Ini Dia 12 Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Jadi Trend di Instagram

Siapa yang tak suka menjejakkan kakinya ke Jogja? Tampaknya, hampir semua yang pernah pelesiran ke Jogja ingin untuk kembali lagi ke sana. Bagaimana tidak? Beragam tempat wisata di Jogja membuat kita betah berlama-lama menikmati liburan. Apalagi, kini banyak tempat wisata di Jogja terbaru yang wajib kamu kunjungi.

Tenang saja, tempat wisata Jogja yang satu ini tak bakal bikin kamu bokek, kok. Tiket masuknya terbilang ‘ramah’ di kantong. Meskipun begitu, jangan menganggap remeh, ya. Mungkin tempat wisata Jogja murah, tapi tak kalah seru dari lokasi wisata lainnya.

Nah, sebelum menyusun daftar lokasi liburan di Jogja, simak ulasan 12 objek wisata terbaru di Jogja yang kami rekomendasikan khusus buat kamu.

1. Kedung Pedut

Inilah lokasi air terjun yang menjadi ikon wisata alam terbaru di Jogja. Terlebih, bukan hanya pemandangan air terjun yang indah saja yang akan menyegarkan pikiranmu.

tempat wisata alam di jogja terbaru

Kedung Pedut, Jogja (jotuindonesia.com)

Wisata alam yang terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo ini, juga menyediakan beragam permainan yang bisa menyegarkan tubuh kamu. Permainan berupa flying fox, lengkap dengan fasilitas berupa jaket pelampung, bisa kamu coba di sini. Tentunya akan ada biaya sewa yang harus kamu bayarkan senilai Rp15.000 per orang.

Jangan salah! Flying fox di Kedung Pedut terbilang menegangkan, lho. Jarak jalur flying fox 40 meter dengan tinggi 145 meter. Jadi buat kamu yang ingin berwisata sambil menguji nyali, Kedung Pedut memang tepat buat kamu.

Bila hanya menikmati keindahan air terjun, kamu cukup membayar Rp5.000 per orang. Murah banget, ya? Bukan cuma itu, Kedung Pedut bisa kamu kunjungi melalui rute dari Tugu Jogja menuju arah barat. Setelah itu, temukan pertigaan dan pilih arah kanan yang menuju Gua Kiskendo.

Setelah melewati Gua Kiskendo, kamu akan menemui pertigaan lagi. Pilih arah kiri, hingga mencapai pertigaan Grojogan Mudal. Tetaplah berada di lajur kiri, dan kamu akan tiba di pertigaan Air Terjun Kembang Soka. Ambil arah kiri lagi, hingga kamu menjumpai papan nama wisata kedung Pedut.

Pastikan kamu mengabadikan pengalaman kamu mengunjungi Kedung Pedut, ya.

inilah air terjun di tempat wisata di Jogja terbaru yang sedang hits

Kecantikan Air Terjun Kedung Pedut (jogjatraveltour.com)

2. Pantai Goa Watulawang

Ingin menikmati hembusan angin dan deburan ombak? Kamu harus mampir ke tempat wisata yang satu ini. Pantai Goa Watulawang dikenal melalui foto pengunjung yang di ­upload ke instagram. Tak butuh waktu lama, keindahan pantai menuai ribuan like.

Hasilnya, Pantai Goa Watulawang menjadi tempat wisata di Jogja yang ­nge-trend di kalangan muda. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini memang masih sangat asri. Pasir yang terbentang tampak bersih dan putih. Berpadu serasi dengan laut yang biru dan jernih.

Untuk mencapai lokasi kamu dapat berkendara dari kota Jogja dengan durasi sekitar 2 jam. Setibanya di lokasi, kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil mencoba jajanan kedai yang berada di kawasan pantai. Tiket masuk pantai ini cuma Rp5.000 per orang, sedangkan biaya parkir motor dikenakan Rp3.000 saja.

objek wisata jogja terbaru

Pantai Goa Watulawang (wisataterbaru.com)

Konon, Pantai Goa Watulawang mempunyai situs bersejarah, lho. Situs berupa goa ini dikatakan sebagai napak tilas Prabu Brawijaya ke-6. Menarik, ya?

Nah, bila kamu berkunjung ke pantai ini, pastikan kamu turut menjaga kelestarian alamnya. Jangan sampai kamu merusak kebersihan dan keasrian lokasi wisata alam ini, ya.

3. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Kamu punya hobi berenang? Bila iya, maka Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark adalah pilihan destinasi liburan yang tepat.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark memberikan pengalaman bermain air dengan tema yang tak biasa. Apa itu? Tema bajak laut. Sejak dibuka, taman air ini telah berhasil meraih predikat sebagai wahana permainan air terbesar di Indonesia.

Meskipun tempat wisata air ini mempunyai 12 wahana pilihan, tapi ada 3 jenis wahana yang menjadi favorit para pengunjung. Yang pastinya, ketiga wahana ini harus kamu coba.

Pertama adalah Bekti Adventure. Wahana air ini berupa seluncuran yang meliuk mengelilingi kawasan waterpark. Wah, kamu bakalan puas meluncur di water slider ini.

berenang di tempat wisata alam di jogja terbaru

Main Air di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark (scontent-frt3-1.cdninstagram.com)

Kedua adalah Volcano Coaster. Hampir serupa dengan slider pada Bekti Adventure. Bedanya terletak pada muara dari slider ini. Di ujung seluncuran, kamu akan tiba di sungai wahana Jogja Bay. Seru, bukan?

Yang ketiga adalah Memo Racer. Nah, buat kamu yang berkunjung bersama kawan atau keluarga, kamu bisa mengajak mereka berkompetisi. Caranya, melalui wahana Memo Racer. Di sini kamu bisa berkompetisi meluncur pada slider yang terdiri dari 8 lintasan. Hayo, lihat siapa yang paling cepat?

BACA JUGA  Cuma Buat yang Bernyali! Simak 8 Tempat Wisata Alam Antimainstream Ini

Tak hanya sampai di situ, lho. Bila kamu datang pada Pkl. 15.00 di hari sabtu atau minggu, ada pertunjukan spektakuler berupa drama musikal. Penampilan drama musikal ini akan menceritakan kisah “Jose and The Guardian Past In The Future”, yang diperankan oleh ikon Jogja Bay. Kisahnya menarik untuk kamu simak.

Puas bermain air, tentu kamu akan merasa lelah. Perut pun sudah jelas harus segera diisi. Kamu bisa memilih salah satu dari 7 restoran yang disediakan di dalam lokasi wisata ini.

Bukan cuma itu, kamu pun bisa membeli ragam souvenir yang dijajakan pada toko berbentuk kapal bajak laut. Keren, ‘kan? Nggak beli pun, kamu bisa selfie di depan toko. Lumayan, lho buat kenang-kenangan bersama teman.

Kamu juga tak perlu sungkan untuk berkunjung berombongan. Kenapa? Karena, Jogja Bay ini mempunyai fasilitas yang super lengkap. Mulai dari toilet yang nyaman, mushola, café, layanan foto, gazebo untuk sejenak beristirahat, hingga shopping center.

jogja bay tempat wisata alam di jogja terbaru

Jogja Bay (blog.reservasi.com)

Tertarik untuk berkunjung? Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark berlokasi di Kawasan Terpadu Maguwo City (KTMC), Maguwoharjo, Sleman. Patokan lokasi adalah di sebelah utara dari stadion Maguwoharjo. Tiket masuk dibanderol pada harga Rp100.000 untuk anak dan lansia, sedangkan Rp135.000 untuk orang dewasa.

Harga yang sepadan dengan aneka keseruan di arena taman air ini, bukan? Oiya, jangan lupa catat waktu buka Jogja Bay ini adalah mulai dari Pkl. 09.00 s.d. 18.00 untuk hari kerja dan Pkl. 08.00 s.d. 18.00 pada akhir pekan.

Satu lagi kelebihan dari Jogja Bay ini adalah arealnya yang sangat luas yakni mencapai 7 hektar. Jadi kamu tak perlu cemas tak kebagian tempat parkir, meski berkunjung di akhir pekan.

4. Hutan Pinus Mangunan

Pernah melihat foto hutan pinus yang cantik dan berkesan romantis di instagram? Nah, inilah hutan pinus yang tersohor tersebut.

Terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Mangunan, Dlingo, hutan pinus ini kerap menjadi destinasi pasangan muda yang ingin mengabadikan momen pre-wedding mereka. Yang pasti semua pengunjung selalu menyempatkan diri untuk mengambil foto berlatar hutan pinus ini.

Tercatat, pengunjung Hutan Pinus Mangunan kian bertambah dari waktu ke waktu. Promosi masif yang dilakukan para wisatawan via instagram, nampaknya memang efektif memancing keingintahuan masyarakat.

Meskipun hutan ini belum menjadi objek wisata resmi di Jogja, tapi telah dibuat bangunan terbuka dengan beragam fungsi. Desain bangunan yang dilengkapi dengan bangku penonton ini bisa digunakan sebagai panggung terbuka, lho. Uniknya, semua bahan dari kursi maupun panggung dibuat dari kayu pohon yang masih berbentuk seperti asli. Pokoknya nuansa alami banget, deh.

hutan pinus adalah salah satu tempat wisata alam di jogja terbaru

Cantiknya Hutan Pinus Mangunan (blog.reservasi.com)

Untuk mencapai lokasi Hutan Pinus Mangunan ini dari kota Yogyakarta, kamu bisa mengambil rute melalui jalan Imogiri Timur hingga mencapai pertigaan Imogiri. Dari situ ambillah jalur ke kiri yang ke arah makam Raja Imogiri. Tiba di pertigaan ambil arah kanan menuju Mangunan. Di pertigaan Mangunan pilih arah ke kiri, menuju arah hutan pinus.

Memasuki Hutan Pinus Mangunan, kamu tidak akan dipungut biaya tiket. Hanya kamu tetap perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp3.000 untuk motor, Rp10.000 untuk mobil pribadi, dan Rp20.000 untuk bus pariwisata.

Tarif khusus diberlakukan untuk rombongan yang ingin mengambil foto pre-wedding di sini. Murah, kok. Cuma membayar Rp50.000 saja. Perlu kamu ingat, karena penentuan harga dilakukan oleh warga lokal, maka tak menutup kemungkinan adanya perubahan tarif, ya.

5. Kebun Buah Mangunan

Satu lagi spot yang jadi incaran para instragamers, Kebun Buah Mangunan. Bukan karena buah-buahannya yang menarik, melainkan karena pemandangan di Bukit Mangunan yang sangat menawan.

Kebun Buah Mangunan terletak tak jauh dari lokasi Hutan Pinus Mangunan. Kebun ini tepatnya berlokasi di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Sesuai dengan namanya, kamu bisa menemui deretan pohon buah yang tersusun apik.

Pemandangan kebun buah ini saja sudah memancing decak kagum karena keasriannya. Nah, berbeda dengan Hutan Pinus, Kebun Buah ini dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang yang lumayan lengkap.

bukit mangunan, objek wisata alam terbaru di jogja

Kebun Buah Mangunan (farm3.static.flickr.com)

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp5.000 per orang, kamu bisa menikmati pemandangan Sungai Oyo yang meliuk indah. Bukan cuma itu, keindahan permadani hijau dari pepohonan yang rimbun di perbukitan menambah keindahan panorama yang alami ini.

Tidak cukup sampai di situ, kamu juga bisa mencoba fasilitas berupa camping ground, gazebo, homestay, kandang rusa, hingga lokasi pembibitan tanaman buah. Lengkap banget, ya.

6. House of Raminten

Inilah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang lagi ‘happening’. Bukan hanya lokasinya yang nyaman, tapi makanannya pun siap menggoyang lidah.

BACA JUGA  8 Tempat Wisata Alam di Jogja Ini Jadi Setting Film Romantis, Lho!

Yang menarik, beberapa menu ditawarkan dengan nama yang tidak biasa. Contohnya, ada minuman yang diberi nama ‘Perawan Tancep’. Isinya adalah susu yang telah dicampur dengan beragam rempah, rasanya hangat dan nikmat. Ada pula Susu Suklat Lembut yang sebenarnya adalah Susu Cokelat yang lezat.

tempat wisata kuliner terbaru di jogja

Bersantap di House of Raminten (2.bp.blogspot.com)

Jangan khawatir. Meski House of Raminten menyediakan beragam menu, tapi harganya sangat ‘bersahabat’, kok. Lihat saja, satu porsi Nasi Kucing hanya dibanderol dengan harga Rp1.000,00. Sedangkan menu yang paling mahal bisa kamu peroleh dengan harga Rp25.000 saja.

Restoran angkringan ini bisa kamu kunjungi di Jalan FM Noto No.7, Kotabaru, Yogyakarta. Satu hal lagi yang seru dari House of Raminten adalah, restoran ini buka 24 jam! Jadi, kamu bisa mampir kapan pun yang kamu mau. Jangan lupa, upload foto makanan yang kamu pesan. Lumayan, promosi wisata kuliner lokal, lho.

7. Green Village Gedangsari

Sesuai namanya, lokasi ini bakal menyejukkan mata dan pikiran kamu. Benar-benar tampak hijau sejauh mata memandang. Lokasi ini bahkan disebut-sebut sebagai New Zealand-nya Indonesia.

Keasrian dan keindahan panorama Green Village Gedangsari memang sangat wajar, mengingat lokasi ini masih berada dalam kawasan Gunung Kidul. Yang asyik, tempat wisata ini menyediakan gubuk-gubuk kecil yang cukup untuk memuat 4-5 orang dewasa. Pada gubuk inilah, pengunjung bisa menikmati kesejukan alam sekaligus mengabadikannya dalam foto.

tempat wisata di Jogja terbaru dan hits di instagram

Green Village Gedangsari (1.bp.blogspot.com)

Jadi, jangan heran bila di sini kamu akan menjumpai banyak fotografer yang berburu foto-foto pemandangan eksotis khas pegunungan. Kamu pun wajib memanfaatkan momen ini dengan berfoto bersama keluarga atau kawan-kawan.

Bila ingin mengunjungi lokasi wisata ini, kamu tidak perlu menyediakan bujet pembayaran tiket. Pasalnya, hingga saat ini Green Village masih belum memungut bayaran tiket masuk.

Kamu cukup menyisihkan dana untuk perjalanan menuju lokasi Green Village. Alamat dari tempat wisata alam Jogja ini adalah di dataran tinggi Guyangan Lor, Mertelu. Tepatnya, Green Village terletak di antara Kabupaten Gunung Kidul dengan Kabupaten Klaten.

8. Upside Down World Jogja

Nggak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati sensasi berjungkir balik ala Upside Down World. Karena, kini wahana tersebut sudah dibuka di Jogja.

tempat wisata unik di jogja

Upside Down World Jogja (4.bp.blogspot.com)

Berlokasi di Jalan Ring Road Utara, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Upside Down World bisa menjadi lokasi berlibur yang tidak ‘biasa’. Pasalnya sesuai nama tempat wisata ini, kamu akan diajak berkunjung ke ruangan dengan tampilan interior yang serba terbalik.

Tentu saja, bila menjelajahi tempat wisata ini tak akan lengkap jika kamu tidak mengabadikannya melalui foto. Tenang, setiap kelompok pengunjung akan didampingi oleh guest assistance. Asisten inilah yang akan menjadi juru foto, sementara kamu bisa bebas bergaya.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini kamu cukup membayar Rp40.000 per anak atau Rp80.000 per pengunjung dewasa. Harga yang cukup wajar, mengingat ada 8 ruangan yang bisa kamu eksplorasi. Mulai dari ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, ruang makan, dapur, ruang laundry, hingga ruangan 3 dimensi yang pastinya nggak boleh kamu lewatkan.

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi Upside Down World Jogja, sebaiknya memilih waktu sekitar Pkl. 10.00 pagi. Karena semakin awal, maka lokasi wisata ini masih belum padat pengunjung. Yang pasti bila kondisi penuh, kamu akan kesulitan untuk memilih spot berfoto-ria.

objek wisata jogja terbaru

Berpose di Jogja Upside Down World (kresnabayutour.com)

Namun jangan cemas, bila kamu tidak sempat berkunjung pada waktu tersebut. Upside Down World Jogja baru tutup pada Pkl. 19.00 malam, kok.

9. Telaga Biru Gunung Kidul

Masih berada di kawasan Gunung Kidul. Telaga Biru adalah tempat wisata di Jogja yang juga wajib kamu kunjungi. Lokasi wisata ini ditemukan oleh penjelajah yang tanpa ragu menyebarkannya melalui instagram.

Tak butuh waktu lama, Telaga biru yang juga dikenal sebagai Banyu Biru oleh warga Gunung Kidul ini semakin dipenuhi pengunjung. Terletak di Dusun Ngemplak, Desa Candirejo, Semin, Telaga Biru bisa kamu datangi hanya dalam waktu 2 jam dari kota Jogja.

Sebenarnya, Telaga ini hanyalah cekungan bekas tambang batu putih. Cekungan ini kemudian lambat laun menampung air, yang seiring waktu juga dipenuhi oleh ganggang dan lumut.

Fakta lain yang perlu kamu ketahui adalah warna telaga yang sesungguhnya tidak biru. Telaga Biru ini justru memiliki warna air yang kehijauan. Namun, tetap saja kecantikan panoramanya bisa membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Main ke tempat wisata di jogja terbaru

Telaga Biru Gunung Kidul (1.bp.blogspot.com)

Sayangnya, Telaga Biru ini belum menjadi objek wisata resmi. Hal ini menyebabkan tidak ada tiket masuk, sehingga belum ada fasilitas khusus di sini. Di sisi lain, satu-satunya biaya yang mungkin harus kamu keluarkan adalah biaya parkir kendaraan yang dikelola oleh warga sekitar.

BACA JUGA  Panduan Lengkap Wisata ke Bali yang Harus Kamu Ketahui

Pastikan pula kamu berhati-hati saat berkunjung ke objek wisata Jogja ini. Karena masih ada truk pengangkut batu yang sesekali lewat di kawasan telaga ini.

10. Kalibiru Kulon Progo

Keindahan tempat wisata alam di jogja ini akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Kalibiru Kulon Progo memang menawarkan sensasi menikmati kecantikan hutan pinus dari atas ketinggian. Sayangnya, bila kamu takut ketinggian, keindahan Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh tak dapat kamu lihat.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Tak sedikit yang mengklaim bahwa Kalibiru merupakan objek wisata alam terindah di seluruh Kulon Progo. Penasaran, seindah apa pemandangannya?

tempat wisata di jogja terbaru yang dikenal akan keindahan hutan pinus dari atas

Menikmati Hutan Pinus dari Ketinggia di Kalibiru (rental.jogjamarzukitransport.com)

Kamu bisa ke sini dari Jogja dengan rute melalui Jalan Raya Wates hingga melewati kota Wates. Telusuri jalan hingga bertemu dengan papan penunjuk jalan ke arah Waduk Sermo. Dari Waduk Sermo, kamu akan melihat penunjuk arah untuk menuju Desa Wisata Kalibiru.

Biaya masuk Kalibiru sangat terjangkau. Setiap pengunjung akan dikenakan Rp3.000 per orang, sedangkan untuk parkir kamu harus membayar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Pastikan kamu memperhatikan waktu saat ingin berkunjung ke Kalibiru, ya. Karena puncak keindahan tempat ini paling baik dinikmati pada pagi hari atau di saat senja. Jangan lupa, untuk membawa perlengkapan memotret kamu, lho.

11. Puncak Kosakora

Satu lagi lokasi wisata yang berada di kawasan Gunung Kidul, Puncak Kosakora. Lokasi wisata ini mungkin masih sangat terbatas untung dinikmati pengunjung dari berbagai usia.

puncak kosakora tempat wisata di jogja terbaru

Puncak Kosakora Jogja (gudeg.net)

Pasalnya, untuk mencapai lokasi Puncak Kosakora, pengunjung harus menyusuri Pantai Drini saat surut dengan durasi sekitar 2 jam. Belum lagi disambung dengan jalan setapak lengkap dengan semak belukar. Seakan menguji nyali, kamu pun harus menyusuri jalan di bukit-bukit kecil yang lumayan terjal.

Namun, perjuangan kamu akan terbayar. Puncak Kosakora akan menyajikan keindahan panorama yang menakjubkan. Satu spot yang ngetop di kalangan instagramer adalah lokasi di mana terdapat bendera merah putih lengkap dengan tulisan “Puncak Kosakora”.

Untuk menuju Puncak Kosakora dari kota Yogyakarta, kamu bisa melalui rute ke Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lapangan Udara TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BDP, ambil lurus ke arah timur, masuk ke Wonosari – Jl. Baron – Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunung Kidul – tiba di Pantai Drini. Dari sini, kamu tinggal menyusuri jalan hingga tiba di lokasi Puncak Kosakora.

Berbeda dengan objek wisata Gunung Kidul lain, meski belum diresmikan tetapi Puncak Kosakora memungut tiket masuk. Harganya murah banget, kok. Cuma membayar Rp5.000 per orang saja. Harga tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya.

tempat wisata di jogja terbaru yang berada di puncak kosakora

Menikmati sunset di Kosakora (wisatajawa.co.id)

Oiya, satu hal yang perlu kamu ingat sebelum beranjak menuju Puncak Kosakora. Di lokasi wisata tersebut belum ada fasilitas apapun. Tidak ada kamar mandi atau rumah makan. Jadi, persiapkan dulu segala sesuatunya, ya.

12. Gardu Pandang Watu Tekek Kulon Progo

Minum teh sambil menatap keindahan alam. Wah, terdengar menggiurkan, bukan? Gardu Pandang Watu Tekek adalah lokasi wisata alam di Jogja yang reputasinya tersebar luas melalui instagram. Serupa dengan lokasi gardu pandnag lain, Watu Tekek pun memiliki spot pagar untuk melihat seluruh pemandangan perbukitan secara leluasa.

Watu Tekek terletak di Desa Madigondo, Samigaluh, Kulon Progo. Tempat wisata ini pun melengkapi deretan wisata alam yang memesona di kawasan Kulon Progo. Untuk mencapai lokasi, kamu bisa melalui rute dari kota Jogja menuju Godean – Sendangsono – ke arah Suroloyo. Setelah mencapai Kedai Kopi Pak Rohmat ada pertigaan, kamu ambil yang ke arah kiri menurun menuju Watu Tekek.

Berkunjung ke sini, kamu dijamin akan bebas dari segala kepenatan. Bukan cuma pemandangan indah, aroma harum teh khas menoreh yang baru diseduh akan membuat pikiran kamu menjadi relaks.

watu tekek adalah tempat wisata di jogja terbaru yang wajib kamu datangi

Gardu Pandang Watu Tekek (2.bp.blogspot.com)

Terlebih kamu tidak perlu membayar mahal untuk menikmati pemandangan Watu Tekek. Tiket masuknya hanya Rp3.000 per orang. Tentu ada biaya tambahan untuk parkir, ya. Biaya parkir motor adalah Rp2.000 sedangkan untuk parkir mobil Rp6.000. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah, lho.

Beberapa dari lokasi wisata yang diulas memang agak sulit bila dijangkau dengan kendaraan umum. Namun, jangan cemas. Sudah banyak layanan jasa penyewaan motor atau mobil yang bisa kamu temui di Jogja.

Jadi, apakah kamu sudah siap menjelajahi ke-12 tempat wisata di Jogja terbaru ini? Selamat berpetualang.

Komen di sini ya...

Add Comment