Inilah 15 Tips Bagi Pasutri Agar Segera Hamil

Memiliki momongan bagi sebagian pasangan suami istri mungkin saja bukanlah satu-satunya tujuan pernikahan, namun secara naluriah sepasang manusia akan mendambakan sosok bayi yang akan menjadi penerus keluarga. Pada akhirnya, kerinduan menjadi orangtua akan muncul seiring dengan perjalanan pernikahan. Kadangkala, kerinduan untuk menjadi orangtua dan memiliki momongan secara biologis harus menuntut kesabaran. Bisa jadi, mudah sekali bagi satu pasangan untuk  mendapat momongan, namun kemudahan tersebut tidak terjadi pada pasangan lainnya. Bagi sebagian pasangan yang menemui kesulitan mendapat momongan hendaklah berusaha lebih. Apa saja usaha yang dapat dilakukan agar dapat segera hamil? Temukan jawabannya dalam 15 tips bagi pasutri agar segera hamil ini!

1. Kuatkan Niat

Di saat kamu dan pasangan telah berikrar untuk mengarungi bahtera rumah tangga, maka mulailah berbicara segala hal yang berkaitan dengan tujuan hidup berdua atau visi misi berkeluarga yang salah satunya adalah memiliki anak. Jika kamu dan pasangan ternyata belum mendapatkan tanda-tanda memiliki momongan sedangkan usia pernikahan terus berjalan, maka kuatkanlah niat untuk mendapat keturunan.

Tips hamil yang pertama adalah memohon kepada Allah, berdoa agar diberi kemudahan dan dikuatkan dalam menjalani ikhtiar atau upaya yang ditempuh agar dapat hamil. Doa pun hendaklah berlanjut tak terputus selama ikhtiar. Sebagian pasutri bahkan berikhtiar dengan cara melakukan umroh dan berdoa langsung di depan Ka’bah, demi mendapatkan keturunan.

2. Hindari Menggunakan Alat Penunda Kehamilan

Alat Kontrasepsi Dapat Menyulitkan Hamil

Hindari Menunda Kehamilan (howcast.com)

Beberapa pasangan memiliki kesepakatan untuk menunda kehamilan dengan berbagai alasan, misalnya harus menyelesaikan pendidikan tinggi terlebih dahulu atau merasa usia pasangan masih muda sehingga berkeinginan menikmati masa-masa berdua. Sehingga dari mereka yang memiliki keputusan tersebut menggunakan alat kotrasepsi yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Efek dari alat kontrasepsi inilah yang akan membuat kualitas kesuburan menurun sehingga sekalipun seseorang telah berhenti menggunakan atau mengkonsumsi kontrasepsi, tubuh membutuhkan waktu untuk menghilangkan dampak obat tersebut. Hitungan waktunya pun bisa mencapai tahunan. Tips hamil yang perlu diperhatikan adalah menghindari alat kontrasepsi sebagai upaya menunda kehamilan.

3. Mengetahui Penyebab Infertilitas

Di saat kamu dan pasangan masih dalam masa menunggu, tips hamil berikutnya adalah mengetahui penyebab ketidaksuburan (infertilitas) agar treatment yang akan dijalankan tepat. Ada beberapa penyebab ketidaksuburan yang diketauhui secara umum, di antaranya:

  • Terlalu lelah; fisik yang lelah karena pekerjaan atau perjalan jauh misalnya dapat berpengaruh pada gairah untuk melakukan hubungan intim, akibatnya kualitas sperma atau sel telur juga menurun.
  • Terlalu kurus; terlalu kurus karena kurang nutrisi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah haid yang tidak teratur pada wanita dewasa yang kurus. Meski adapula sebagian orang yang memiliki badan kurus namun tetap subur karena pola makan yang baik serta nutrisi yang terpenuhi, sedangkan kurus badannya merupakan faktor genetik yang sulit untuk dirubah.
  • Obesitas; tidak hanya kurus, berlebihan dalam ukuran berat badan pun akan mempengaruhi tingkat kesuburan. Kolesterol dapat mengacaukan sistem hormon dalam tubuh.
  • Faktor usia; usia di atas 35 tahun telah mengalami penurunan kualitas kesuburan bagi wanita sebab menjelang memasuki masa menopa
  • Kelainan rahim; masalah dalam rahim seperti kelengketan pada rahim, polip atau mioma, radang endometrium dan kontraksi pada rahim merupakan permasalahan yang biasa ditemui pada masalah kelainan rahim.
BACA JUGA  8 Tempat Wisata Alam di Jogja Ini Jadi Setting Film Romantis, Lho!

4. Mengetahui Masa Subur

Lakukan pencatatan haid secara rutin terutama jika haid tidak teratur. Masa subur terjadi sekitar 7 – 10 hari setelah selesai haid. Pastikan kamu dan pasangan memanfaatkan masa subur ini dengan maksimal.

5. Mengetahui Tingkat Kesuburan

Untuk mengetahui tingkat kesuburan sebagai tips hamil berikutnya adalah dengan cara mengukur suhu tubuh kamu dan pasangan saat hendak berhubungan seks. Suhu tubuh normal pada seseorang bisa berbeda, namun secara umum suhu tubuh normal seseorang yang diukur menggunakan thermometer sekitar 35,5-37 derajat. Suhu tubuh normal merupakan salah satu indikasi bahwa kamu dan pasangan sedang pada masa subur. Jika suhu tubuhmu lebih dari 37 derajat, maka tingkat kesuburan pun menurun.

6. Gunakan Alat Tes Kesuburan

Cara mengetahui kesuburan dalam tips hamil berikutnya adalah dengan menggunakan alat pengetes kesuburan. Seperti halnya alat tes kehamilan, di beberapa apotek juga tersedia alat untuk mengetahui hormon kamu sehingga dapat mendeteksi tingkat kesuburanmu. Baca petunjuk penggunaan terlebih dahulu dengan jelas sebelum melakukan tes urinenya. Waktu yang disarankan untuk melakukan tes urine kesuburan adalah sekitar pukul 11.00 – 15.00 atau pukul 17.00 – 22.00. Jika hasilnya subur, sebaiknya lewati malam dengan melakukan hubungan bersama pasanganmu.

7. Tingkatkan Kualitas Berhubungan

Kualitas Hubungan Seks Ditingkatkan Agar Hamil

Tingkatkan Kualitas Berhubungan (badcredit.org)

Ciptakan suasana yang rileks dan menyenangkan atau romantis saat hendak berhubungan. Komunikasikan hal-hal yang sekiranya dapat meningkatkan kepuasan pasangan. Tanyakan bagian mana saja yang membuat pasanganmu merasa nikmat. Serta pastikan keduanya mencapai kenikmatan serta kepuasan dalam berhubungan.

BACA JUGA  Terapkan 8 Cara Berpakaian Ini Agar Kamu Tidak Tampak Kurus

Selain itu, tips hamil dalam kaitannya dengan hibungan seksual adalah mengatur frekuensi berhubungan. Sering tidaknya berhubungan dapat mempengaruhi kualitas sperma, jadi aturlah frekuensinya. Kuncinya adalah kualitas berhubungan bukan kuantitas.

8. Mengetahui Posisi Berhubungan yang Tepat

Posisi konvensional saat berhubungan seks untuk mendapatkan momongan merupakan posisi yang tepat. Istri berada di bawah sedangkan suami berada di atas akan memudahkan sperma yang masuk tepat sasaran menuju ovum.

9. Mengetahui Posisi Setelah Berhubungan

Setelah selesai berhubungan dengan posisi istri berada di bawah, pastikan istri untuk berbaring beberapa saat sebelum beranjak, hal ini dapat memberi kesempatan sperma untuk melakukan perjalanan mencapai sel telur dengan mudah.

10. Hindari Menggunakan Pelicin

Lubricant atau pelicin sebaiknya dihindarkan karena dapat mempengaruhi kualitas sperma. Lebih baik kamu dan pasangan melakukan foreplay sebelum berhubungan, agar pelicin alami keluar sehingga tidak mempengaruhi kualitas sperma.

11. Hindari Stres

Hindari Stres Agar Hamil

Jangan Stres (wattpad.com)

Kondisi psokologis dapat mempengaruhi kualitas kesuburan. Tekanan dalam pikiran dapat mempengaruhi fisik menjadi lelah sehingga kurang antusias saat berhubungan seks. Jika salah satu dari pasangan menjadi kurang semangat, bisa menimbulkan rasa sakit saat berhubungan. Rasa sakit ini jika tidak dikomunikasikan dengan pasangan dapat menimbulkan trauma dalam berhubungan intim.

Jika salah satu dari pasangan mengalami stres, carilah cara agar kondisi psikologisnya stabil. Bisa dengan berlibur atau melakukan hal-hal sederhana yang menyenangkan berdua.

12. Pola Hidup Sehat

Pastikan kamu dan pasangan memiliki pola hidup sehat dengan menghindari merokok dan minuman beralkohol. Terutama para pria, sebab merokok dapat menyebabkan saluran falopi tersumbat sehingga perjalanan sperma terhambat. Begitu pula dengan wanita perokok, lebih baik berhenti merokok terutama di saat berniat untuk hamil. Selain nikotin dalam rokok, alkohol pun dapat merugikan para peminumnya yang ingin punya anak. Sebaiknya segera berhenti meminum minuman beralkohol segera.

BACA JUGA  Seperti Apakah Kondisi Pertumbuhan Bayi Dalam Kandungan Setiap Minggunya?

Kafein dalam kopi pun dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Sebuah penelitian di Belanda terhadap 9000 wanita, 25% wanita yang memiliki kebiasaan minum kopi minimal 4 cangkir sehari memiliki kemungkinan kecil subur, sebab kafein yang terkandung di dalamnya dapat menghambat perjalanan sel telur dari ovum menuju rahim.

Di samping itu, pola hidup sehat termasuk mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi seimbang dan tentu saja berolah raga yang cukup.

13. Konsumsi Vitamin

Jika perlu, kamu bisa mengkonsumsi multivitamin agar kebutuhan vitamin dalam tubuh terpenuhi. Jika nutrisi termasuk vitamin terpenuhi serta kondisi tubuh secara menyeluruh sehat, maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap tingkat kesuburanmu.

14. Konsumsi Herbal Penambah Kesuburan

Selain pola hidup sehat dan vitamin, jika dirasa perlu, perbanyaklah mengkonsumsi bahan alami penyubur kandungan atau yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Bahan alami yang dikonsumsi dapat berupa bahan makanan seperti sayur mayur atau ramuan berbentuk jamu.

Untuk ramuan jamu sebaiknya dipilih jamu godok bukan jamu serbuk karena lebih aman bagi ginjal terlebih jika diminum secara rutin. Untuk bahan makanan sendiri, yang dapat dikonsumsi dan berkhasiat bagi kesuburan di antaranya: pegagan atau antanan, daun kemangi, tauge atau kecambah, kacang-kacangan, alpukat  dan sayuran hijau.

15. Konsultasi ke Dokter Spesialis

Konsultasi Agar Hamil

Konsultasi ke Spesialis (tabi-labo.com)

Bagaimanapun, kamu dan pasangan membutuhkan seorang ahli, dalam hal ini dokter kandungan untuk mengetahui kondisi fisik serta besar kecilnya kemungkinan untuk hamil secara lebih akurat. Terutama jika ditemukan terdapat masalah kesuburan baik dari rahim atau dari sperma yang dibutuhkan penanganan khusus, maka dokter spesialis kandungan dapat membantu memberi solusi dan treatment yang tepat.

Itulah 15 tips agar hamil yang dapat kamu dan pasanganmu lakukan. Untuk bisa memiliki anak selain doa, perlu komunikasi serta kerjasama dalam menjalani treatment meningkatkan kesuburan. Kesabaran dan harapan haruslah terus ada pada diri, sebab tidak ada hal yang tidak mungkin bagi Allah Penguasa Manusia. Jika perlu, berbagilah bersama orang-orang yang memiliki pengalaman serupa agar mendapatkan motivasi dari perjalanan mereka hingga memiliki bayi yang diidamkan.

Jangan lupa juga akan sejarah tentang seorang nabi bernama Ibrahim yang memiliki putra di saat istrinya telah berusia lanjut. Nothing is impossible.

Komen di sini ya...