Panduan Lengkap Wisata ke Bali yang Harus Kamu Ketahui

Siapa yang tidak kenal dengan Bali? Bali adalah tempat wisata yang terkenal. Bukan hanya orang Indonesia, namun banyak sekali turis mancanegara mengunjungi Bali untuk berlibur. Ada banyak tempat wisata Bali yang eksotis. Mulai dari pantai-pantai yang indah, ragam lokasi bersejarah, hingga restoran-restoran yang menawarkan makanan khas bali dengan dekorasi romantis dan keanekaragaman budaya Bali.

Bali adalah bintang pariwisata Indonesia. Pusat wisata Bali adalah di bagian Bali Selatan. Lokasi wisata yang utama adalah Kuta, Seminyak dan Legian, daerah timur seperti Sanur, pusat kota Ubud, dan di daerah selatan seperti Jimbaran, Pecatu dan Nusa Dua.

Saat merencanakan liburan ke pulau Bali, pasti kamu akan mencari aktivitas liburan menarik dan tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi. Lalu apa saja tempat wisata di Bali yang menarik dikunjungi?

Lalu, tempat wisata apa yang wajib kamu kunjungi selama berlibur di pulau Bali? Semua tergantung dari selera kamu dan tujuan liburanmu. Apakah untuk bulan madu, liburan bersama teman atau liburan keluarga.

pura tirta bali

Wisata Bali (mataram.info)

Jika kamu memutuskan untuk berkunjung ke Bali, ada banyak sekali pilihan aktivitas yang dapat kamu lakukan. Aktifitas-aktifitas tersebut dapat disesuaikan dengan hobi dan minat kamu. saat liburan di pulau Bali,setiap orang memiliki kesukaan dan tujuan objek wisata yang yang berbeda-beda. Jadi setiap wisatawan memiliki kriteria dan tujuan yang berbeda-beda dan harus disesuaikan sendiri menurut kesukaan masing-masing. Berikut beberapa pilihannya:

Pantai

Inilah pilihan lokasi wisata yang paling populer di Bali. Bukan hanya terkenal di nusantara, tapi juga sampai ke seantero dunia. Pulau Bali memiliki banyak sekali tempat wisata pantai, baik pantai pasir putih atau pasir hitam. Sepanjang tahun, pantai-pantai di Bali selalu ramai, apalagi menjelang matahari tenggelam. Pantai-pantai di Bali sangat terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya. Pantai di Bali pun dapat dibedakan sesuai dengan kegiatan yang hendak kamu lakukan.

Pantai Umum

Seperti pantai Kuta, Legian, Tanah Lot yang sangat terkenal di Bali. Pantai-pantai umum ini biasanya ramai oleh penduduk lokal ataupun turis mancanegara. Pantai umum tidak membutuhkan biaya untuk masuk dan lebih ramai.

Pantai Pribadi

Hampir semua hotel berbintang di Bali memiliki pantai pribadi. Jika di pantai umum kamu akan menjumpai banyak pedagang atau penjaja layanan pijat, lain halnya di pantai pribadi. Bebas dari gangguan.

Pantai pribadi memiliki pasir putih dan laut biru, dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap membuat para turis betah berlama-lama. Pantai-pantai pribadi ini biasanya lebih sepi dibandingkan dengan pantai umum, lebih bersih dan juga memiliki restoran dimana kamu dapat memesan makanan dan minuman. Namun, biasanya pantai pribadi ini hanya terbatas untuk penghuni hotel atau memerlukan biaya masuk yang cukup tinggi.

Pantai untuk Aktifitas Air

Jika kamu ingin bermain jetski, banana boat, parasailing dan banyak watersport lain, kamu dapat menikmatinya di beberapa pantai Bali. Yang paling terkenal adalah Tanjung Benoa. Disini disediakan permainan-permainan air yang pastinya akan kamu nikmati.

banana boat di tanjung benoa bali

Serunya Bermain Banana Boat (seevoucher.com)

Pantai untuk Berselancar

Banyak turis asing yang datang ke Bali untuk berselancar. Tentunya berselancar harus dilakukan di tempat dengan ombak yang besar tidak dapat dilakukan di tempat dimana pantainya ramai pengunjung. Bali memiliki banyak sekali pantai pantai yang terkenal sebagai titik berselancar terbaik dunia seperti, Nusa Lembongan, Pantai Serangan, Pantai Medewi dan masih banyak lagi.

Pantai dengan Keindahan Alam Lautnya

Bali memiliki keindahan kehidupan laut dan terumbu karangnya. Beberapa tempat di Bali memiliki laut dengan perkampungan bawah air yang masih indah. Untuk kamu yang dapat snorkeling atau memiliki kualifikasi untuk menyelam, maka kamu akan sangat kagum terhadap perkampungan bawah air dari pantai pantai seperti Nusa Penda, Padang Bai, Manta Point, Crystal Bay. Masih banyak lagi tempat menyelam yang dapat kamu kunjungi.

Berlayar Bersama Lumba-Lumba

Pantai Lovina, terkenal dengan banyaknya lumba-lumba yang dapat kamu lihat. Kamu dapat menyewa kapal dan berlayar ke tengah kawanan lumba-lumba. Jika kamu beruntung, kamu dapat melihat banyak sekali lumba-lumba yang akan melompat dan berenang disamping kapal. Pastikan dengan orang-orang disana apakah sedang waktu yang baik untuk melihat lumba-lumba agar kamu tidak kecewa.

lokasi wisata terkenal di bali

Tanjung Benoa, Bali (terraceatkuta.com)

Jadi antara kamu datang sendiri, bersama keluarga ataupun bersama teman teman dan ingin menikmati keindahan pantai Bali, kamu dapat memilih pantai mana yang paling cocok untuk menghabiskan liburan kamu.

BACA JUGA  Ini Dia 12 Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Jadi Trend di Instagram

Wisata Kuliner

Bali memiliki pilihan yang sangat beragam dalam hal makanan. Entah kamu menginginkan makanan mewah di restoran cantik, menghabiskan siang di kafe yang sedang trend, makan pinggir jalan murah, ataupun mencari pencuci mulut, semuanya tersedia di Bali. Mahal ataupun murah, makanan di Bali dijamin kelezatannya.

Makanan Murah

Makanan dengan harga yang dapat dibilang cukup terjangkau biasanya adalah makanan khas Bali. Banyak sekali makanan khas bali seperti ayam betutu, makanan laut, babi guling, nasi ayam, bebek bengil dan ayam goreng kuning. Pilihan restoran untuk tiap makanan pun banyak sehingga para turis tidak akan kehabisan tempat untuk dicoba.

Makanan Mahal

Banyak restoran di Bali yang menjual keindahan desain dari restoran tersebut. Banyak restoran dengan desain unik, banyak pula yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Biasanya makanan yang dijual disini adalah makanan fine dining dan kebanyakan adalah makanan western.

Makanan Pencuci Mulut

Yang sedang semarak di Bali adalah gelato. Es krim dari buah dengan rasa yang segar sangat cocok dinikmati ditengah teriknya matahari.

Kafe Populer

Kafe-kafe mulai tersebar di Bali. Kafe-kafe Bali sangat cocok untuk anak muda yang hobi fotografi karena makanan yang disajikan biasanya menarik dan dekorasi kafe dibuat sangat cantik. Banyak sekali kafe dengan desain yang unik.

Mengenal Kebudayaan Tradisional Bali

Bali memiliki banyak kebudayaan yang menarik, sayang sekali untuk dilewatkan.

tarian bali

Ragam Tarian Menjadi Daya Tarik Wisata Bali (baliinstitute.org)

Tarian

Tarian yang paling terkenal adalah kecak, namun selain itu masih banyak tarian tradisional Bali yang tidak kalah menarik untuk disaksikan seperti tari Barong, tari Legong dan tari Pendet. Semua tarian ini ditarikan oleh penari yang mengenakan pakaian tradisional Bali dan juga diiringi oleh musik tradisional Bali.

Belanja

Bali sangat terkenal akan kerajinan tangannya. Kerajinan Bali bervariasi dari Kain Bali dengan motif yang khas atau diwarnai dengan teknik mencelup, lukisan oleh pelukis Bali, kerajinan kayu dan tembikar dan masih sangat banyak. Jika kamu ingin mendapatkan barang-barang unik ini, banyak sekali pasar tradisional Bali yang dapat kamu kunjungi. Selain harganya tidak terlalu mahal, kamu juga dapat mengenal budaya Bali lebih dalam.

Nikmati Alam Bali

Beberapa daerah Bali menawarkan tampilan alam yang indah. Beberapa lokasi yang bisa kamu nikmati:

Ubud

Kamu dapat menikmati hamparan luas pegunungan dengan sawah-sawah yang indah. Sulit untuk mendeskripsikan keindahannya. Perkampungan Ubud yang asri dapat memberikan kamu ketenangan yang tidak kamu dapatkan di kota besar. Di Ubud banyak sekali penginapan yang menawarkan pemandangan yang indah ini. Daerah Ubud juga lebih sepi dibandingkan dengan kota. Namun biasanya harga penginapan atau vila disini lebih mahal.

lokasi wisata bali di sangeh ubud

Hutan Monyet, Ubud (static.asiawebdirect.com)

Gunung Batur Kintamani

Kamu dapat mendaki setinggi 1700 meter di gunung berapi yang masih aktif ini. Biasanya pendakian dimulai jam 4 subuh sehingga dapat mencapai puncak jam 6 pagi dan melihat pemandangan matahari terbit.

Perkebunan

Jika kamu penikmat teh, kopi ataupun strawberry, di Bali terdapat kebun dimana kamu dapat mempelajari sejarah dan teknik berkebun. Selain itu, biasanya perkebunan ini menyediakan acara mencicipi hasil produknya. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang berkunjung ke Bali bersama keluarga.

Kehidupan Malam di Bali

Mungkin di Indonesia kehidupan malam dianggap tidak baik, tetapi justru sebaliknya di Bali. Hal ini dikarenakan mayoritas pengunjung Bali adalah turis mancanegara yang terbiasa menyukai kehidupan malam.

Biasanya klub malam dan kehidupan malam Bali berpusat di tempat padat turis seperti Kuta dan Seminyak. Selain klub malam, banyak juga bar untuk minum minum bersama teman. Suasana malam di Bali sangat meriah dan selalu ramai. Namun, ingatlah untuk selalu berhati-hati.

BACA JUGA  Cuma Buat yang Bernyali! Simak 8 Tempat Wisata Alam Antimainstream Ini

Setelah membaca tentang apa saja yang bisa kamu lakukan di Bali, pastinya kamu tertarik untuk mengunjunginya. Namun, bagaimana jika kamu memiliki dana terbatas?

menikmati tari kecak di bali

Tari Kecak Bali (bestasiatours.com)

Jangan khawatir, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran sewaktu mengunjungi Bali. Tenang saja, menghemat bukan berarti kamu tidak bisa menikmati Bali sepenuhnya.

Tips Wisata Hemat di Bali

1. Susunlah Jadwal dan Tentukan Tempat Tujuan

Alangkah baiknya jika kamu sudah memiliki jadwal dan tahu tempat apa saja yang ingin kamu kunjungi. Jika sudah tahu mau kemana, kamu bisa melakukan riset. Hal ini dilakukan agar kamu dapat memprediksi berapa pengeluaran kamu dan menyediakan dana yang cukup. Selain itu dapat menghindari kamu pergi ke tempat-tempat yang tidak sesuai dengan budget kamu.

2. Jangan Bepergian di Musim Liburan atau Akhir Pekan

Saat akhir pekan atau liburan, biasanya harga tiket pesawat lebih mahal. Bahkan pada golden week, harga penginapan atau hotel meningkat drastis. Usahakan pergi pada hari kerja dan carilah tiket pesawat dengan jadwal malam hari yang biasanya lebih murah. Atau jika tidak, bisa mencari tiket promosi yang sedang turun harga atau menggunakan alternatif transportasi lain. Jika bepergian dengan rombongan besar, mungkin dapat mencoba menyewa bus untuk menghemat biaya perjalanan.

3. Cari Penginapan dengan Harga Murah

Di kawasan ramai seperti Kuta, Seminyak, ataupun tempat-tempat ramai pengunjung, hotel dan penginapan memiliki standar harga tinggi.

Beberapa kawasan di Bali seperti Poppy Lane dan Legian terkenal dengan kumpulan penginapan yang menawarkan harga murah dan bisa lebih murah jika menyewanya 3 hari berturut-turut. Tenang saja, fasilitas yang disediakan cukup untuk tidur dengan nyaman.

Terkadang, situs-situs pemesanan hotel juga sering memberikan promosi potongan harga untuk beberapa hotel tertentu. Ada pula promosi menggunakan kartu kredit tertentu. Sebelum bepergian, sering-sering mengecek situs-situs ini. Siapa tahu harga yang ditawarkan bisa lebih murah.

hotel nyaman saat wisata ke bali

Kamar Hotel yang Nyaman (www.febrishotelspabali.com)

4. Sewa Sepeda Motor

Jangan menggunakan taksi, karena pastinya lebih mahal, terlebih lagi jika kamu terjebak macet. Menyewa mobil juga tidak hemat karena bensin mahal. Solusinya adalah menyewa sepeda motor.

Selain dapat melewati kemacetan, harga sewa motor murah. Jangan lupa untuk menawar agar mendapatkan harga yang paling murah.

5. Makan di Restoran Khusus Backpacker

Karena di Bali banyak sekali turis asing, kebanyakan restoran menjual makanannya dengan harga stkamur turis asing. Berhati-hatilah memilih restoran.

Pilihlah restoran yang biasanya memang menjadi tempat makan para backpacker. Warung-warung atau kedai di Bali makanannya juga sangat enak. Kamu dapat merasakkan nikmatnya makanan tradisional Bali.

6. Bepergian Bersama Teman

Untuk kamu yang tidak mengunjungi Bali bersama keluarga dapat mengajak teman untuk pergi bersama. Dibandingkan dengan pergi sendiri, bersama teman akan jauh lebih hemat karena pengeluaran untuk penginapan dan transportasi umum bisa dihemat.

7. Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi dengan gratis. Jika ingin ke pantai, bisa ke pantai umum. Jika ingin melihat kebudayaan bali, dapat berkunjung ke pasar tradisional Bali. Manfaatkan tempat hiburan yang dapat dikunjungi dengan gratis untuk mengurangi pengeluaran.

Bali terkenal dengan banyak sekali pantainya, juga terkenal dengan banyak sekali turis dari manca negara. Bali memang sangat cocok untuk turis asing.

Karena banyaknya turis asing pun, kebudayaan Bali pun sudah terbiasa dengan kebudayaan asing. Misalnya dalam hal berpakaian. Banyak sekali turis asing yang menggunakan pakaian yang minim seperti baju renang untuk di pantai dan dengan santainya berjemur.

Hal seperti ini tidak bisa ditemukan di bagian Indonesia yang lainnya namun sudah menjadi hal yang sangat umum di Bali. Selain itu, mungkin kebanyakan makanan Bali mengandung babi.

Lokasi wisata bali di seminyak

Seminyak, Bali (media-cdn.tripadvisor.com)

Masyarakat Bali mayoritas beragama Hindu sehingga mereka mengonsumsi Babi dan seringnya babi malah menjadi menu yang terkenal di banyak rumah makan Bali. Contohnya seperti iga babi dan nasi Bali.

BACA JUGA  5 Daftar Hotel Romantis di Bali yang Cocok Untuk Berbulan Madu

Bagi kamu yang muslim dan ingin mengunjungi Bali, mungkin hal ini dapat membuat kamu merasa tidak nyaman. Namun jangan berkecil hati untuk ke Bali karena masalah ini. Ada banyak hal yang bisa dan cocok untuk kamu lakukan di Bali.

Tips untuk Berwisata ke Bali Bagi Muslim

1. Bepergian dengan Sesama Muslim

Lebih baik bepergian ke Bali dengan kawan yang juga muslim. Hal ini akan memudahkan menentukan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan selama kamu di Bali. Selain itu, kamu dapat bersama sama melakukan ibadah. Bayangkan jika kamu bepergian dengan teman dengan agama berbeda. Kamu akan repot jika ternyata teman kamu ingin makan babi. Atau teman kamu harus menunggu kamu untuk beribadah.

2. Mengunjungi Pantai Privat

Di pantai umum, kamu akan menemukan banyak sekali turis asing dengan pakaian yang minim. Jika hal ini mengganggu kamu namun kamu masih ingin menikmati pantai dan laut, kamu dapat mengunjungi pantai privat. Di pantai privat ini, biasanya pengunjungnya lebih sepi. Namun biasanya untuk memasuki pantai-pantai ini, membutuhkan biaya.

Jika tidak, kamu dapat memesan dan menginap di hotel yang memiliki fasilitas pantai privat. Namun tentunya, biasanya hotel yang memiliki fasilitas ini memiliki tarif yang lebih mahal dibandingkan dengan hotel biasa.

pantai tertutup bali

Pantai Privat di Bali (financiallyfab.files.wordpress.com)

3. Kunjungi Tempat Wisata Muslim

Meskipun mayoritas orang bali beragama Hindu dan turis asing beragama Kristen atau Katolik, tetap saja ada beberapa tempat yang cocok untuk dikunjungi orang muslim.

Masjid dengan arsitektur ala Bali yang indah dapat dikunjungi di Denpasar. Nama masjid ini adalah masjid Al-Qomar. Masjid ini melambangkan keharmonisan antar umat. Selain masjid ini, masih banyak juga masjid lain yang dapat dikunjungi untuk ibadah.

Selain beribadah di masjid, masih banyak juga tempat wisata islami. Kamu dapat mengunjungi Desa Candi Kuning Bedugul. Desa yang menawarkan panorama cantik dengan gunung, danau, air terjun hingga kebun raya. Suasana yang asri dan ramah membuat kamu betah berlama-lama disini. Kamu bisa berbincang dan melihat keseharian Komunitas Muslim Kuno di Desa Candi Kuning ini.

4. Menginap di Hotel Syariah

Untuk kamu yang lebih suka menginap di hotel syariah, untuk daerah Bali, kamu bisa mencoba Hotel Bayt Kaboki. Buat yang belum tahu, hotel syariah biasanya butuh buku nikah waktu check-in kalau kamu berlibur dengan lawan jenis, non-alkohol dan bebas rokok.

5. Ikuti Aktifitas Muslim

Banyak aktifitas dan tradisi menarik umat muslim di Desa Pengayaman, Sukasada, Buleleng. Komunitas tersebut dikenal dengan nama Nyama Selam, yang artinya orang-orang Islam yang menjalankan tradisi Bali. Selain berkeliling Desa, kamu juga bisa beribadat di Masjid Jami Safinatussalam, masjid tertua di desa ini, sekaligus bermain bersama anak-anak di Panti Asuhan sekitar desa. Berlibur sambil beramal seru juga kan?

wisata kuliner halal di bali

Banyak Kuliner Halal, Kok di Bali (solobigsale.com)

6. Memilih Menu Halal

Bali terkenal dengan beberapa menu kamulan seperti nasi bali dengan ayam dan bumbu khas, sate lilit, sayur urap, telur dan makin lengkap dengan sambal matah. Menu tadi dijamin halal dan kamu bisa menikmatinya di beberapa lokasi yang sudah terkenal: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (Ubud) dan Warung Nasi ayam Bu Oki (Uluwatu,Jimbaran). Atau kamu suka seafood? Cobain menu ikan di Warung Mak Beng (Sanur).

Orang-orang Bali sangat terbuka dengan berbagai budaya dan agama sehingga kamu tidak perlu merasa menjadi minoritas. Begitu pula dengan para turis, mereka akan sangat terbuka kepada kamu, tidak memedulikan asal dan agama kamu.

Bali sangat cocok untuk berlibur. Siapa saja dapat mengunjungi Bali karena Bali memiliki banyak tempat wisata dan kegiatan yang cocok untuk segala usia dan agama.

Apakah kamu makin tertarik untuk berlibur ke Bali? Tentunya iya. Bali adalah tempat pariwisata Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Turis asing saja berbondong-bondong berlibur ke Bali. Apalagi kita warga negara Indonesia. Semoga artikel mengenai wisata Bali ini bisa membantu kamu menentukan pilihan objek wisata di Bali yang ingin dikunjungi.

Komen di sini ya...