sickness atau merasa sulit tidur karena tubuh terasa tidak nyaman. Bayangkan jika dalam kondisi tubuh yang sedang menyesuaikan dengan adanya janin dalam tubuh ini tidak memeroleh porsi tidur yang cukup, maka ibu berpotensi kehilangan bayinya.

5. Mengonsumsi Minuman Berkafein

Kamu penggemar minuman berkafein? Baiknya batasi dulu konsumsi kafein di masa awal kehamilanmu. Kafein cenderung meningkatkan denyut jantung dan membuat dehidrasi. Hal yang bisa mengganggu asupan oksigen dalam darah, sekaligus mengurangi kebugaran tubuh ibu yang sedang hamil.

Perlu kamu ketahui, bahwa minuman berkafein tidak cuma kopi, lho. Semua jenis teh juga memiliki kandungan kafein. Batasi konsumsinya, bahkan hentikan sementara jika tidurmu juga jadi terganggu. Ingat, ibu hamil sangat butuh istirahat yang mendukung perkembangan janin secara optimal.

BACA JUGA  Duhai Bunda, Pilihlah Busana yang Pantas Untuk Anakmu

6. Stres

Menjaga pikiran tetap positif adalah salah satu yang wajib kamu lakukan saat sedang mengandung. Jangan salah, stres dapat memicu peningkatan produksi hormon oksitosin yang mengganggu sistem pencernaanmu. Terlebih jika kamu adalah wanita karir dengan kesibukan yang menggunung. Kamu harus pandai mengatur waktu dan memprioritaskan kesehatan janinmu ketimbang kerja.

7. Aktivitas Fisik Berlebihan

Berolahraga sangat baik dilakukan secara rutin. Tetapi, lain halnya dengan beraktivitas berat secara berlebihan. Memaksakan tubuh untuk melakukan gerakan yang tidak rutin dilakukan dapat membuat kontraksi pada rahim. Akibatnya, janin yang baru mulai berkembang bisa terlepas dari rahim, sehingga kamu mengalami keguguran.

8. Merokok

Baik merokok aktif maupun pasif, keduanya sangat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Pastikan kamu menghentikan kebiasaan merokok bahkan saat kamu mulai merencanakan kehamilan. Selain itu, kamu juga perlu menjauhi lingkungan yang tercemar asap rokok. Jika perlu, gunakan masker khusus atau mintalah pengertian orang-orang di sekitarmu untuk tidak merokok di dekatmu.

9. Meminum Alkohol

Wanita Hamil Muda Jangan Minum Alkohol

Jangan Meminum Alkohol dan Minuman Bersoda (anandabazar.com)

Alkohol tidak hanya dapat mengakibatkan berat badan yang rendah hingga kecacatan pada janin. Terkadang bahkan juga bisa menyebabkan janin tidak tumbuh dan gugur. Resiko akibat konsumsi alkohol cenderung bersifat jangka panjang, efeknya kamu bahkan bisa kesulitan untuk hamil lagi.

10. Mengonsumsi Obat di Luar Resep Dokter

Beberapa orang memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan yang dijual di pasaran. Entah hanya karena sakit kepala atau mungkin penyakit lainnya. Pada masa awal kehamilan akan sangat bijak untuk meminta pendapat dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi obat apapun. Ingat, konsekuensinya adalah gangguan pada kesehatan janin yang kadang sulit dideteksi selama kehamilan.

BACA JUGA  Wajahmu Tampak Kusam? Coba Cara Ini Untuk Memutihkannya

Buat kamu yang mungkin sedang merencanakan untuk memiliki momongan, jangan lupa untuk menjauhi pantangan di atas, ya. Memang, pantangan untuk ibu yang sedang hamil muda cukup banyak. Tapi, yang paling penting kehamilanmu terjaga kesehatannya.

Komen di sini ya...