Seperti Apakah Kondisi Pertumbuhan Bayi Dalam Kandungan Setiap Minggunya?

Hamil adalah kebahagiaan yang tak tergantikan bagi kaum hawa. Tidak dapat dimungkiri, ketika mengandung, rasa penasaran akan masa pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam rahim kita pasti timbul. Nah, informasi pertumbuhan bayi dari minggu ke minggu berikut ini bisa jadi akan menjawab rasa ingin tahu para ibu hamil.

Kehamilan Minggu ke-1

Pada periode ini, pembuahan mulai terjadi. Inilah momen sperma akan bertemu dengan ovum. Janin masih belum terbentuk. Umumnya pada masa ini, para ibu hamil belum merasakan perubahan tubuh. Periode menstruasi pun baru akan berakhir. Hari terakhir haid lah yang akan menjadi dasar perhitungan masa kehamilan.

Kehamilan Minggu ke-2

Pada masa ini masih terjadi ovulasi. Saat ini sperma terkuat akan berhasil membuahi ovum. Dinding rahim yang menebal, menandakan kesiapannya untuk menanam benih janin. Fertilisasi sedang berlangsung.

Momen inilah yang menentukan bentuk wajah, jenis kelamin, kecerdasan, bahkan ciri fisik lainnya dari janin. Jadi, mitos saja ya, bahwa mengubah jenis kelamin saat janin telah terbentuk. Karena, kromosom yang menentukan kelamin sudah ada tatkala pembuahan sudah terjadi.

Kehamilan Minggu ke-3

Pasca pembuahan, sel telur akan membelah berkali-kali hingga terbentuk blastokis (blastocyte). Blastokis inilah yang kemudian tertanam di dinding rahim. Saat ini, tubuh mulai merespon kondisi perubahan pada rahim.

Kehamilan Minggu ke-4

Selamat Bunda! Embrio telah terbentuk. Embrio akan membelah menjadi dua bagian, yang satu akan menjadi plasenta, sedangkan lainnya akan tumbuh sebagai janin. Plasenta akan berperan dalam suplai oksigen dan makanan dari ibu kepada bayinya.

Pertumbuhan Bayi di Usia Kehamilan 4 Minggu

Janin di Usia 4 Minggu Kehamilan (myspace.com)

Nah, biasanya pada masa ini, uji kehamilan bisa dilakukan dengan hasil yang signifikan. Alasannya adalah adanya hormon HCG yang hanya diproduksi oleh ibu yang sedang hamil. Meski, jika dilakukan USG, tidak terlalu banyak yang bisa dilihat.

Kehamilan Minggu ke-5

Inilah momen penting pembentukan 3 lapisan yang nantinya akan menjadi organ tubuh janin. Tiga lapisan tersebut adalah ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Bagian ektoderm akan membentuk sistem syaraf. Bagian mesoderm akan membentuk organ ginjal, jantung, dan alat reproduksi, sedangkan endoderm nantinya akan menjadi organ yang terlibat dalam pencernaan dan pembuangan.

Kehamilan Minggu ke-6

Pada minggu ini ibu dapat mulai mendengar detak jantungnya melalui USG. Embrio dalam rahim ibu telah mulai menjalani fase pembentukan organ. Bahkan, telah ada tunas kecil yang nantinya akan menjadi bagian lengan dan kaki.

BACA JUGA  Surga Menanti, Film Penghafal Qur’an yang Mampu Menarik Perhatian

Kehamilan Minggu ke-7

Pada minggu ketujuh ini, embrio telah berukuran sebesar kacang hijau. Lengan dan tungkai mungilnya telah mulai terbentuk. Demikian halnya dengan jantung dan saluran pernapasannya.

Kehamilan Minggu ke-8

Meski baru berukuran sekitar 14-20 mm saja, namun bagian wajah telah mulai terbentuk. Hidung, mata, dan telinga. Penyempurnaan saluran pernapasan dan tungkainya masih terus berlangsung.

Pertumbuhan sel syaraf pada bayi

Pembentukan Sel Syaraf di Minggu ke-8 (assets.babycenter.com)

Kehamilan Minggu ke-9

Bentuk tubuhnya kurang lebih serupa dengan minggu sebelumnya, namun daun telinga dan jari jemarinya telah mulai terbentuk. Saat ini, si kecil telah mulai bergerak-gerak dalam rahim, meski ibu belum dapat merasakannya.

Kehamilan Minggu ke-10

Otaknya telah terbentuk hampir sempurna. Si kecil telah memiliki organ tubuh yang lengkap. Jika melihatnya melalui USG akan tampak tubuhnya telah semakin membesar. Ukuran tubuhnya kini telah lebih dari 30 mm dengan bobot mencapai 7 gram.

Kehamilan Minggu ke-11

Janin sudah mampu mengubah-ubah gerakannya. Rambut dan kukunya pun telah mulai tumbuh.

Kehamilan Minggu ke-12

Janin kini sudah memiliki bentuk wajah yang lengkap. Jari pun telah terbentuk sempurna. Tidak ada lagi selaput yang seakan menyatukan antara jari yang satu dengan yang lainnya. Pada minggu ini ke depan, pertumbuhan bayi akan berlangsung semakin cepat.

Pertumbuhan Janin di Minggu ke-12

Anggota Tubuh Telah Terbentuk di Minggu ke-12 (ibu-hamil.web.id)

Kehamilan Minggu ke-13

Memasuki akhir dari trimester pertama, janin kini mencapai berat hingga 19 gram. Panjang tubuhnya pun mencapai 76 mm. sel-sel syaraf berkembang cepat, yang berakibat pada pertambahan volume otak. Inilah yang menyebabkan kepala janin tampak lebih besar dibandingkan tubuhnya.

Kehamilan Minggu ke-14

Pada periode inilah alat kelamin si kecil disempurnakan. Tidak hanya itu, rambut-rambut halus (lanugo) mulai tumbuh menyelimuti tubuh janin.

Kehamilan Minggu ke-15

Janin kini telah bisa mengisap ibu jari. Hebatnya lagi, jika si kecil berjenis kelamin perempuan, maka ovariumnya telah mulai memroduksi jutaan ovum.

Pertumbuhan Bayi Minggu ke-15

Bayi Mulai Mengisap Ibu Jari (conlatatca.vn)

Kehamilan Minggu ke-16

Janin telah bisa mendengar suara. Ibu dan ayah harus lebih sering berkomunikasi dengan si kecil. Gerakan janin kini sangat terasa. Tendangannya akan semakin kuat seiring dengan pertumbuhannya.

Kehamilan Minggu ke-17

Lapisan lemak yang melindungi kulitnya telah mulai terbentuk. Saat ini sidik jari si kecil telah terbentuk.

BACA JUGA  10 Pantangan Ini Wajib Dihindari Para Ibu Hamil Muda

Kehamilan Minggu ke-18

Bukan hanya fungsi pendengarannya yang semakin berkembang, janin kini pun telah bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim ibu. Berat tubuh janin sudah mencapai 140 gram dengan panjang tubuh 14 cm.

Kehamilan Minggu ke-19

Fungsi otak janin mengalami penyempurnaan. Kini syaraf motoriknya sudah semakin disempurnakan.

Kehamilan Minggu ke-20

Organ serta saluran pernapasan si kecil semakin sempurna. Kulit tubuhnya saat ini telah mulai membentuk lapisan-lapisan.

Kehamilan Minggu ke-21

Sistem pencernaan janin mengalami penyempurnaan. Gerakannya akan semakin terasa kuat dan menimbulkan nyeri bagi ibu.

Kehamilan Minggu ke-22

Perkembangan indera tubuh bayi semakin pesat. Bentuk wajahnya akan semakin jelas.

Kehamilan Minggu ke-23

Kini janin telah tampak seperti manusia cilik. Semakin sempurna, meski kulitnya masih tampak keriput.

Kehamilan Minggu ke-24

Kulit janin menjadi lebih tebal. Saat ini, paru-parunya mulai dipersiapkan untuk menjelang kelahiran. Kemampuan organ pernapasannya sudah mulai baik, meski asupan oksigen masih berasal dari plasenta.

Pertumbuhan Janin di Minggu ke-24

Tubuh Bayi Mulai Sempurna (health.obozrevatel.com)

Kehamilan Minggu ke-25

Tulang janin telah semakin mengeras. Inilah penyebab tendangannya jadi jauh lebih kuat. Fungsi tubuh seperti kemampuan menelan dan bernapas sudah semakin sempurna. Fungsi indera penciumannya pun telah berkembang dengan baik.

Kehamilan Minggu ke-26

Indera penglihatan dan pendengaran si kecil telah semakin berkembang. Jangan segan memperdengarkan lagu atau berdialog dengannya, ya.

Kehamilan Minggu ke-27

Akhir trimester kedua dan masuk trimester ketiga. Saat ini bobot tubuh janin telah mencapai 890 gram dengan panjang mencapai 38 cm.

Kehamilan Minggu ke-28

Perkembangan bayi ibu telah meningkat. Kepalanya mulai mengarah ke bawah. Si kecil telah mampu mengedipkan mata, bahkan gerakan menelan pun sudah dapat dilakukannya. Pada minggu ini, bayi sebenarnya telah mempunyai kekuatan untuk bertahan hidup jika dilahirkan, meski dalam kondisi prematur.

Bayi Dapat Lahir Walau Prematur

Kepala Bayi Mulai ke Bawah (forum.hwaml.com)

Kehamilan Minggu ke-29

Janin kini sudah memroduksi hormon yang menstimulasi keluarnya hormon menyusui pada ibu. Pada minggu ini, kelenjar susu ibu telah mulai terisi dengan kolostrum.

Kehamilan Minggu ke-30

Mata si kecil sudah bisa bergerak dengan sempurna. Cairan ketuban telah semakin berkurang, seiring dengan perkembangan bayi yang terus membesar. Bobot tubuh si kecil kini berkisar antara 1510 sampai 1550 gram dengan panjang mencapai 40 cm.

BACA JUGA  Inilah 15 Tips Bagi Pasutri Agar Segera Hamil

Kehamilan Minggu ke-31

Perkembangan pembentukkan organ tubuh bayi telah melambat. Pada periode ini, bobot tubuh bayi akan meningkat dengan cepat. tidak hanya itu, perkembangan sel otaknya pun sangat pesat. Responnya terhadap suara, musik, atau percakapan, lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Kehamilan Minggu ke-32

Lanugo sudah semakin berkurang. Hanya menyisakan sedikit di bagian bahu dan punggung si kecil. Selain pertumbuhan fisik yang semakin jelas, si kecil juga mulai bisa bermimpi, lho.

Kehamilan Minggu ke-33

Posisi kepala si kecil sudah di bawah dan umumnya tidak akan berputar kembali. Perkembangan otaknya juga telah semakin baik, sehingga janin mampu mengontrol gerakan tubuhnya dengan cukup baik. Pada janin berjenis kelamin pria, testisnya sudah mulai menuju posisi skrotum.

Kehamilan Minggu ke-34

Bayi sudah mampu merasakan ngantuk dan ingin bermain. Umumnya si kecil tidur di siang hari dan lebih aktif di malam hari. Tubuhnya kini sedang memeroleh asupan antibodi yang nantinya akan membentuk kekebalan tubuh bayi.

Kehamilan Minggu ke-35

Pembentukkan lapisan lemak tubuh telah memadat. Hal ini yang memberikan kehangatan dan kenyamanan bagi si kecil. Bobot tubuhnya kini sudah mencapai kisaran 2300-2350 gram dengan panjang tubuh mencapai 47 cm.

Bayi Siap Dilahirkan

Pertumbuhan Bayi Trimester Akhir (m.baomoi.com)

Kehamilan Minggu ke-36

Kulitnya masih berkeriput, namun tidak pada bagian wajahnya yang telah jelas terbentuk. Si kecil sudah bisa memroduksi kotoran. Seluruh alat pernapasannya telah berkembang dengan baik.

Kehamilan Minggu ke-37

Kepala bayi kini turun ke tulang panggul. Ibu akan merasakan nyeri yang menandai terjadinya hal tersebut. Rambutnya telah semakin lebat dengan kuku yang tumbuh sempurna.

Kehamilan Minggu ke-38

Bayi kini telah mulai belajar bernapas, meski masih dikelilingi oleh air ketuban. Bobot bayi bertambah terus.

Kehamilan Minggu ke-39

Si kecil semakin siap berjumpa dengan ayah dan bundanya. Tidak ada lagi proses pembentukan dan perkembangan organ tubuh. Saat ini, si kecil hanya bersiap dengan melatih fungsi organ-organ tubuhnya.

Kehamilan Minggu ke-40

Selamat Bunda, si kecil siap menjumpaimu. Bobot tubuh setidaknya 2600 gram dengan panjang 48 cm. Perlu diketahui, bobot dan panjang tubuh sangat bergantung dengan faktor genetis yang diturunkan dari kedua orang tuanya.

Pertumbuhan Bayi Hingga Dilahirkan

Selamat Atas Kelahiran Bayi (newsok.com)

Menjadi seorang ibu adalah kebahagiaan tak terkira. Namun, perjuangan justru baru dimulai. Tidak pernah ada sekolah untuk menjadi ibu, tapi memahami pertumbuhan dan perkembangan bayi akan menjadi salah satu cara mengenali kebutuhan si kecil dengan sebaik mungkin.

Komen di sini ya...