Ingin Tahu Cara Membuat Rambut Tebal dan Sehat? Ini Dia Tipsnya!

Rambut adalah mahkota, istilah tersebut menjadi semacam motivasi bagi para wanita untuk berlomba-lomba mempercantik tampilan rambutnya. Ada yang memilih membuat potongan rambutnya seperti gaya yang sedang populer, ada yang dengan cara membiarkan rambutnya tumbuh panjang, ada pula yang mewarnai rambutnya, atau yang menempelkan rambut palsu bukan wig sehingga rambutnya terlihat panjang dan tebal. Padahal maksud dari peribahasa tersebut adalah bahwa rambut merupakan salah satu keindahan karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia, maka jagalah agar keindahan alamiahnya tetap dapat dinikmati dan disyukuri.

Meskipun sebagian wanita di Indonesia memilih mengenakan jilbab, bukan berarti perawatan rambut lantas diabaikan. Sebaliknya, harus tetap dirawat supaya sehat dan tidak mengganggu aktivitas. Rambut yang tertutupi jilbab jika tidak dirawat tentu akan menimbulkan masalah seperti tumbuhnya ketombe, gatal-gatal dan kerontokan yang akut. Jika terus dibiarkan, maka rambut akan semakin menipis karena kekurangan nutrisi.

Lyra Virna Berjilbab

Berjilbab Tetap Harus Merawat Rambut (beranda.co.id)

Tentu dibutuhkan sebuah kemauan yang kuat untuk merawat rambut secara teratur, agar dapat menjadi tebal dan sehat. Menebalkan rambut dengan berbagai nutrisi instan itu perlu, namun akan lebih bijak jika kamu memilih merawat rambut agar tebal dan sehat dengan cara alami. Sebab cara alami lebih aman dari segala risiko yang dapat timbul jika kamu memilih penutrisi rambut dari campuran bahan kimia.

Ok, pembahasan kali adalah seputar cara menebalkan rambut secara alami. Dimulai dengan 4 hal yang harus diperhatikan dalam merawat rambut, sebagai berikut:

1. Konsumsi nutrisi yang dibutuhkan rambut

Nutrisi penting bagi Rambut

Konsumsi Nutrisi yang Dibutuhkan Rambut (powerapple.com)

Cara menebalkan rambut yang harus dilakukan, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat, terutama sayuran. Ini merupakan langkah menutrisi rambut dari dalam, sebab apa yang dikonsumsi olehmu dapat menentukan sehat tidaknya seluruh tubuh tanpa terkecuali bagian rambut.

BACA JUGA  Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Rumus Excel Sederhana

Akar-akar rambut perlu diberi ‘pupuk’ penyubur agar tebal dengan konsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin B kompleks. Makanlah telur, daging, buah dan sayuran sesuai dengan nutrisi yang tubuhmu butuhkan atau secara seimbang.

2. Penuhi kebutuhan vitamin A

Vitamin A bagi Rambut

Sumber Vitamin A Nabati (familynutritioncoach.com)

Salah satu cara untuk menebalkan rambut secara alami adalah dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin A. Di antaranya adalah wortel, brokoli, bayam, labu kuning, blewah dan lain-lain.

3. Pijat kulit kepala

Agar syaraf-syaraf di kepala lebih rileks, maka cara menebalkan rambut berikutnya adalah dengan memijak-mijat halus sekitar kulit kepala. Selain itu, pemijatan yang dilakukan saat treatment berlangsung, baik dengan menggunakan sampo atau nutrisi alami, akan membuat nutrisi dari bahan yang digunakan lebih mudah meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Selain itu, memijat halus kulit kepala dapat memperlancar peredaran darah.

4. Temukan sampo yang tepat

Sampo Bisa Membahayakan Rambut

Bijaklah Memilih Sampo (rightringlets.com)

Kandungan bahan kimia dalam sampo sebetulnya dapat mengganggu pertumbuhan rambutmu jika digunakan setiap hari. Salah memilih sampo, bisa berakibat pada kerusakan rambut. Di antara bahan kimia yang bisa membahayakan dan menjadi campuran pada sampo adalah Propylene Glycol, Laureth Sulfate, Momoethanolamine, Isopropyl Alcohol, Sodium Lauryl dan Formaldehyde.

Mudah dan murah kan perawatannya? Sekarang yuk kita bahas 8 bahan alami yang dapat digunakan untuk menebalkan rambut. Check this out!

1. Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau untuk Rambut

Teh Hijau untuk Menebalkan Rambut (healthynfun.com)

Bahan alami pertama yang dapat digunakan adalah teh hijau. Ada pula yang menggunakan teh basi, yaitu teh tubruk biasa yang sengaja dibiarkan hingga semalam atau dua malam.

BACA JUGA  Waspada! Cara Untuk Diet Berikut Malah Bisa Membuatmu Sakit

Rendam teh dengan air hangat secukupnya, diamkan hingga air berubah warna dan dingin, kemudian siramkan ke rambut dan kulit kepala secara merata sambil memijat-mijat kulit kepala secara lembut. Tunggu hingga sekitar 40-60 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

2. Kemiri

Manfaat Kemiri bagi Rambut

Kemiri dan Minyak Kemiri (bibamagazine.fr)

Terdapat dua cara menebalkan rambut menggunakan kemiri. Pertama, kemiri dibakar hingga menjadi sekam (bukan arang) lalu haluskan agar minyaknya keluar. Setelah halus, oleskan ke kulit kepala.

Kedua, kemiri dihaluskan terlebih dahulu dalam keadaan mentah, kemudian direbus untuk mendapatkan minyaknya yang akan muncul di permukaan air rebusan. Ambil minyaknya, oleskan pada kulit kepala setelah dingin lalu diamkan sekitar satu jam, baru dibilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari atau secara rutin.

3. Putih telur

Manfaat Putih Telur Bagi Rambut

Memisahkan Putih Telur (hariangadis.com)

Ambil satu butir telur dan pisahkan kuning telurnya. Kemudian kocok putih telurnya dan oleskan putih telur tersebut pada kulit kepala hingga merata. Diamkan hingga 1-2 jam. Lalu bilaslah dengan air dingin. Untuk menghilangkan bau putih telur dapat menggunakan sampo. Itulah cara menebalkan rambut dengan menggunakan putih telur.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya dapat Membuat Rambut Tebal

Lidah Buaya (herbaneka.com)

Cara menebalkan rambut dengan lidah buaya cukup mudah. Ambil lidah buaya secukupnya, bersihkan dan iris, lalu gosokkan bagian daging lidah buaya ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama satu jam, basuhlah rambut dengan air bersih.

BACA JUGA  Adakah Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Bahan Kimia? Cobalah Dengan 12 Buah dan Sayuran Ini

5. Seledri

Manfaat Seledri untuk Rambut

Seledri (drnature.ir)

Cara berikutnya adalah menebalkan rambut dengan seledri. Siapkan tangkai seledri secukupnya, cuci dan haluskan. Sebelum seledri dioleskan pada rambut, cuci atau basahi rambutmu terlebih dahulu. Setelah itu baru oleskan seledri yang telah dihaluskan tadi secara merata, pijit-pijit kulit kepalamu, diamkan selama 1 jam. Kamu bisa menggunakan shower cap atau plastik khusus penutup kepala selama menunggu. Setelah 1 jam, bilaslah rambut hingga bersih.

6. Madu

Manfaat Madu untuk Rambut

Madu Alami (shefira.com)

Salah satu cara paling mudah untuk menebalkan rambut yang mudah dan alami adalah dengan madu. Cukup ambil madu, oleskan pada kulit kepala secara merata, kemudian diamkan hingga 30 menit, lalu bilas.

7. Santan kelapa

Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut

Santan Kelapa Baik untuk Rambut (mencegahpenyakit.com)

Ambil santan kelapa yang kental (bukan santan kemasan yang instan), oleskan secara merata pada kulit kepala, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Cara menebalkan rambut yang cukup mudah kan?

8. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun untuk Rambut

Minyak Zaitun (villeinitalia.ru)

Selain dapat menebalkan rambut, minyak zaitun juga mampu membuat rambut lebih hitam. Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun adalah dengan mengoleskannya ke kulit kepala secara merata, pijat-pijat dengan lembut. Cara ini akan lebih efektif bila dilakukan di waktu malam menjelang tidur.

Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun sebelum keramas, diamkan dulu selama beberapa menit sebelum dibilas. Agar mendapat hasil maksimal, gunakanlah minyak zaitun setiap hari.

Ternyata tidak sulit kan, merawat rambut secara alami? Apabila semua tips di atas dapat dilakukan secara konsisten dan teratur, hasil yang diharapkan akan tercapai. Rambut tebal dan sehat akan menjadi milikmu. Selamat mencoba!

Komen di sini ya...