Tips Perawatan Bayi Usia 0 Sampai 6 Bulan

Kehadiran buah hati adalah anugerah luar biasa yang dinanti setiap pasangan. Namun tidak jarang kurangnya pengetahuan mengenai tata cara perawatan bayi mengakibatkan para orang tua merasa tidak percaya diri dalam merawat anaknya. Bahkan sebagian pasangan muda mengaku mengalami stress di awal masa kehadiran bayi.

Bagi newly mom and dad, jangan khawatir. Simak beberapa tips perawatan bayi berikut ini. mulai dari cara memandikan bayi sampai perawatan lainnya yang sangat dibutuhkan untuk dilakukan secara rutin kepada buah hati Bunda.

Cara Memandikan Bayi

cara memandikan bayi

Memandikan Bayi dengan Benar (moirebenok.ua)

Bayi usia 0 bulan atau yang baru lahir membutuhkan perawatan yang diberikan dengan ekstra hati-hati. Namun jangan sampai Bunda takut memandikannya sehingga si kecil tidak dibersihkan tubuhnya ya. Yang perlu Bunda perhatikan adalah beberapa langkah berikut ini.

  1. Berikan bedak pada tubuhnya. Secukupnya saja Bunda, yang paling baik untuk menggunakan tangan dan tidak pupuran bedak sebagaimana yang dijual di pasaran.
  2. Seusai mandi pastikan Bunda mengeringkan seluruh tubuhnya dengan baik. Cek setiap lipatan tubuh secara perlahan-lahan. Pastikan handuk yang digunakan sangat mudah menyerap air.
  3. Saat memandikan bayi, jangan menyelupkan seluruh tubuhnya ke dalam bak mandi. Basahi bagian per bagian tubuhnya. Jangan ragu menggunakan waslap khusus bayi yang lembut untuk membersihkan bagian tertentu. Pilihan lain adalah menggunakan kapas yang telah dibasahi, khususnya saat membersihkan area genitalnya. Arah membersihkan kemaluan adalah dengan diusap dari depan ke belakang secara perlahan. Jika Bunda menggunakan kapas, pastikan tidak ada serabut kapas yang tertinggal pada bagian tubuh si kecil.
  4. Hindarkan meninggalkan bayi dalam kondisi basah setelah dimandikan, meskipun ada perlengkapan mandi yang tertinggal.
  5. Sebelum memandikan bayi, Bunda harus menyiapkan berbagai perlengkapan mandi yang dibutuhkan seperti handuk, sabun mandi, bak mandi, pakaian bersih, waslap, bedak bayi, dan baby oil atau minyak telon (jika dibutuhkan).
  6. Pastikan suhu air tidak terlalu hangat dan juga tidak terlalu dingin. Sehingga bayi akan merasa nyaman saat dimandikan.
  7. Si kecil harus selalu dalam pengawasan Bunda. Terkecuali memang Bunda mendapatkan bantuan dari keluarga atau asisten rumah tangga saat merawat bayi.Perhatikan juga lokasi memandikan bayi. Jangan memandikan bayi pada lokasi yang dingin atau berangin. Bayi bisa beresiko masuk angin.
  8. Untuk bayi berusia 1 bulan keatas, baiknya siapkan juga mainan sehingga acara mandi jadi semakin menyenangkan baginya.
  9. Setelah tubuh bayi kering, usapkan baby oil dengan perlahan. Usapkan dengan pola memijat ke area perut, punggung dan tangan serta kakinya. Baby oil dapat Bunda gantikan dengan minyak telon. Namun pastikan minyak telon yang akan Bunda gunakan tidak terlampau panas. Atau pastikan si kecil tidak memiliki kulit yang sensitif, karena pemakaian minyak telon justru akan membuat kulitnya iritasi.
  10. Tahap terakhir pakaikan pakaian bayi yang telah Bunda siapkan.  
Cara Memijat Bayi

Ulaskan Baby Oil dengan Memijat (vemale.com)

Cara Merawat Kebersihan Tubuh Bayi

Tidak hanya harus dimandikan secara rutin, bayi juga membutuhkan perawatan kebersihan pada bagian-bagian tertentu tubuhnya. Yang tentu harus Bunda lakukan secara rutin.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil?

1. Merawat tali pusar

Khusus bagi bayi yang berusia dibawah 5-8 hari, umumnya tali pusar masih belum terlepas dari tubuhnya. Untuk itu Bunda perlu memberikan perawatan kebersihan sehingga tidak menimbulkan jamur atau infeksi lainnya.

Pasang Kasa Setelah Membersihkan Pusar

Memasang Kasa Pada Pusar Bayi (xoomclips.com)

Caranya sederhana, yakni dengan membersihkan sekitar bagian tali pusar dengan menggunakan kapas atau cotton bud yang telah dicelupkan ke dalam alkohol 70%. Seusainya tutup kembali bagian tali pusar tersebut dengan menggunakan kasa steril.

2. Membersihkan telinga

Gunakan cotton bud yang telah diberikan baby oil untuk membersihkan telinga si kecil. Ingat, Bunda hanya perlu membersihkan bagian luar telinga saja, karena kotoran telinga secara alami akan keluar dari bagian dalam telinga si kecil.

3. Membersihkan mata

Bagian mata bayi dapat dibersihkan dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air hangat. Usapkan kapas basah dari ujung ke ujung mata sehingga kotoran mata dapat terangkat dengan baik.

4. Membersihkan hidung

Cara membersihkannya hamper sama dengan membersihan telinga. Yakni menggunakan cotton bud yang telah diberikan baby oil. Ingat untuk hanya membersihkan bagian luar saja. Jangan mendorong cotton bud terlalu masuk ke dalam hidung si kecil.

Cara Membersihkan Hidung Bayi

Bersihkan dengan Cotton Bud (mybaby.co.id)

5. Membersihkan rongga mulut

Untuk kebersihan rongga mulut Bunda harus secara rutin membersihkan bagian gusi menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke air hangat, meskipun si kecil belum tumbuh gigi. Apalagi jika si kecil mengkonsumsi susu formula. Maka sisa-sisa gula yang terkandung dalam susu formula dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur dalam mulut bayi Bunda. Sehingga membutuhkan perawatan yang lebih sering.

BACA JUGA  Cuma Buat yang Bernyali! Simak 8 Tempat Wisata Alam Antimainstream Ini

Komen di sini ya...